Joy Boy adalah nama yang sangat misterius di cerita One Piece. Menurut informasi yang beredar Joy Boy merupakan seseorang paling berjasa di era Void Century. Dia juga sempat berjanji pada bangsa manusia ikan untuk membawa mereka ke permukaan, namun gagal. Banyak orang yang menganggap Joy Boy orang baik dan kuat, dan Kaido juga tampaknya mengetahui mengenai masa lalu Joy Boy.

Joy Boy sempat diinformasikan sebagai salah satu orang yang membentuk kelompok perlawanan untuk mengalahkan Ancient Kingdom. Kelompok tersebut sekarang bernama Pemerintah Dunia. Namun sekarang Pemerintah Dunia malah menggunakan cara yang salah dalam menjaga perdamaian dunia. Mereka membuat banyak peraturan tidak masuk akal agar menjaga dunia tetap aman dan terhindar dari konflik, seperti melarang orang-orang untuk mempelajari Poneglyph, mempelajari sejarah Void Century, dan lain-lain. 

Seiring berkembangnya serial One Piece muncul sebuah anggapan bahwa bisa jadi Joy Boy bukanlah nama orang, melainkan sebuah julukan, sama seperti anak raja pulau manusia ikan yang memiliki julukan Poseidon. Legenda menyebutkan bahwa ada tiga senjata kuno yang bisa membuat orang lain menguasai dunia, yaitu Poseidon, Pluton dan Uranus. Hingga sekarang bentuk ketiga senjata kuno itu masih sangat misterius, tapi saat Roger datang ke pulau manusia ikan, ada yang meramalkan bahwa Poseidon akan menjelma menjadi seekor putri duyung yang sangat cantik. Ternyata di era Luffy, Poseidon adalah seorang putri kerajaan manusia ikan yaitu Shirahoshi.

Mungkin Joy Boy juga sama seperti Poseidon, jadi siapapun yang memiliki tekadnya akan menjadi Joy Boy baru di masa depan. Dalam jurnal Oden disebutkan kedatangan Joy Boy kedua, mungkin yang dimaksud Oden saat itu adalah Roger. Di era itu hanyalah Roger yang tampaknya memiliki kekuatan luar biasa dan memiliki kharisma pemimpin hebat. Oden juga pasti tahu kriteria menjadi Joy Boy karena dia dan kelompok bajak laut Roger telah tiba di Laugh Tale, tempat segala jawaban mengenai misteri dunia One Piece berada.

Mungkin orang berikutnya yang akan menyandang gelar Joy Boy adalah Luffy. Luffy memang masih akan terus berkembang untuk menjadi kuat, tapi ambisinya untuk tidak ingin kalah dari siapapun dan tekadnya menjadi raja bajak laut telah cukup menjadikannya kandidat Joy Boy. Luffy bisa membuat siapapun termasuk lawannya menjadi teman baik, dia juga telah memiliki armada besar dengan jumlah anggota cukup banyak. Bagaimana menurut kalian, apakah Joy Boy benar-benar sebuah julukan?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.