Sosok Kaido dipastikan akan kalah dalam arc Wano Country ini. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang memiliki peluang besar mengalahkan Kaido atau bahkan membunuhnya? Apakah Luffy atau Zoro? Seperti yang kita ketahui, Kaido sangat sulit untuk mati atau bahkan terluka. Dia diceritakan sering berusaha membunuh dirinya sendiri namun selalu gagal.

Setiap eksekusi terhadap Kaido pun selalu gagal, karena alat yang digunakan tidak mampu untuk melukai Kaido. Pertarungan Luffy melawan Kaido merupakan salah satu pertarungan yang paling mendapatkan perhatian dari para fans One Piece. Hal ini dikarenakan pertarungan melawan Kaido merupakan pertarungan puncak dari arc Wano. Di chapter 1000 kemarin kita akhirnya melihat bagaimana Luffy dan Worst Generation lain bertarung melawan Kaido dan juga Big Mom.

Luffy sangat berhasrat untuk menghabisi Kaido, atas apa yang dia lakukan terhadap penduduk Wano. Di sisi lain, Roronoa Zoro pun memiliki “dendam” terhadap Kaido. Dia berusaha untuk mengalahkan Kaido dengan seluruh kekuatannya. Namun, harus diakui bahwa kekuatan Kaido masih terlalu kuat bagi mereka berdua. Luffy dan Zoro akhirnya harus tumbang di tangan Kaido.

Ada Petunjuk Rahasia di Baju Luffy dan Zoro! | Greenscene

Terlepas dari kekalahan yang mereka derita, banyak fans yang berspekulasi bahwa salah satu dari mereka ada yang akan berhasil mengalahkan Kaido – bahkan membunuhnya. Siapa yang kemungkinan berpeluang melakukan hal tersebut? Jika dilihat dari sudut pandang genre shounen, maka yang akan mengalahkan Kaido adalah Luffy, mengingat dia adalah karakter utama serinya.

Luffy sendiri saat ini sudah kembali bangkit dan segar, setelah sebelumnya dia terjatuh ke laut. Luffy sudah siap kembali bertarung melawan Kaido. Dibandingkan dengan Zoro, Luffy memiliki motivasi lebih untuk mengalahkan Kaido. Ada banyak hal yang berkaitan dengan Luffy dan juga Kaido. Misalnya, bagaimana pertemuannya dengan Yamato.

Yamato, seperti yang dijelaskan di ceritanya, berusaha mengalahkan sang ayah. Hal ini dia ungkapkan kepada Luffy. Yamato juga sempat menyinggung upaya Ace dalam mengalahkan Kaido. Belum lagi Luffy melihat fakta menyedihkan dari Otama. Kaido merupakan penyebab utama banyaknya penduduk Wano yang tewas akibat kelaparan.

One Piece Chapter 1003 – Luffy And Zoro VS Kaido | 12Dimension

Semua orang yang ada di Wano hidup dalam teror Kaido – dan Orochi. Dan inilah yang membuat Luffy emosi atas apa yang dia lakukan terhadap wilayah Wano. Momonosuke pun meminta bantuan Luffy untuk mengalahkan Kaido atas apa yang dia lakukan terhadap wilayah Wano, dan juga atas apa yang dia lakukan terhadap sang ayah, yang dieksekusi secara sadis oleh Kaido.

Dengan semua hal yang memotivasi tersebut, rasanya wajar jika Luffy memiliki peluang yang lebih besar dibandingkan Zoro untuk mengalahkan Kaido. Hal ini juga bisa dilihat dari semangat dan tekad yang diperlihatkan oleh Luffy di sepanjang pertempuran Onigashima. Roronoa Zoro sendiri sebenarnya bukan sama sekali tidak memiliki motivasi untuk mengalahkan Kaido.

Hanya saja, motivasi yang dihadirkannya tidak sebanyak dari Luffy. Zoro marah karena akibat Kaido, Yasuie harus tewas. Selain itu, Zoro bertekad untuk mengalahkan salah satu penguasa samudera di One Piece. Tidak ada hal lain yang membuat Zoro harus melakukan hal lebih, seperti halnya Luffy. Lagipula, seperti yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di kalangan fans, Zoro adalah salah satu “sayap” dari Luffy yang akan membawanya menjadi raja bajak laut.

ONE PIECE CHAPTER 1023: AS ALIKE AS TWO PEAS IN A POD | Page 3 | Worstgen

Banyak fans yang berharap bahwa Zoro yang akan menghabisi Kaido, mengingat arc Wano disebut-sebut sebagai arc dari Zoro setelah Sanji di Whole Cake island. Meski pun Zoro tidak memiliki motivasi tinggi layaknya Luffy, ada beberapa petunjuk yang membuat Zoro memiliki juga peluang menghabisi Kaido. Salah satunya adalah adanya kesamaan Zoro dengan legenda samurai Wano, Shimotsuki Ushimaru dan Ryuma.

Seperti yang kita ketahui, sosok Ryuma dikenal sebagai seorang samurai yang menjadi penjaga Wano. Kehebatan Ryuma yang banyak dikenang adalah bagaimana dia berhasil menghabisi seekor naga. Dari segi penampilan, sosok Ryuma pun dianggap sangat mirip dengan Zoro. Hal ini bahkan diakui oleh Kawamatsu dan juga Hyogoro.

Menurut Hyogoro, sosok Zoro dan Ryuma sama-sama merupakan seorang samurai bermata satu. Berbicara mengenai kesamaan, Oda sangat senang menghadirkan sebuah paralel dalam ceritanya. Hal inilah yang membuat banyak fans kemudian banyak berasumsi bahwa akan ada kesamaan lain antara Zoro dan Ryuma, di mana Zoro akan berhasil membunuh “naga,” yang mana dalam hal ini naga tersebut merupakan Kaido.

Artur - Library of Ohara on Twitter: "Crazy that Ryuma being one-eyed just like Zoro is something that was noticeable all the way since Thriller Bark. And even crazier that a potential

Saat ini, Zoro sendiri sedang bertarung melawan King. King sendiri merupakan tangan kanan terkuat Kaido dan juga kru bajak laut Beast paling kuat. Sosoknya masih misterius. Meski pun mungkin teori mengenai Zoro menghabisi Kaido terdengar menarik dan epik, rasanya hal itu akan “menutupi” popularitas dari Luffy – yang notabene adalah protagonis utama serinya.

Di sisi lain, bagaimana kemudian Zoro berhasil mengalahkan King, yang merupakan bagian dari ras langka yang sudah dianggap punah, tidak akan kalah menarik dan epik. Dengan statusnya tersebut, popularitas Zoro tentu juga akan bertambah setelah mengalahkan King. Jadi, kesimpulannya, dibandingkan zoro, Luffy memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk kalahkan Kaido. Meski pun begitu, Zoro berpeluang besar menghabisi tangan kanan dan sosok terkuat dari kelompok Kaido, pencapaian yang juga tidak kalah epik.