Setelah mendapatkan takhta King Atlantis karena berhasil mengalahkan Ocean Master, Aquaman akan melanjutkan kisahnya di Aquaman 2 sebagai Raja Atlantis yang baru. Film Aquaman 2 kembali disutradarai oleh James Wan, serta dibintangi oleh Jason Momoa sebagai Aquaman, Amber Heard sebagai Mera, Patrick Wilson sebagai Ocean Master, dan Yahya Abdul-Mateen II sebagai Black Manta. Kabar terbaru menyebutkan bahwa akan ada karakter baru yang diperankan oleh aktris Indya Moore, dia adalah supervillain Karshon. Untuk lebih mengenal supervillain ini, berikut uraian singkat “siluman hiu” Karshon!

Origins Karshon

Berbeda dengan Nanaue atau King Shark yang merupakan anak dari persilangan Dewa Hiu dan manusia, Karshon hanyalah seekor hiu macan biasa yang berubah menjadi “siluman hiu” setelah terkena radiasi nuklir. Setelah menjadi seperti manusia dan bisa berbicara, dia kemudian memakai nama manusia “T.S. Smith” sebagai singkatan dari Tiger Shark Smith. Karshon melakukan debutnya di komik Green Lantern Vol 2 #24 karya penulis John Broome dan ilustrator Gil Kane pada tahun 1963. Karshon adalah “siluman hiu” yang terkenal sebagai musuh Green Lantern.

Pertemuan pertamanya dengan Green Lantern terjadi saat Karshon yang kelaparan berniat untuk membuktikan bahwa dirinya lebih hebat dari manusia, oleh karena itu dia menargetkan Hal Jordan alias Green Lantern sebagai lawan seimbangnya. Awalnya Karshon sempat memojokan Green Lantern dengan mengurungnya di bianglala berwarna kuning, warna kelemahan Green Lantern, tetapi pada akhirnya Green Lantern tetap berhasil mengalahkannya dan membuatnya kembali menjadi hiu macan biasa. Namun, hal itu tidak menghentikannya, karena saat bisa kembali menjadi siluman hiu, dia kembali bertarung dengan Green Lantern pada beberapa kesempatan.

Kekuatan Karshon

Sebagai seorang hiu macan yang terkena radiasi, Karshon mempunyai kemampuan psikokinesis yang sangat kuat, kemampuan ini juga yang digunakannya untuk mengubah tubuhnya menjadi seperti manusia. Karshon sering menggunakan psikokinesis untuk membaca pikiran manusia dan menaruh rasa takut dipikiran manusia tersebut. Untuk beberapa kesempatan, Karshon bahkan bisa terbang menggunakan kekuatan psikokinesis, kemampuan terbang Karshon sama hebatnya dengan kemampuannya berenang di air. Selain itu, Karshon juga bisa memanipulasi energi dan menembakannya.

Selain kemampuan uniknya, kemampuan Karshon juga meliputi kekuatan fisik yang ditingkatkan, termasuk kekuatan super, kecepatan super, dan daya tahan super. Dengan semua kemampuannya tersebut, bisa dibilang Karshon adalah salah satu “siluman hiu” paling sakti di DC Universe. Belum diketahui apakah karakternya di Aquaman 2 akan mempunyai semua kekuatan aslinya atau tidak. Mengingat akan ada penjahat lain di film Aquaman 2, kemungkinan kekuatan Karshon akan sedikit disesuaikan di filmnya nanti. Untuk itu, kita nantikan saja debutnya di DC Extended Universe ya, Geeks.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.