Chapter baru dari seri manga One Piece kembali dirilis pada pekan ini. Dan dalam chapter terbaru ini, kita disuguhkan sebuah kejutan yang memunculkan banyak asumsi. Sebelumnya, kita melihat bagaimana masa lalu dari Yamato. Yamato kecil sudah ditahan oleh Kaido di sebuah penjara gua bersama tiga orang samurai legendaris Wano.

Saat di penjara itulah Yamato semakin memperkuat tekadnya untuk berada di pihak para samurai, melihat ketulusan mereka dan sikap baik mereka. Di sisi lain, kita juga melihat bagaimana Momonosuke dan Luffy akhirnya berhasil menuju atap istana kaido. Dan kita pun melihat bagaimana pertarungan antara Luffy, Momonosuke, dan Yamato melawan Kaido. Lalu, apa yang terjadi di chapter 1026?

Keberanian Momonosuke

Seperti yang sudah Geeks ketahui, Momonosuke merupakan karakter yang memiliki kemampuan seperti halnya Kaido. Namun, Momo memakan buah iblis buatan Vegapunk, dan bukan buah iblis asli. Meski pun begitu, Momo tidak memiliki keberanian seperti yang diharapkan banyak orang. Momo selalu ketakutan dan merasa dirinya sebagai sosok yang lemah.

Inilah yang kemudian coba untuk Luffy “perbaiki” dari diri Momonosuke, dengan cara terus memberikan motivasi. Dalam kelanjutan pertarungan melawan Kaido, Luffy meminta Momo untuk menggigit Kaido. Pada awalnya, Momo menolak melakukan hal itu karena dia ketakutan. Bahkan, Momo beralasan bahwa kemunculannya di atap istana Kaido bukan untuk bertarung.

Namun, seketika Momo teringat peristiwa 20 tahun lalu, di mana Kaido membakar istana yang menjadi rumahnya yang membuat ayah dan ibunya terluka bahkan tewas. Momo pun merasa dendam atas perbuatan Kaido yang sudah menghancurkan Wano. Inilah yang kemudian membuat Momo memunculkan keberaniannya untuk kemudian menggigit Kaido.

Luffy kemudian bertanya apakah ada yang dia takuti lagi dalam hidupnya setelah dia menggigit salah satu Yonko, dan Momo pun kemudian mengatakan bahwa dia sudah tidak takut apa pun lagi. Ini bisa menjadi awal yang bagi bagi perkembangan karakter Momonosuke, mengingat kedepannya Momo akan menjadi pemimpin bagi wilayah Wano. Bukan tidak mungkin jika Momo kemudian akan menjadi jauh lebih kuat dari ayahnya.

Kekalahan All-Stars dan Anak Buah Big Mom

Nekomamushi dan Inuarashi sebelumnya diperlihatkan sedang menghadapi Perospero dan Jack. Keduanya sempat berhasil mengungguli lawannya, berkat bulan purnama penuh yang membuat Inuarashi dan Nekomamushi mampu berubah ke form Sulong milik mereka. Tetapi, ternyata hal itu tidak berjalan lama karena dua naga yang saling bertarung membuat awan menutupi bulan.

Akibatnya, kedua pemimpin suku Minks itu kemudian kembali ke form semula. Diduga kuat akan kalah, ternyata mereka berhasil menang setelah pertarungan antara Luffy dan Kaido membuat langit kembali terbuka dan akhirnya mereka pun bisa kembali mengakses kekuatan bulan purnama. Setelah form Sulong mereka kembali, Inuarashi dan Nekomamushi pun berhasil menghabisi Perospero dan Jack.

Pertarungan Dua “Penguasa”

Salah satu momen epik di chapter 1026 ini adalah ketika Luffy dan Kaido beradu kemampuan Haki Penguasa mereka. Dalam chapternya diperlihatkan bagaimana keduanya saling melancarkan serangan. Meski pun serangan tersebut tidak saling sentuh, tetapi efek kilatan dari Haki Penguasa mereka benar-benar dahsyat. Dan hasilnya adalah langit pun terbelah.

Hal ini tentunya mengingatkan kita pada pertarungan antara Shanks dan Whitebeard serta Gol D. Roger dan Whitebeard. Mereka memang memiliki kemampuan Haki Penguasa yang luar biasa, sehingga ketika dua haki mereka saling beradu, akibatnya langit pun terbelah. Ini juga menjadi indikasi bahwa level Haki Luffy setidaknya sudah mulai mendekati level Haki para karakter legendaris. Dan rasanya hal tersebut tidak berlebihan mengingat apa yang bisa dilakukan Luffy dengan Hakinya.

Waktu Sudah Semakin Dekat

Kehancuran Flower Capital sudah di depan mata. Pulau Onigashima semakin mendekati ibu kota Wano tersebut dan siap menghantam wilayah tersebut beserta semua orang yang ada di bawahnya. Hal ini bisa dilihat dari siluet Onigashima yang diperlihatkan semakin jelas dan semakin mendekati Flower Capital. Artinya waktu semakin sempit bagi Luffy dan yang lain untuk segera mengalahkan Kaido.

Seperti yang dijelaskan di chapter sebelumnya, hanya tersisa sekitar 15 menit lagi sebelum Onigashima benar-benar jatuh dan menimpa Flower Capital. Tentu terdengar hampir mustahil untuk bisa menyelamatkan seluruh penduduk Flower Capital dan menghentikan rencana Kaido untuk menjatuhkan Onigashima di atas Flower Capital. Apakah mereka bisa selamat? Masih harus kita tunggu di chapter selanjutnya.