Wano Kuni adalah sebuah negara di New World dengan pemandangan yang luar biasa. Keindahan Wano tercipta karena penduduk sana menjaga hutan dan alamnya dengan baik. Walau di dalamnya menyimpan keindahan, tetapi di luar, Wano merupakan pulau yang dikelilingi batu karang tajam dan arus air laut yang mengerikan. Sehingga, jarang orang bisa mendarat dengan selamat di Wano, bahkan orang-orang Wano juga jarang bisa keluar pulau dengan selamat.

Wano dipimpin oleh Shogun. Rata-rata, Shogun yang memimpin berasal dari garis keturunan klan Kozuki. Kozuki adalah klan penguasa sah Wano, dan mereka terkenal sebagai samurai yang terampil dan terhormat. Wano adalah salah satu negara yang tidak memiliki afiliasi dengan Pemerintah Dunia sejak awal. Pajak keamanan yang dipatok Pemerintah Dunia sangat besar bagi Wano. Jadi, mereka memilih tidak bekerja sama dengan Pemerintah Dunia dan memilih menyelesaikan masalahnya sendiri.

Setelah Oden keluar dari Wano dan menjalani kehidupan sebagai bajak laut, Wano secara perlahan menuju ambang kehancuran. Klan Kozuki yang semula berkuasa telah dikhianati oleh Orochi yang ingin menjadi Shogun. Orochi memilih bekerja sama dengan Kaido, salah seorang ras Oni terkuat yang memiliki banyak anak buah. Setelah melalui pertempuran yang rumit, Wano akhirnya menjadi milik Orochi hingga sekarang. Sejak itu, keindahan Wano berkurang karena sumber dayanya terus dikuras dan disalahgunakan oleh Orochi.

Selama pemerintahan Orochi, Wano memang terlindungi dari dunia luar. Hal itu juga berkat bantuan Kaido, yang menutup akses keluar masuk di Wano. Pemerintah Dunia nampaknya juga cukup takut dengan Kaido, dan mereka lebih memilih bekerja sama dalam bidang bisnis senjata. Secara rahasia, Pemerintah Dunia memproduksi senjata di Wano atas bantuan Orochi. Sangat jarang ada orang yang mengetahui bisnis illegal ini karena sangat ditutup-tutupi oleh Pemerintah Dunia.

Para pekerja yang menjalankan pabrik senjata adalah budak-budak yang tidak menginginkan Pemerintahan Orochi dan masih setia menunggu kepulangan Oden. Sayangnya saat Oden datang, dia dikalahkan oleh Orochi dan Kaido dengan cara yang sangat licik. Pemerintah Dunia tidak bisa ikut campur dengan urusan Wano karena negara ini tidak memiliki hubungan kerja sama yang sah dengan Pemerintah Dunia. Harapan satu-satunya warga Wano adalah Momonosuke yang sekarang berada di Perang Wano. Bersama dengan kelompok Topi Jerami, mereka berusaha merebut kembali kebebasan Wano dari cengkaraman Kaido dan Orochi.

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.