Selain karakter superhero dan supervillain yang terinspirasi dari hal ilmiah, Marvel juga sering memperkenalkan karakter dari dunia lain, salah satunya Mephisto. Iblis yang satu ini sudah sangat sering terdengar di telinga penggemar, dari mulai penggemar lama Marvel Comics, sampai penggemar baru MCU yang mendengarnya namanya dalam banyak rumor akhir-akhir ini. Namun, dibalik namanya yang terkenal, ternyata Mephisto bukan iblis yang paling menakutkan di Marvel. Ada yang jauh lebih menakutkan darinya, dan mereka adalah iblis-iblis Fear Lords. Berikut 7 iblis Fear Lords yang lebih menakutkan dari Mephisto!

Dweller-in-Darkness

Dweller-in-Darkness adalah iblis yang melakukan debutnya di komik Thor #229 karya penulis Gerry Conway dan ilustrator Rich Buckler pada tahun 1974. Dweller adalah iblis dari Everinnye yang memilih untuk meninggalkan bangsanya dan mengikuti ritual Way of the Shamblu, di mana dia memisahkan kepala dari badannya untuk menjadi makhluk abadi. Sejak saat itu dia menempelkan kepalanya yang mirip gurita pada badan robot, dan bisa terlepas kapan saja jika dia mau, bahkan bisa berjalan hanya menggunakan tentakel di kepalanya.

Kemampuan iblisnya membuat dia bisa menimbulkan rasa takut pada diri manusia, bahkan dia bisa menciptakan iblis lain dari rasa takut tersebut, salah satu ciptaannya adalah iblis D’Spayre. Menariknya iblis ini telah muncul di MCU, tepatnya di film Shang-Chi, dalam bentuk naga hitam yang memiliki banyak tentakel di ekornya.

D’Spayre

Iblis yang satu ini melakukan debutnya di komik Marvel Team-Up #68 karya penulis Chris Claremont dan ilustrator John Byrne pada tahun 1978. D’Spayre diciptakan 20.000 tahun lalu oleh Dweller-in-Darkness dari rasa takut ketika kerajaan Atlantis dan Lemuria tenggelam. Di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme Vol 1 karya Roy Thomas, Dann Thomas, dan R.J.M. Lofficier pada tahun 1992, D’Spayre bersama Fear Lords lain pernah mencoba menguasai Bumi, tetapi berhasil digagalkan oleh Doctor Strange. D’Spayre dapat memanipulasi rasa takut dan energi negatif dari lawannya sampai ke tingkat yang tidak bisa ditahan, bahkan sampai menciptakan ilusi dan halusinasi.

Kkallakku

Iblis aneh ini mendapatkan kekuatannya dari memakan rasa takut dari makhluk lain, dia bisa memanggil Kkkallakki atau Fear Eaters untuk mengumpulkan rasa takut tersebut untuk kemudian memakannya. Kkallakku alias Hatch Lord melakukan debutnya di komik Marvel Comics Presents #1 karya Allen L. Milgrom pada tahun 1988. Kkallakku terkenal sebagai iblis yang kebal terhadap serangan fisik karena mempunyai tubuh sangat keras. Walaupun tidak mempunyai sayap dan kaki, Kkallakku bisa terbang sesuka hatinya, bahkan berpindah-pindah antar dimensi.

Lurking Unknown

Lurking Unknown adalah iblis raksasa yang sangat kuat, cepat, dan tahan banting. Kekuatannya tidak bisa diukur, karena makin takut musuhnya maka makin kuat Lurking Unknown. Iblis ini melakukan debutnya di komik Thor #136 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1967. Di Marvel Comics, Odin bisa memanggil Lurking Unknown dan biasanya menggunakan Lurking untuk mengetes calon pejuang Asgardians. Walaupun terkenal sangat kuat dan besar, Lurking Unknown mempunyai kelemahan yang sangat fatal, di mana tubuhnya bisa mengecil jika musuhnya tidak takut padanya.

Nox

Iblis Nox yang biasa disebut Nyx ini konon adalah salah satu dewi Olympus yang menjadi Iblis Rasa Takut. Dia bahkan pernah menyamar sebagai dewi Aphrodite, dan melakukan hubungan dengan dewa Ares sampai melahirkan dua anak yang dikenal sebagai Deimos alias Ketakutan dan Phobos alias Teror. Nox adalah iblis paling misterius di antara iblis Fear Lords lain. Dia pertama kali muncul di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #31 karya Roy Thomas dan Jean-Marc Lofficier pada tahun 1991. Kemampuannya meliputi kecerdasan super dan manipulasi kegelapan.

Nightmare

Sebagai iblis yang sama-sama dari Everinnye, iblis Dweller-in-Darkness mengakui Nightmare sebagai keponakannya, tetapi hal itu ditolak oleh Nightmare karena seharusnya Dweller tidak mempunyai hubungan dengan siapa pun setelah mengambil jalan Way of Shamblu. Nightmare melakukan debutnya di komik Strange Tales #110 karya Stan Lee dan Steve Ditko pada tahun 1963.

Dia beberapa kali bekerja sama dengan Shuma Gorath untuk menaklukan Bumi. Sebagai iblis rasa takut, Nightmare mempunyai kekuatan untuk membawa arwah orang tertidur ke dunianya. Dia juga bisa memanggil makhluk-makhluk mimpi buruk seperti Succubi dan Dreamstalker. Pada dasarnya Nightmare adalah iblis yang hidup di mimpi semua makhluk hidup yang tertidur.

Straw Men

Straw Man alias Scarecrow alias Guardian ini melakukan debutnya di komik Dead of Night #11 karya penulis Scott Edelman dan ilustrator Rico Rival pada tahun 1975. Beberapa abad yang lalu, Straw Man sebenarnya adalah iblis Kalumai. Sebagai salah satu Fear Lords, Straw Man justru pernah berkhianat pada iblis lain karena merasa Bumi adalah daerah kekuasaannya.

Di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme Vol 1, dia meminta Doctor Strange untuk bekerja sama dengannya untuk mengusir Fear Lords lain di Bumi. Strawman terkenal kebal terhadap serangan fisik, tetapi lemah terhadap api. Kemampuan lain Straw Man adalah memanggil gagak-gagak pembunuh, monster tanaman, dan bisa berubah menyerupai manusia.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.