Setelah lama dinantikan akhirnya film Shang-Chi & The Legend of the Ten Rings resmi dirilis di bioskop-bioskop. Filmnya sendiri mengisahkan tentang sosok Xu Shang-Chi yang merupakan keturunan dari sosok luar biasa Wenwu. Dia diberkahi oleh kekuatan luar biasa, namun yang paling menonjol adalah kemampuan bela diri yang membuatnya kini menjadi salah satu Avengers baru di MCU.

Sesuai namanya, kita juga diperkenalkan dengan sepuluh cincin / Ten Rings berbentuk gelang yang dipakai oleh Wenwu. Benda yang memiliki kekuatan magis tersebut sudah berada di tangan Wenwu sejak ribuan tahun lalu. Berkat benda itu pula, Wenwu kemudian berhasil menghancurkan berbagai kerajaan dan menaklukan berbagai wilayah serta mendirikan organisasi yang dikenal sebagai Ten Rings. Namun, benda apa sebenarnya yang digunakan Wenwu? Dari mana asalnya?

Ten Rings Versi Komik

Dalam cerita Marvel Comics, dijelaskan bahwa benda ajaib tersebut sebenarnya bukanlah cincin melainkan salah satu teknologi yang diciptakan oleh ras alien berbentuk naga bernama Makluan. Masing-masing silinder tersebut menyimpan jiwa-jiwa dari para pejuang kosmik yang sudah lama tewas. Benda kosmik tersebut kemudian sampai di bumi ketika seorang penjelajar Makluan, Axonn-Karr, membawanya di kapal luar angkasa miliknya.

Axonn-Karr kemudian harus kabur ke sebuah gua di lembah arwah (Valley of Spirits) yang ada di Tiongkok setelah dia diserang sebelumnya oleh para penduduk lokal yang takut akan kedatangannya. The Mandarin sendiri kemudian menemukan kapal Axonn-Karr yang hancur dan dia pun mengambil benda berbentuk silinder tersebut. The Mandarin mengabaikan peringatan dari Axonn-Karr yang memintanya untuk tidak menyentuhnya dan membawanya.

Karena bentuknya seperti cincin, pada akhirnya The Mandarin pun menggunakannya seperti halnya cincin. Dia memasangkan di 10 jari tangannya. Setelah menggunakan benda tersebut, The Mandarin mendapatkan kekuatan yang dahsyat. Namun, di sisi lain, pikirannya sendiri kemudian dikendalikan oleh jiwa-jiwa yang terjebak di dalam cincin tersebut. Masing-masing cincin memiliki nama: Remaker, Influence, Spin, Spectral, Nightbringer, Daimonic, Incandescence, Lightning, Zero, dan The Liar.

Masing-masing cincin tersebut pun memiliki kemampuan yang luar biasa. Contohnya mampu membuat udara sekitar menjadi gas beracun. Atau bahkan membuat udara sekitar menjadi sebuah material yang solid yang digunakan untuk menghantam musuh. Dan yang menarik adalah ada 10 orang berbeda yang memiliki cincin ini setelah dimiliki oleh The Mandarin.

Ten Rings Versi MCU

Berbeda dengan versi komik, untuk versi MCU masih belum diketahui dari mana asal-usul gelang yang dimiliki oleh Wenwu. Seperti yang disebutkan dalam narasinya di awal film, terdapat berbagai legenda mengenai gelang tersebut. Ada yang menyebutkan bahwa Wenwu menemukannya di bawah sebuah kawah dan ada juga yang mengatakan bahwa Wenwu menemukannya dari sebuah tempat misterius.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings: Neuer Trailer bringt Hulk-Schurken zur├╝ck

Dari segi bentuk pun versi MCU sangat berbeda. Jika dalam versi komik benda ini berupa silinder yang mirip cincin, sedangkan dalam versi MCU bentuknya lebih mirip gelang. Sedangkan dari segi kekuatan, untuk versi MCU, tidak ada kekuatan khusus yang dimiliki oleh masing-masing gelangnya. MCU benar-benar memberikan kemampuan yang sangat berbeda terhadap Ten Rings.

Sebagian besar kekuatannya memiliki koneksi dengan energi dahsyat. Misalnya, Wenwu mampu membuat perisai atau pelindung dari energi yang dihasilkan Ten Rings. Ten Rings juga bisa digunakan layaknya yoyo atau pun bumerang, di mana ketika dilemparkan maka gelang tersebut akan kembali kepada pemiliknya. Pada intinya, MCU benar-benar membedakan kekuatan Ten Rings versi MCU dengan versi komik.

Benda Ciptaan Eternals?

Terdapat sebuah informasi menarik yang muncul di adegan mid-credit scene. Setelah Katy dan Shang dipanggil oleh Wong, mereka kemudian mendiskusikan mengenai Ten Rings tersebut bersama Bruce Banner dan Carol Danvers. Menurut Wong, Ten Rings tidak ada dalam daftar benda magis yang tercatat di bukunya. Namun, pernyataan dari Carol dan Bruce yang kemudian memunculkan berbagai asumsi.

Carol mengatakan bahwa dia tidak bisa menemukan benda tersebut di luar angkasa, namun materialnya mirip dengan benda yang biasa ada di luar angkasa. Bruce Banner kemudian menambahkan bahwa dari segi materialnya, benda tersebut sudah ada lebih dari 1000 tahun. Inilah yang kemudian memunculkan asumsi bahwa Ten Rings bisa jadi merupakan buatan dari Eternals, khususnya Phastos.

Seperti yang dijelaskan dalam trailer terakhir film Eternals, mereka sudah sejak lama berada di bumi. Bahkan, merekalah yang membantu perkembangan peradaban manusia di bumi. Dalam trailernya diperlihatkan bagaimana Sersi membantu manusia dengan cara menyuburkan tanah atau menghadirkan air untuk keperluan irigasi. Itu merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki Sersi.

Salah satu Eternals lainnya, Phastos, dikenal sebagai Eternals yang sering membuat senjata atau peralatan, seperti yang diperlihatkan di komiknya. Meski pun dia merupakan inventor dan alatnya digunakan untuk keperluan perkembangan peradaban manusia, bukan tidak mungkin dia juga membuat benda magis yang sangat kuat, meski pun masih belum diketahui untuk apa tujuannya.

Pernyataan dari Carol dan Bruce tadi bisa menjadi petunjuk kuat untuk hal ini. Petunjuk lainnya adalah bagaimana cahaya dari Ten Rings ketika digunakan oleh Shang-Chi sangat mirip dengan cahaya yang khas dari kekuatan yang dimiliki Eternals. Tentu akan sangat menarik jika kemudian Ten Rings memang merupakan buatan dari para Etenals. Apa tujuan dibuatnya Ten Rings tersebut? Mengapa kemudian Ten Rings bisa berada di tangan Wenwu? Apakah artinya Wenwu pernah bertemu dengan Eternals? Berbagai pertanyaan tersebut akan terjawab dalam film Eternals yang akan tayang November mendatang.