Mantan admiral Kuzan alias Aokiji memang dikenal memiliki prinsip yang berbeda dengan para angkatan laut lainnya. Ketika angkatan laut lainnya memiliki prinsip untuk berpegang teguh pada “keadilan absolut” maka Kuzan justru berpegang teguh kepada prinsip moral. Kuzan merupakan salah satu dari sedikit angkatan laut yang memiliki prinsip ini. Karena itulah dia memutuskan untuk mundur dari angkatan laut ketika rivalnya, Sakazuki menjadi pemimpin baru angkatan laut.

Berbicara mengenai moral dan Kuzan, terdapat sebuah teori menarik tentang sosok Kuzan. Dalam peristiwa penghancuran wilayah Ohara dua puluh tahun lalu, Pemerintah Dunia menganggap wilayah tersebut sebagai ancaman karena para cendikiawannya berusaha membaca Poneglyph, dan mengungkapkan tentang rahasia dunia. Karena itulah Pemerintah Dunia kemudian mengaktifkan Buster Call.

Dalam peristiwa Buster Call tersebut seorang wakil admiral angkatan laut pun muncul di wilayah Ohara. Dia adalah Kuzan. Dalam peristiwa tersebut diperlihatkan Kuzan bertemu dengan salah satu mantan angkatan laut, Jaguar D. saul, yang saat itu berusaha melindungi Nico Robin. Yang menarik adalah adalah bagaimana sikap dari Kuzan terhadap Saul dan juga Nico Robin.

Berbeda dengan angkatan laut lainnya, Kuzan nampak bergelut dengan hatinya mengenai peristiwa ini. Seperti disebutkan di atas, Kuzan tidak pernah mengikuti jejak angkatan laut lainnya yang berprinsip keadilan absolut. Kuzan lebih berpegang teguh kepada prinsip moral, yang mana dalam kejadian Ohara Kuzan sebenarnya bisa jadi merasa prihatin dengan apa yang terjadi.

Seperti halnya Garp yang tidak bisa berbuat apa-apa ketika Ace dieksekusi, Kuzan pun tidak bisa berbuat apa-apa ketika Ohara dihancurkan. Sebagai seorang angkatan laut dia harus tetap pada perannya. Kuzan sendiri menganggap rekannya tersebut seperti halnya seorang penduduk Ohara. Kuzan sebenarnya ingin menolong Ohara, namun dia tidak bisa karena tugasnya sebagai angkatan laut.

Situasi semakin pelik ketika kapal Sakazuki menyerang kapal evakuasi para penduduk Ohara. Bagaimana sikap Sakazuki dan Kuzan terhadap situasi Ohara benar-benar bertolak belakang, dan ini bisa membuktikan tentang prinsip yang dianut oleh keduanya. Selain itu, Kuzan pun kemudian melakukan hal yang sangat tidak terduga, yang rasanya tidak akan dilakukan oleh Sakazuki.

Dia menyerang Saul dengan cara membekukannya, tetapi di sisi lain dia mencoba memahami dan memaafkan sosok Saul. Dan yang paling luar biasa tentunya adalah bagaimana dia tidak menghabisi nyawa Nico Robin. Sesuatu yang tidak akan pernah dia sesali. Hanya masalah waktu sampai kemudian Nico Robin membuktikan pada Kuzan bahwa keputusannya tepat.

Kuzan memang mungkin gagal menyelamatkan Ohara, gagal menghadapi Sakazuki, dan dia juga tidak terlalu sungguh-sungguh untuk menghadapi kelompok bajak laut Topi Jerami. Secara tidak langsung sebenarnya dia sudah gagal dalam menjalankan tugas sebagai angkatan laut, dan keputusannya untuk kemudian pergi dari angkatan laut bisa dibilang adalah keputusan yang tepat.

Kuzan tentunya tidak akan tinggal diam dengan semua yang sudah terjadi. Dia akan membalas dendam dan ini bisa menjadi motivasi terbesar bagi Kuzan untuk membalas dendam atas apa yang dilakukan oleh Sakazuki. Di sisi lain, ini juga merupakan salah satu alasan mengapa dia kemudian memutuskan bergabung dengan kelompok Blackbeard.

Blackbeard memiliki rencana menghancurkan pihak angkatan laut, yang mana hal ini sejalan dengan keinginan Kuzan. Dan ini juga akan memudahkannya membalas dendam peristiwa Ohara. Alasan lainnya adalah Blackbeard merupakan salah satu sumber informasi yang sangat berharga. Kuzan mungkin bisa memberikan informasi yang dia ketahui kepada Robin atau Luffy di kemudian hari.

Dengan semua hal yang sudah dijelaskan tersebut, tentunya kita bertanya-tanya mengapa Kuzan harus menyamar? Apa yang menjadi tujuannya? Apa ada alasan lain selain keadilan moral, yang membuat Kuzan bertentangan dengan pihak angkatan laut? Kemungkinan besar bahwa Kuzan merupakan bagian dari Pasukan Revolusi, kelompok pemberontak yang dipimpin oleh Monkey D. Dragon.

Dengan semua yang terjadi di Ohara dan berbagai teka-teki yang ada tentang Kuzan, semuanya dirasa masuk akal jika Kuzan memang memiliki koneksi dengan Pasukan Revolusi. Dan pada saat waktunya tiba, kita mungkin pada akhirnya akan mengetahui semuanya. Bahkan, bukan tidak mungkin Kuzan pun akan berkhianat dan ikut bertarung menghadapi Blackbeard.