Seri manga One Piece sempat menjadi perbincangan hangat di tahun 2020 kemarin dan juga di awal 2021. One Piece menjadi bahan perbincangan dengan munculnya kabar bahwa seri ini akan segera selesai, setelah lebih dari 20 tahun. Berdasarkan informasi yang ada – baik dari Eiichiro Oda maupun dari para editor manganya – seri One Piece diperkirakan akan selesai dalam 5 tahun mendatang.

Artinya, Oda tinggal memiliki beberapa tahun lagi untuk kemudian menyelesaikan seri ini. Sebagian fans ada yang skeptis mengenai kabar ini, namun tidak sedikit juga fans senang dan mendukung ide tersebut. Terlepas dari kabar mengenai kapan One Piece akan selesai, para fans sendiri masih menyimpan banyak pertanyaan besar. Salah satunya adalah bagaimana cerita akhir dari One Piece nanti, dan apa sebenarnya One Piece.

Berbicara mengenai akhir dari cerita One Piece, Oda Sensei sebenarnya sudah mempersiapkan semuanya sejak awal. Hal ini diketahui dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun TV. Salah satu editor Oda, Isaka, menyatakan bahwa Oda sudah lama mempersiapkan semuanya, dan dia tidak ingin rencana yang sudah dia bangun selama puluhan tahun menjadi tidak terpakai.

Yang menarik adalah di tahun 1999, Oda Sensei pernah mengatakan sendiri bahwa dia sudah mempersiapkan chapter terakhir dan panel terakhir untuk seri One Piece. Dengan One Piece yang akan segera menyelesaikan ceritanya dalam beberapa tahun kedepan, terdapat beberapa kemungkinan akhir cerita yang akan ditampilkan oleh Oda.

Hancurnya Red Line

Selama ini, Red Line menjadi penghalang bagi keempat wilayah lautan yang ada dalam cerita One Piece. Red Line juga menjadi tempat bagi para kaum naga langit dan disana juga terdapat markas dari Pemerintah Dunia, Mary Geoise. Im sama, yang diduga merupakan “tuhan” dari One Piece pun tinggal di Red Line, tepatnya di Mary Goise.

Permasalahan Red Line inilah yang sempat disinggung Luffy dan beberapa karakter lainnya dalam cerita. Disebutkan bahwa dulu Joy Boy berusaha menghancurkan Red Line untuk membuat semua ras bersatu, tapi sayangnya sebelum itu terlaksana Joy Boy sudah tiada. Luffy, yang disebut-sebut sebagai penerus dari Joy Boy, kemungkinan akan meneruskan mimpi tersebut dengan menggunakan tiga senjata kuno Uranus, Pluton, dan Poseidon.

Terungkapnya Berbagai Rahasia

Selama ini, ada banyak sekali rahasia yang masih tersimpan rapih oleh Oda Sensei. Kemungkinan rahasia tersebut akan tetap menjadi misteri besar sampai semuanya selesai. Lalu, bagaimana rahasia tersebut akan terungkap? Dengan Luffy berhasil pergi menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece kemudian membaca berbagai Poneglyph yang ada di pulau terakhir itu.

Menurut Whitebeard, Doflamingo, dan beberapa orang lainnya, ketika seseorang – dalam hal ini Luffy – berhasil menemukan One Piece, niscaya dia akan mengguncang dunia. Beberapa misteri besar tersebut diantaranya adalah apa yang sebenarnya terjadi sebelum, pada saat, dan setelah Void Century atau abad yang hilang. Apa penyebabnya, siapa yang melakukannya, semuanya akan terungkap. Dan tidak lupa juga bagaimana arti nama D dan makna sebenarnya akan terungkap.

Hancurnya Perbedaan

Selama ini, rasisme menjadi persoalan utama juga dalam cerita One Piece. Contoh yang paling nyata adalah bagaimana manusia menganggap para duyung atau manusia ikan memiliki derajat yang lebih rendah daripada mereka. Juga kaum naga langit yang menganggap dirinya sebagai “dewa” dan menolak untuk menghirup udara yang sama dan membaur dengan manusia lainnya.

Luffy benci akan keadaan dimana perbedaan menjadi masalah utama dan dia kemungkinan akan merubah semua itu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Luffy kemungkinan akan meneruskan janji Joy Boy untuk membawa para manusia ikan ke daratan. Dia akan menghancurkan berbagai perbedaan yang ada, dengan simbolisasi hancurnya pulau manusia ikan.

Hancurnya Pemerintah Dunia

Pemerintah Dunia diketahui merupakan kumpulan berbagai kerajaan yang pada saat itu menyerang kerajaan kuno (ancient kingdom), yang sampai saat ini masih belum diketahui apa alasannya. Banyak spekulasi bahwa kerajaan yang hancur tersebut merupakan rumah bagi klan D, dan mereka akan kembali bangkit. Setelah penyerangan tersebut, berbagai kerajaan itu kemudian membentuk Pemerintah Dunia sampai sekarang.

Pemerintah Dunia bisa dibilang mengatur segala yang terjadi di dunia One Piece, misalnya adanya larangan untuk mempelajari Poneglyph atau bagaimana mereka merahasiakan apa yang terjadi di God Valley. Pemerintah Dunia kemungkinan akan menjadi lawan terakhir bagi Luffy di seri One Piece ini, dan dengan hancurnya Pemerintah Dunia maka keadaan akan berubah seperti sedia kala.