Star Wars: Knights of the Old Republic adalah video game Star Wars bergenre RPG yang sangat sukses pada tahun 2000-an, dan bahkan masih banyak penggemar yang menikmatinya sampai sekarang. Star Wars: KOTOR menceritakan 4.000 tahun sebelum dibentuknya Galactic Empire. Darth Malak yang saat itu adalah Dark Lord Sith memerintahkan armada Sith untuk menyerang Galactic Republic. Pemain akan bermain sebagai seorang Jedi yang berkeliling galaksi untuk mengalahkan Darth Malak.

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 2003 di Xbox dan PC, Star Wars: KOTOR telah mendapatkan banyak pujian dari kritikus dan pemain atas karakter, cerita, dan sound gamenya yang memukau. Game ini juga dinobatkan sebagai salah satu video game terbaik sepanjang masa. Dikembangkan oleh developer game BioWare, Star Wars: KOTORĀ dirilis kembali untuk MAC OS X pada tahun 2012, IPAD pada tahun 2012, Android pada tahun 2014, serta bisa juga dimainkan di Xbox 360 dan Xbox One sejak tahun 2017.

Baru-baru ini, dalam acara Nintendo Direct Livestream di Youtube IGN, terungkap bahwa game Star Wars: KOTOR akhirnya akan dirilis juga di Nintendo Switch. Sementara saat ini game remake Star Wars: KOTOR sedang dikerjakan untuk konsol PlayStation 5, pengguna Nintendo Switch bisa memainkan Star Wars: KOTOR asli yang akan dirilis pada tanggal 11 November 2021. Star Wars: KOTORĀ akan bergabung dengan game Star Wars lain di Nintendo Switch, seperti Star Wars Jedi Knight: Jedi Academy, Star Wars Episode I: Racer, Star Wars: Republic Commando.

Dengan masuknya Star Wars: KOTOR ke daftar koleksi game Nintendo Switch, tampaknya Nintendo ingin Switch menjadi konsol untuk memainkan game-game klasik yang menarik. Belum diketahui apakah Star Wars: KOTOR di Nintendo Switch nanti sudah termasuk dengan semua DLC-nya atau belum. Akan menarik jika sekuelnya yang berjudul Star Wars: Knights of the Old Republic II bisa dimainkan juga di Nintendo Switch pada masa depan.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.