Portgas D. Ace merupakan anak dari raja bajak laut Gol D. Roger dan pasangannya Portgas D. Rogue. Rogue meninggal ketika melahirkan Ace, di mana sebelumnya Rogue sengaja menyimpan kandungannya selama 18 bulan. Sebenarnya, ketika berpetualang mencari Laugh Tale, Roger masih belum mempunyai anak. Baru ketika seluruh krunya dibubarkan, dia memiliki anak. Seperti yang diungkapkan kepada Rayleigh bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah generasi yang baru.

Ace sendiri kemudian dibesarkan oleh Garp dan Dadan bersama Luffy dan Sabo setelah sang ayah tewas dieksekusi angkatan laut. Ace remaja pun kemudian memulai petualangannya sebagai seorang bajak laut. Sayangnya, Ace juga kemudian harus tewas setelah Blackbeard mengalahkannya dan pihak angkatan laut mengeksekusinya. Namun, mengingat Ace tewas di usia yang masih muda, tentu kematiannya sangat disayangkan. Lalu, apa hal yang akan dilakukan oleh Ace jika dia masih hidup?

Menjadi Pemimpin Generasi Baru Bajak Laut

Portgas D. Ace merupakan salah satu sosok penting diantara deretan bajak laut dari generasi baru di dunia One Piece. Seperti yang pernah dijelaskan oleh sengoku, Ace dianggap cukup kuat untuk memimpin seluruh generasi bajak laut jika dia memiliki waktu yang cukup. Dan seperti yang dijelaskan oleh Yamato dalam flashbacknya di arc Wano Country, Ace merupakan generasi bajak laut baru yang pertama kali menancapkan namanya, baru kemudian bajak laut lain mengikuti jejaknya. Berdasarkan hal tersebut, Ace mungkin akan menjadi pemimpin dari bajak laut generasi baru jika dia masih hidup.

Berlatih Untuk Menjadi Lebih Kuat

Salah satu motivasi dalam hidup Ace adalah mampu memiliki kekuatan dahsyat yang bisa melampaui kekuatan ayahnya. Dia juga bertekad untuk meraih popularitas yang akan menutupi popularitas dari sang ayah, yang dikenal sebagai raja bajak laut. Ace sebenarnya sudah berada di jalur yang benar, namun sayangnya dia harus tewas sebelum impiannya terwujud. Jika dia masih hidup, Ace tentu akan berlatih dengan sangat giat untuk menjadi lebih kuat dan pada akhirnya mampu melampaui kekuatan Roger dengan mencapai berbagai hal hebat dalam hidupnya, seperti membalas dendam kekalahannya dari Blackbeard.

Menjadi Kapten di Kelompok Whitebeard

Ace bergabung dengan kelompok Whitebeard setelah kelompok bajak lautnya, Spades, bubar. Meski pun pada awalnya sulit bagi Ace untuk kemudian menerima situasi, namun perlahan dia mulai menunjukan kebanggannya sebagai salah satu “anak” dari sosok Whitebeard dan menjadi bagian dari kelompok bajak lautnya. Prestasi Ace cukup cemerlang, yang membuatnya kemudian diangkat menjadi kepala divisi dua.

Sebenarnya, sosok Ace akan memiliki posisi penting di kelompok bajak laut tersebut yaitu menjadi kapten, mengingat Whitebeard sudah dalam kondisi sakit-sakitan dan waktunya pun sudah tidak lama lagi. Menurut Sengoku, Whitebeard memang menginginkan Ace menjadi raja bajak laut selanjutnya, yang mana hal itu mengonfirmasi bahwa dia memang mempersiapkan Ace untuk menjadi penggantinya.

Mempelajari Haki

Ace merupakan salah satu dari sedikit orang di cerita One Piece yang mampu mengendalikan ketiga Haki miliknya. Ace pernah menggunakan Armament Haki ketika dia bertarung menghadapi salah seorang wakil admiral. Dia juga diketahui pernah membuat orang tidak berdaya dengan Haki Penguasa miliknya. Sayangnya, Ace baru hanya sekedar bisa menggunakan Haki tersebut. Jika Ace masih hidup, dia mungkin akan mempelajari dengan lebih baik bagaimana penggunaan Haki yang efektif dan efisien. Seperti yang dilakukan oleh Rayleigh kepada Luffy, selama dua tahun di Rusukaina. Dengan waktu yang cukup, kemampuan Haki Ace mungkin akan setara dengan Luffy.

Menjaga Luffy

Tidak banyak hal yang dianggap penting dalam hidup Ace. Dia hanya memiliki mimpi yang berusaha dia wujudkan dan selalu berusaha untuk melindungi adik kecilnya, Luffy. Sedari kecil Ace sudah menjadi sosok pelindung bagi Luffy, dan bahkan dia pun melihat perkembangan kekuatan Luffy melalui informasi dan nilai buruan yang dikeluarkan angkatan laut. Jika Ace masih hidup, Ace akan terus mengawasi Luffy dan menjaganya dengan seksama. Dia akan melakukan apa pun untuk melindunginya dari berbagai ancaman yang ada.

Bertemu Sabo

Selain Luffy, Ace sendiri memiliki saudara lainnya yaitu sabo. Namun, Luffy dan Ace sendiri mengetahui bahwa Sabo tewas setelah kapal milik naga langit menghancurkan perahu kecil milik Sabo. Beruntung, nyawanya kemudian berhasil diselamatkan oleh Monkey D. Dragon. Di bawah pengawasan Dragon, Sabo pun kemudian menjadi sosok yang kuat dan bahkan dia menjadi wakil dari Dragon di kelompok Pasukan Revolusi. Sabo kemudian pada akhirnya bertemu dengan Luffy di arc Dressrosa, dan sabo mengetahui apa yang terjadi pada Ace. Jika Ace masih hidup, dia mungkin akan menemui Sabo setelah mengetahui bahwa sabo masih hidup.

Pergi Ke Wano Dan Mengalahkan Kaido

Dalam flashback Yamato diketahui bahwa Ace pernah mengunjungi wilayah Wano beberapa tahun sebelum cerita utama dimulai. Di sana dia kemudian bertemu dengan sosok Otama. Selain itu, dia kemudian pergi ke Onigashima untuk membebaskan para tawanan yang ditahan oleh Kaido. Pada momen inilah kemudian Ace beremu dengan Yamato, dan keduanya kemudian menjadi sahabat.

Ace sendiri berjanji untuk kembali ke Wano dan akan membebaskan Wano dari cengkraman Kaido. Sayangnya, Ace harus tewas sebelum dia mewujudkan mimpinya. Jika Ace masih hidup saat ini, dia mungkin akan pergi ke Wano dan menghadapi Kaido, setelah berlatih. Dia juga mungkin akan membantu Luffy dalam pertempuran di Onigashima.

Mengajak Yamato dan Otama Berlayar

Selama di Wano, Ace menjadi hubungan yang baik dengan Otama dan Yamato. Otama sendiri sudah menganggap Ace sebagai kakaknya. Dan setelah mendengar petualangannya sebagai bajak laut, Tama pun berkeinginan untuk ikut berlayar bersama Ace. Namun, tentunya hal itu ditolak Ace karena usianya masih terlalu kecil. Dia juga tidak bisa mengajak Yamato, karena dia takut terhadap Kaido. Jika Ace masih hidup, mungkin Ace akan mewujudkan janjinya kepada mereka berdua.

Menjadi Yonko Baru

Ace bertekad untuk menjadi seorang bajak laut yang kuat, serta sosok yang populer. Dia pun bisa dibilang berhasil, setelah menantang bajak laut terkuat yang pernah ada, Edward Newgate alias Whitebeard. Meski pun pada akhirnya dia bergabung dengan kru Whitebeard, dia masih bermimpi untuk mencapai kesuksesan dan membuktikan pada dunia bahwa dia lebih baik dari Roger.

Jika Ace masih hidup, mungkin dia akan menjadi sosok Yonko baru menggantikan Whitebeard ketika dia tewas. Seperti yang kita ketahui, saat ini justru Blackbeard yang menggantikan Whitebeard setelah tewas dalam peristiwa Marineford, dan seharusnya Ace yang ada di posisi tersebut.