Jika seseorang ingin bisa bertahan hidup atau selamat di Grand Line dalam dunia One Piece, maka mereka harus memiliki kemampuan bertarung dan juga berbagai keahlian. Kelompok bajak laut Topi Jerami berisikan banyak sekali orang-orang yang memiliki kemampuan dan keahlian, namun tentunya selain mereka memiliki kekuatan atau kelebihan mereka juga memiliki kekurangan.

Namun, yang menjadi pertanyaan kemudian siapa dari mereka yang mampu beradaptasi dengan situasi, tidak peduli apa pun situasinya? Dari 10 orang anggota kelompok Topi Jerami saat ini, Zoro dan Jinbe mungkin yang paling bisa diandalkan dan menjadi anggota Topi Jerami yang memiliki kemampuan bertarung paling hebat. Mengapa demikian?

Nami memiliki senjata utama yang biasa dia gunakan, Clima Tact. Dengan kemampuan manipulasi cuaca yang bisa dilakukan oleh Nami dengan menggunakan Clima Tact, sang navigator mampu menghadirkan angin, memanggil hujan badai, bahkan di dalam ruangan. Nami merupakan sosok yang cerdas, di mana dia memanfaatkan sekitarnya untuk melakukan pengalihan perhatian.

Ditambah lagi dengan Zeus yang sekarang ada di dalam Clima Tact, Nami mampu melakukan serangan dahsyat kepada musuh siapa pun. Untuk melakukan pengalihan atau menghadapi musuh dalam jumlah banyak, Nami mungkin bisa diandalkan. Tetapi, dalam pertarungan tunggal, Nami mungkin akan sangat kesulitan. Di sisi lain, Nico Robin adalah karakter yang bisa menjadi kandidat kuat.

Kemampuan Hana Hana no Mi miliknya merupakan buah iblis yang paling adaptif dalam situasi pertempuran. Hampir tidak ada yang bisa lolos dari serangan Robin, kecuali ketika Gecko Moria berhasil menukar dirinya dengan bayangannya. Luffy mungkin menjadi pilihan yang paling jelas, dan memang hal itu tidak bisa dihindari. Kemampuan buah iblis Gomu Gomu miliknya benar-benar dimanfaatkan dan mampu berkembang dengan baik.

Belum lagi kemampuan Haki Luffy tidak kalah dari Kaido saat ini. Bahkan, kemampuan Haki Penguasa miliknya mampu menandingi milik Kaido, yang menyebabkan langit terbelah. Tetapi, seperti para pengguna buah iblis lainnya, luffy memiliki kelemahan. Tidak peduli seberapa kuat Luffy dan sebarapa lama Luffy berlatih, tidak ada yang bisa dilakukan oleh Luffy ketika dia berada di bawah laut atau terkena efek dari batu laut (Kairoseki).

Meski pun beberapa karakter lainnya seperti Sanji dengan Raid Suit miliknya, Brook dengan kemampuan buah iblis dan berpedangnya, serta Franky dengan Battle Franky memang membuat mereka kuat, namun masing-masing memiliki efek negatif atau kelemahan dalam beberapa situasi.  Karena itulah, dari seluruh kru Topi Jerami, yang paling bisa diandalkan untuk urusan bertarung dalam berbagai situasi adalah Zoro dan Jinbe.

Kedua karakter itu sama-sama tidak memiliki kemampuan buah iblis, sehingga dia tidak memiliki kelemahan yang dimiliki Luffy. Keduanya juga memiliki kemampuan Armament Haki yang dahsyat. Jinbe mampu menahan Ace selama berhari-hari berkat Haki miliknya tersebut dan juga melapisi tubuhnya dengan Haki. Sedangkan Zoro, Armament Haki miliknya mampu membelah Pica, yang memiliki ukuran sebesar gunung.

Kemampuan fisik mereka juga dianggap sesuai dengan kehidupan di seri One Piece, yang memang sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Jinbei sendiri merupakan seorang manusia ikan, ahli dalam bela diri manusia ikan (Karate Gyojin). Hal ini membuat Jinbe mampu untuk menghadapi pengguna buah iblis apa pun. Dia bahkan mampu menghancurkan kapal perang dengan memanipulasi ombak lautan.

Vyan Yuda on Twitter: "There is nothing I cannot cut. Zoro slash to Pica at Dressrosa arc #OnePiece #Zoro #AQI @ONEPIECE_trecru @FUNimation https://t.co/lEbTPmZ6mr"

Zoro pun sudah melampaui apa yang sebelumnya tidak terpikiran olehnya. Hampir tidak ada yang tidak bisa Zoro belah dengan pedangnya. Bahkan, tidak peduli ukurannya, Zoro akan mampu menghancurkan atau membelahnya. Misalnya ketika dia menghancurkan sebuah kapal bajak laut atau menghancurkan tanduk tengkorak istana Kaido. Karena itulah Zoro menjadi salah satu kru yang bisa diandalkan.

Kesimpulannya, siapa kru Topi Jerami yang paling memiliki kemampuan bertarung hebat? Jawabannya adalah Roronoa Zoro dan Jinbei. Kemampuan mereka bisa dimanfaatkan hampir di semua situasi. Namun, diantara keduanya, mungkin Zoro sedikit lebih unggul karena kemampuan Jinbei akan berada di puncaknya ketika dia berada di bawah air. Meski pun begitu, bukan berarti Jinbe lemah selama berada di daratan. Pertarungan melawan Who’s Who menjadi bukti nyata bahwa Jinbei bisa menang di daratan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.