Selain Kemampuan buah iblis Gomu Gomu yang ada pada dirinya, Luffy juga memiliki jurus atau form lain untuk melumpuhkan musuhnya dalam sebuah pertarungan. Salah satu diantaranya adalah Gear, yang merupakan “pengembangan” dari kekuatan buah iblis dalam dirinya dengan kekuatan Haki. Saat ini, Luffy memiliki 4 Gear yang digunakan untuk melumpuhkan musuhnya.

Gear 1 sudah jarang digunakan lagi oleh Luffy, karena musuh-musuh yang dihadapi pun semakin kuat. Gear 2 merupakan mode di mana Luffy mengalirkan darahnya dan memfokuskan kekuatannya ke tubuhnya, sehingga memberikan Luffy kemampuan untuk bergerak dengan cepat. Gear 3 memberikan Luffy kemampuan untuk meningkatkan massa salah satu anggota tubuhnya dan meningkatkan kekuatan yang dihasilkan.

Gear 4 merupakan Gear yang paling kuat saat ini yang dimiliki oleh Luffy. Ketika Luffy mengakses kekuatan ini, dia akan mengalami peningkatan dari segi kekuatan serangan, pertahanan, dan juga kecepatan Luffy dalam menyerang. Dengan Luffy yang saat ini sedang menghadapi makhluk paling kuat di dunia, dan babak ketiga dari arc Wano pun akan memiliki skala yang jauh lebih besar, banyak yang menduga jika Luffy akan mengakses Gear terbaru, yaitu Gear 5.

Lalu, bagaimana Gear 5 tersebut nantinya? Dalam teorinya disebutkan bahwa Gear 5 terinspirasi dari sosok Kaido dalam bentuk naga, di mana Luffy akan mampu membentuk kulitnya menjadi lebih kuat dan lebih padat. Kekuatan tersebut juga akan dipadukan dengan kemampuan Haki Penguasa tingkat lanjut, yang baru saja berhasil didapatkan oleh Luffy.

Ketika Luffy mengakses kekuatan ini, tidak ada satu pun senjata ataupun kekuatan lainnya yang bisa menembus atau membuat luka pada Luffy. Sebenarnya, teori mengenai Luffy akan memiliki Gear baru setelah arc Wano/saat pertarungan terakhir sudah sejak lama diprediksi oleh para fans. Apalagi, Luffy saat ini sudah mempelajari berbagai kekuatan baru.

Jadi, memang bukan tidak mungkin jika Eiichiro Oda memberikan sebuah form baru kepada Luffy setelah ini. Lagipula, sudah menjadi sebuah pola dari Eiichiro Oda untuk memberikan kekuatan baru ketika Luffy menghadapi musuh baru. Misalnya ketika menghadapi Katakuri, dimana Luffy mendapatkan peningkatan Observation Haki.

Kemudian dalam kolom SBS pun Oda Sensei memberikan sinyal positif bahwa kemungkinan besar Luffy akan mendapatkan Gear 5 pada masa yang akan datang. Jika memang Gear 5 akan diberikan kepada Luffy, tentu hal ini bisa menjadi salah satu kekuatan Luffy lainnya, sebagai bekal persiapan untuk menghadapi berbagai kejutan dan kekuatan yang jauh lebih kuat.

Seperti yang mungkin sudah dipahami oleh Geeks semua, kita tidak tahu apa yang akan dialami atau dihadapi oleh Luffy kedepannya. Yang pasti tantangan yang dihadapi tidak akan semakin lemah. Artinya Luffy perlu tambahan kekuatan lain, seperti Gear 5. Apakah Eiichiro Oda akan memberikan Gear 5 yang sangat dahsyat tersebut kepada Luffy? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.