Hampir semua penggemar Marvel pasti mengenal anti-hero Deadpool. Apalagi setelah muncul sebagai bintang utama di dua film solonya, yaitu Deadpool (2016) dan Deadpool 2 (2018). Sementara Deadpool terkenal sebagai karakter solo, pada beberapa kesempatan dia selalu tampil dengan sahabat cinta dan bencinya yang bernama Cable. Sebagai mutan dari masa depan, Cable adalah anak dari Cyclops dan Jean Grey yang mempunyai nama asli Nathaniel Summers. Sementara Cable terkenal dengan lengan besinya sejak debut pada tahun 1990, kali ini Cable mendapatkan pembaruan lengan baru yang lebih hebat!

Cable melakukan debutnya di komik New MutantsĀ #86 karya penulis Louise Simonson dan ilustrator Rob Liefeld. Sejak pertama kali muncul, Cable memiliki lengan kiri sibernetik. Hal itu karena disebabkan oleh Apocalypse yang menginfeksi lengan Cable dengan virus Techno-Organic saat dirinya masih kecil. Sebelum sempat diselamatkan oleh X-Faxtor, virus Techno-Organic telanjur menyebar ke bagian kiri tubuhnya, membuat Cable mempunyai tampilan sibernetik. Dan sekarang, setelah 30 tahun lebih, Marvel memutuskan untuk mengganti lengan kirinya dengan lengan prostetik yang terbuat dari cahaya padat.

Kisah pembaruan lengannya ini diceritakan di komik Cable: Reloaded Vol 1 #1 karya penulis Al Ewing dan ilustrator Bob Quinn, yang dirilis pada bulan Agustus lalu. Setelah kembali menjadi bagian dari S.W.O.R.D., Cable langsung melaksanakan misi di planet Breakworld. Namun, sebelum itu dia harus terjun dahulu dari stasiun luar angkasa Graymalkin II dengan peralatan seadanya. Saat terjun bebas dari luar angkasa menuju daratan Breakworld, A.I. lengan sibernetiknya yang bernama Belle memperingati Cable bahwa perisai dan peralatan yang dia kenakan tidak didesain untuk benturan ekstrem.

Ternyata benar, saat jatuh dengan keras di tanah Breakworld, benturan tersebut merusak lengan sibernetik kirinya. Tampaknya sejak awal Cable telah mengetahui kemungkinan buruk tersebut, karena dia langsung mengaktifkan lengan cadangan yang memiliki A.I. bernama Nicky. Lengan tersebut terbuat dari cahaya padat, sehingga tampilannya seperti cahaya tembus pandang. Menariknya, lengan barunya ini bukan hanya kuat, tetapi memang didesain untuk pertarungan. Lengan barunya ini seperti mempunyai mata sendiri, dia bisa mengunci target dan melakukan tembakan dalam sudut sangat sulit sekali pun.

Lengan barunya ini jauh lebih unggul dari lengan sibernetik lamanya. Dengan lengan baru ini, Cable jauh lebih hebat dan mematikan, karena sekarang A.I. Nicky membuat lengan kirinya bisa bergerak otomatis. Belum diketahui apakah lengan baru yang terbuat dari cahaya padat ini akan selamanya menggantikan lengan sibernetik lamanya, atau hanya dalam misi di planet Breakworld saja. Walapun pada dasarnya lengan lamanya tidak terlalu buruk, tetapi lengan barunya ini berhasil menarik perhatian penggemar, khususnya karena terlihat seperti lengan biasa dengan tato iblis.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.