Mutan adalah salah satu elemen penting yang harus ada di mitologi Marvel Universe. Hampir semua media Marvel menceritakan mutan di dalam universenya, termasuk Marvel Cinematic Universe yang akan segera memasukan mutan ke dalam waralabanya pada masa depan. Sebagai ras manusia spesial, mutan adalah ras yang mempunyai Gen-X di dalam darahnya, sehingga mereka mempunyai kemampuan super yang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Sementara kehadiran para mutan sering ditolak oleh manusia, mereka sering bersembunyi di tempat yang terisolasi dari manusia, salah satunya adalah planet Mars!

Mars adalah planet keempat dari Matahari dan planet terkecil kedua di Tata Surya. Mars digadang-gadang sebagai planet yang akan ditempati oleh manusia pada masa depan, tetapi ternyata mutan telah lebih dahulu menempatinya, membuatnya layak huni, menjadikannya sebagai rumah baru mereka, dan mengklaim Mars sebagai ibukota baru tata surya. Cerita memukau ini terungkap di komik Planet-Size X-Men #1 karya penulis Gerry Duggan dan ilustrator Pepe Larraz, yang dirilis pada bulan Agustus lalu. Di komik ini, terungkap bahwa ternyata para mutan telah merencanakan tinggal di Mars sejak lama.

Kisah Planet-Size X-Men #1 adalah salah satu puncak cerita dari serial Hellfire Gala, di mana para mutan mengundang tokoh-tokoh manusia biasa ke pulau hidup Krakoa untuk menyombongkan diri. Puncak pertunjukan yang ingin diperlihatkan oleh para mutan ternyata adalah Mars yang diubah menjadi planet layak huni oleh beberapa mutan paling sakti di universe, termasuk Magneto yang membawa batuan besi dari Saturnus ke Mars, Iceman yang menyelimuti Mars dengan es, dan masih banyak lagi. Magneto adalah orang pertama yang merencanakan untuk mengubah Mars menjadi planet baru yang ramah mutan yang disebut planet Arakko.

Selain mengandalkan kekuatan para mutan, Magneto juga meminta bantuan dari para anggota Great Ring of Arakko, di mana para mutan level omega tersebut membantunya menciptakan air di Mars, dan memasukan DNA kehidupan ke dalam tanah agar bunga dan hewan-hewan kecil bisa hidup. Kemudian Storm mengaduk air di Mars menjadi lautan badai, serta Jean Grey melakukan tugas besar dengan memindahkan pulau Krakoa beserta semua mutan di dalamnya ke planet Mars. Dan terakhir, Monarch dengan bantuan Jean dan Kid Omega melahirkan satelite S.W.O.R.D. kedua untuk pertahanan Mars di luar angkasa.

Setelah Mars menjadi sebuah planet layak tinggal bernama Arakko, Magneto akhirnya secara resmi menyambut semua mutan dengan hangat, lengkap dengan kembang api di langit Mars. Sejak saat itu Mars menjadi planet pertama mutan, dan pengunjung dari planet lain hanya boleh masuk melalui Dermaga Prometheus. Kisah memukau ini menjadi bukti bahwa mutan bisa hidup di Mars dengan kekuatan mereka. Apakah MCU akan mengadaptasi cerita ini? Jika mau, MCU bisa saja mengungkap bahwa sebenarnya para mutan sudah ada di Mars sejak lama, dan mulai menunjukkan diri di Fase 4 MCU.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.