Donquixote Doflamingo alias Dofy merupakan salah satu villain yang sangat populer dalam cerita One Piece. Sebagai pemimpin dari wilayah Dressrosa dan juga merupakan salah satu dari tujuh penguasa lautan (Shichibukai), sosoknya sudah mulai diperkenalkan bahkan sebelum time-skip terjadi. Sosok Dofy sendiri kemudian muncul, salah satunya adalah saat perang puncak di Marineford.

Doflamingo merupakan salah satu villain yang tersulit yang dihadapi Luffy. Dofy pun merupakan villain pertama yang dihadapi dan dikalahkan oleh Luffy, pasca time-skip. Doffy mungkin tidak sekuat para Yonko, namun berbagai keunggulan yang dimiliki membuatnya cukup ditakuti dan membuat karakternya sangat populer. Berikut berbagai Keunggulan yang dimiliki oleh Donquixote Doflamingo.

Memiliki Daya Tahan Yang Luar Biasa

Doflamingo diketahui memiliki daya tahan yang sangat luar biasa, yang terbukti dalam pertarungannya melawan Monkey D. Luffy di akhir arc Dressrosa. Meski pun dia sempat terluka cukup parah saat bertarung melawan Trafalgar Law sebelumnya, Dofy masih mampu bertahan dari serangan pertama Gear 4 milik Luffy.

Meski pun dia terluka, Dofy mampu menghabisi puluhan gladiator hanya dalam waktu yang sangat singkat. Salah satu alasannya adalah karena kemampuan buah iblis yang dia miliki, yaitu Ito Ito no Mi, yang membuatnya mampu menyatukan kembali bagian tubuh atau organ-organ yang rusak. Meski pun bukan berarti Dofy bisa sembuh sempurna, dengan kemampuan ini dia setidaknya bisa bertahan untuk beberapa waktu sehingga tubuhnya tidak kolaps.

Karisma Yang Luar Biasa

Seperti halnya sosok Shanks, Dofy memiliki karisma yang sangat luar biasa. Karisma ini sering kali dimanfaatkan untuk melakukan manipulasi terhadap orang lain. Di sisi lain, karisma ini juga pada kenyataanya berguna dalam menjalin relasi atau koneksi dengan berbagai karakter lainnya. Karisma ini juga yang membuat sebagian anak buahnya begitu mengagumi sosok Dofy.

Bahkan, karisma tersebut sempat membuat mereka salah paham ketika mereka berpikir bahwa Dofy mungkin akan mengampuni mereka ketika Dressrosa dikelilingi oleh kekuatan Dofy. Salah satu kedahsyatan dari karisma seorang Doflamingo adalah bagaimana dia berhasil memanipulasi para penduduk Tontatta untuk mau memanen buah iblis – yang secara tidak langsung membuat mereka menjadi budak Dofy.

Mampu Melakukan Berbagai Hal Sekaligus

Salah satu kelemahan dari Doflamingo adalah bagaimana dia sangat buruk dalam merencanakan sesuatu. Meski pun begitu, Dofy merupakan sosok yang hebat dalam melakukan berbagai kegiatan sekaligus (multi-tasking). Contoh nyatanya adalah Dofy mampu bertarung melawan Trafalgar Law, disaat dia juga sedang memanipulasi Bellamy untuk bertarung menghadapi Luffy dalam waktu yang bersamaan.

Hal tersebut seolah memperlihatkan bagaimana koordinasi Dofy yang sangat baik, mengingat seberapa tangguh musuh yang dia hadapi. Contoh lainnya adalah bagaimana Dofy mampu melumpuhkan upaya Baby Five dalam membunuhnya ketika dia berbicara di Denden Mushi. Bukti paling epik dari kemampuan Dofy ini adalah ketika dia mampu mempertahankan birdcage sambil juga bertarung menghadapi Luffy.

Memiliki Banyak Jaringan Relasi

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu kekuatan yang dimiliki Dofy adalah karisma yang sangat luar biasa. Karisma tersebut dia gunakan untuk memanipulasi orang lain, dan juga untuk membangun jaringan relasi yang luas. Bisa dibilang Doflamingo adalah salah satu sosok yang memiliki relasi paling baik di seri One Piece. Sebagai mantan kaum naga langit, dia memiliki sedikit kuasa terhadap berbagai keputusan.

Salah satunya adalah bagaimana dia mampu membuat keputusan untuk mengundurkan diri dari Shichibukai, yang mana hal itu cukup banyak membuat angkatan laut dan penduduk sipil lainnya terkejut. Bukan hanya Dofy memiliki afiliasi dengan pihak Pemerintah Dunia, Dofy juga memiliki relasi dengan salah satu Yonko yaitu Kaido, yang menyuplainya dengan buah iblis berkat kerja samanya dengan Caesar Clown. Kekalahan Dofy dari Luffy cukup banyak membuat para Yonko mulai melirik Luffy.

Memiliki Buah Iblis Yang Serba Guna

Doflamingo merupakan pemilik salah satu buah iblis yang paling menarik dan serba guna dalam seri One Piece. Buah iblis Ito Ito no Mi membuatnya bisa mengakses benang yang muncul dari atas awan. Benang tersebut pun memiliki kedahsyatan yang luar biasa, seperti mampu mengendalikan tubuh orang lain, menciptakan kloning, menjahit organnya yang terluka, dan sebagainya.

Salah satu yang paling epik dari buah iblisnya mungkin adalah bagaimana Dofy mampu mengurung seluruh wilayah dengan kekuatannya. Jika tanpa adanya bantuan dari lapisan Haki pun kekuatannya sudah sangat dahsyat, maka bisa dipastikan tali atau benang yang dilapisi oleh Haki tidak akan bisa dihancurkan. Dan mungkin benang tersebut akan mampu menghancurkan apa pun, dan bukan hanya meteor.