Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings merupakan film kedua Marvel pada tahun 2021 ini yang penayangannya sangat sukses. Film yang dirilis pada tanggal 3 September ini, telah berhasil meraup pendapatan sebesar $320 juta atau sekitar Rp4,5 triliun di seluruh dunia. Salah satu alasan mengapa film Shang-Chi sangat sukses di era pandemi COVID-19 ini, adalah karena filmnya berhasil menyampaikan kisah Shang-Chi dengan sangat apik dan epik. Sementara filmnya ditutup dengan dua credit scene yang sangat menarik, apa sebenarnya arti credit scene tersebut dan apa pengaruhnya pada masa depan MCU?

Akhir film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings memperlihatkan bagaimana Shang-Chi akhirnya menguasai Ten Rings. Namun saat adegan mid-credit terlihat, tampaknya takdir Shang-Chi bukan hanya sekadar sebagai pemegang Ten Rings yang baru, melainkan lebih besar dari itu. Adegan mid-credit dimulai dengan Shang-Chi (Simu Liu) dan Katy (Awkwafina) yang diajak oleh Wong (Benedict Wong) ke suatu tempat yang terlihat seperti Sanctum Sanctorum. Di sana mereka melihat Bruce Banner (Mark Ruffalo) dan Captain Marvel (Brie Larson) sedang menunggu Shang-Chi untuk meneliti Ten Rings.

Banner kemudian menjelaskan bahwa Ten Rings terbuat dari bahan yang tidak bisa ditemukan di Bumi, dan berdasarkan susunan molekulnya Bruce menyimpulkan bahwa usianya lebih dari 1.000 tahun. Captain Marvel mengatakan bahwa dia juga tidak pernah menemukan benda seperti itu selama dia mengarungi ruang angkasa. Mereka kemudian menemukan bahwa ada sesuatu di tengah-tengah Ten Rings yang berfungsi sebagai suar yang memanggil sesuatu. Wong menjelaskan bahwa ketika Shang-Chi mengenakan Ten Rings, sebuah sinyal dikirim dari Bumi entah ke mana. Adegan ditutup dengan para Avengers yang menyambut Shang-Chi sebagai anggota baru Avengers.

Sebenarnya ke mana dan kepada siapa sinyal tersebut di kirim? Karena Ten Rings berasal dari teknologi silinder Makluans, besar kemungkinan sinyal tersebut dikirim ke planet Makluans, atau setidaknya mengabarkan pada mahkluk makluans di luar angkasa bahwa ada “sesuatu” di Bumi. Jika benar begitu, berarti akan ada lebih banyak lagi naga Makluans pada masa depan MCU, dan kemungkinan salah satunya adalah Fin Fang Foom, salah satu Makluans paling terkenal di Marvel Comics.

Sementara adegan mid-credit mengungkap sesuatu yang mengejutkan, adegan post-credit justru lebih sederhana, tetapi tetap berpengaruh pada masa depan MCU. Adegan tersebut memperlihatkan Xialing (Meng’er Zhang) didatangi oleh Razor Fist (Florian Munteanu) yang memberi tahu bahwa prajurit Ten Rings telah menunggunya, dia kemudian duduk di singgasana dan mengatakan bahwa banyak hal yang harus mereka lakukan. Saat kamera menjauh, di luar terlihat banyak prajurit wanita yang sedang berlatih, begitu juga dengan teknologi yang lebih maju. Sekarang, dia adalah pemimpin baru Ten Rings.

Dua credit scene tersebut menjadi sesuatu yang akan sangat berpengaruh pada masa depan MCU, khususnya pada Fase 4 MCU dan pada kehidupan Shang-Chi. Kemungkinan besar yang terlihat di dua credit scene tersebut akan menjadi fondasi dari film sekuel Shang-Chi yang akan datang. Akan menarik melihat Fin Fang Foom hadir di MCU, begitu juga dengan organisasi Ten Rings baru yang kemungkinan akan mencari Shang-Chi untuk dua alasan, membunuhnya atau membawanya sebagai pemimpin Ten Rings yang sebenarnya. Kita nantikan saja kelanjutannya pada masa depan MCU ya, Geeks.

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.