Haki dan buah iblis merupakan dua sumber kekuatan terbesar dalam dunia One Piece. Meski pun buah iblis mampu memberikan kemampuan yang sangat luar biasa dengan resiko bahwa mereka tidak akan bisa berenang di lautan, Haki membuat seseorang mampu mengakses tekad dalam diri mereka untuk kemudian digunakan sebagai sebuah kekuatan yang dahsyat.

Memiliki Haki atau memakan buah iblis dan mendapatkan kekuatan dahsyat mungkin adalah sesuatu yang ada di sebagian besar karakter yang muncul dalam ceritanya. Tetapi, sebagian lainnya tidak memiliki kemampuan Haki atau pun kemampan buah iblis. Mereka tidak memiliki dua sumber kekuatan tersebut, tetapi mereka dianggap sebagai karakter kunci atau penting. Siapa saja?

Kozuki Hiyori Penting Bagi Wano

Ketika sang adik, Kozuki Hiyori, tumbuh dengan normal sebagai seorang gadis cantik, lain halnya dengan Momonosuke. Momo harus pergi ke masa depan setelah sang ibu menggunakan kekuatannya untuk mengirimnya ke 20 tahun yang akan datang. Tujuannya tidak lain adalah untuk menemui sosok yang dijanjikan atau diramalkan oleh Oden dalam suratnya atau pun dalam buku catatannya.

Selama 20 tahun itu pula, Hiyori menjaga Wano dari balik bayang-bayang sosok lainnya yaitu Komurasaki. Hiyori menyamar menjadi sosok Oiran atau wanita penghibur bernama Komurasaki, di mana dia banyak mendekati Orochi untuk menggali banyak informasi. Selain Hiyori, Denjiro pun ikut menyamar sebagai salah satu anak buah Orochi, Koushiro, untuk sekaligus menjaga Hiyori.

Nefertari Vivi Penting Bagi Alabasta

Nefertari Vivi sebenarnya adalah anggota “tidak resmi” dari Topi Jerami, karena di arc Alabasta Luffy sudah mengajak Vivi untuk bergabung. Namun, untuk sementara Vivi memilih untuk tinggal di kerajaannya dan mengurus semuanya sampai waktunya tepat untuk bisa bergabung. Vivi menyadari bahwa dia harus ikut serta dalam mengurusi kerajaan Alabasta, karena suatu saat dia pasti akan menggantikan sang ayah.

One Piece: 10 Things About Nefertari Vivi That Make No SenseSampai sejauh ini, Vivi berhasil membuktikan hal tersebut. Alabasta yang dahulu menjadi sebuah kerajaan yang hampir runtuh akibat ulah Crocodile, perlahan mulai bangkit menjadi sebuah wilayah yang stabil. Namun, momen mengerikan terjadi saat Reverie kemarin seperti yang diungkapkan oleh Garp. Dan masih belum diketahui apa yang terjadi dan bagaimana nasib dari Vivi.

Portgas D. Rogue Mampu melahirkan Ace

Seperti yang kita ketahui bahwa Portgas D. Ace sangat membenci ayahnya, yaitu Gol D. Roger. Dia justru lebih mencintai sang ibu, Portgas D. Rogue. Satu hal yang luar biasa dari Rogue adalah bagaimana dia hamil Ace. Rogue sengaja menahan kelahiran Ace sampai melebihi batas kewajaran. Jika biasanya wanita hamil selama 9 bulan, maka Rogue hamil selama lebih dari 12 bulan.

Hal itu dia lakukan agar pihak angkatan laut tidak curiga terhadap bayi Ace, karena setelah kematian Roger, angkatan laut getol mencari bayi yang baru lahir untuk mencari bayi dari Roger. Jika Rogue tidak melakukan hal itu, mungkin Ace sudah tewas dan tidak ada dalam cerita.

Mont Blanc Noland

Mont Blanc Noland memang bukanlah sosok bajak laut seperti karakter lain yang muncul dalam cerita One Piece. Tetapi, dia adalah seorang petualang yang juga sama-sama mengarungi lautan Grand Line. Berbeda dengan karakter lainnya, apa yang disebutkan oleh Noland semuanya ditulis dalam sebuah buku catatan dan kemudian menjadi legenda bagi orang-orang yang membaca atau mendengar ceritanya.

Namun, ada juga sebagian orang yang mendengar atau membaca ceritanya justru menganggap bahwa apa yang diungkapkan oleh Noland semuanya palsu. Meski pun begitu, Noland adalah sosok pahlawan dan sosok yang dihormati, setidaknya bagi mereka yang mengetahui tentang fakta yang sebenarnya dari apa yang pernah dia lakukan. Terdapat sebuah teori bahwa Roger sendiri sebenarnya terinspirasi menjadi bajak laut karena cerita dari Noland.

Franky Memiliki Koneksi Dengan Salah Satu Senjata Kuno

Franky merupakan salah satu kru Topi Jerami yang “berjasa”, karena sudah membangun sebuah kapal baru setelah kru Topi Jerami kehilangan Going Merry di arc Water Seven. Kapal baru tersebut kita kenal dengan nama Thousand Suny atau Suny Go. Kapalnya dibuat dari kayu mustika adam, yang merupakan material yang sama dengan kapal Oro Jackson milik Roger.

Franky memang tidak memiliki kemampuan buah iblis atau Haki, tetapi dia sangat cerdas dalam hal teknologi. Yang membuat Franky menjadi sosok penting adalah bagaimana dia memiliki koneksi dengan senjata kuno, dalam hal ini adalah Pluton. Franky merupakan sosok yang mengetahui banyak tentang Pluton sebelum kemudian cetak birunya dia bakar, dengan harapan tidak ada lagi orang yang memperebutkan hal tersebut.

Dr. Vegapunk

Dr. Vegapunk adalah sosok karakter paling cerdas di dunia One Piece. Sudah sangat sering Vegapunk disebut-sebut sebagai manusia paling pintar di seriesnya. Pemikiran Vegapunk sangatlah visioner, bahkan disebutkan jika kemampuan berpikir Vegapunk bisa menjangkau 500 tahun kedepan. Dia mampu mencari tahu bagaimana buah iblis tercipta, dia berhasil menciptakan Pacifista, menciptakan naga buatan, mengetahui penggunaan batu laut, dan sebagainya.

Sayangnya sosok Vegapunk masih misterius sampai saat ini. Sosok Vegapunk sangat penting terhadap berbagai hal yang ada di cerita One Piece. Masih belum diketahui apakah Vegapunk merupakan villain atau justru anti-hero atau bahkan protagonis dalam ceritanya. Akan sangat menarik jika kemudian Vegapunk bertemu dengan Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Nami Penting Bagi Seluruh Cerita One Piece

Nami memang merupakan salah satu dari tiga kru paling penakut di Bajak Laut Topi Jerami. Namun, bukan berarti dia bisa dipandang remeh ketika menghadapi musuh. Nami juga merupakan sosok penting dalam cerita One Piece, mengingat dia adalah salah satu kru awal yang bergabung dengan Luffy selain Sanji dan Zoro. Nami memang tidak terlalu handal bertarung, tetapi dialah penentu keberhasilan mimpi Luffy.

Seperti yang Geeks ketahui, Nami merupakan navigator dari kapal Thousand Sunny. Dialah yang menentukan ke mana arah kapalnya pergi, ke mana arah yang tepat, bagaimana mereka bisa selamat dari cuaca ekstrem di lautan, dan sebagainya. Nami memiliki kemampuan untuk membaca cuaca. Tanpa kehadiran Nami di kru Luffy, rasanya mustahil dia akan bisa mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.