Sudah tidak diragukan lagi bahwa Spider-Man adalah superhero Marvel yang mempunyai basis penggemar paling besar di seluruh dunia. Hal itu dibuktikan dengan berbagai macam media yang berhubungan dengan Spider-Man selalu laris terjual. Karakternya yang mudah bergaul merupakan salah satu faktor yang membuatnya makin terkenal di kalangan penggemar, begitu juga di kalangan sesama superhero Marvel. Dalam beberapa kisah Marvel Comics, Spider-Man telah bertemu dengan banyak superhero terkenal lainnya, dan salah satu kisah yang terbaik adalah ketika dirinya bertemu dengan Daredevil.

Kisah terbaik kerja sama antara Spider-Man dan Daredevil ini diceritakan di komik The Spectacular Spider-Man Vol. 1 #26-27 karya penulis Bill Mantlo dan ilustrator Jim Mooney pada tahun 1978-1979. Kisahnya bermula ketika Peter Parker alias Spider-Man harus berhadapan dengan penjahat Tri-Man dan Masked Marauder yang sedang merampok Citibank Center di Manhattan. Ketika Spider-Man sibuk menghadapi Tri-Man, Masked Marauder menyerang dari belakang dan menembaknya dengan tembakan energi dari matanya. Spider-Man tertembak di kepalanya dan langsung buta.

Gagal menangkap Tri-Man dan Masked Marauder, Spider-Man yang berada di lokasi dicurigai polisi sebagai pelaku perampokan, Spider-Man yang saat itu tidak bisa melihat apa-apa langsung meninggalkan lokasi dengan bergelantungan. Daredevil yang mendengar Spider-Man terluka langsung mencari sahabatnya tersebut dan menemukannya ketika Spider-Man hampir terjatuh dari ketinggian karena buta. Syukurnya, Daredevil datang tepat waktu dan berhasil menyelematkan Spider-Man. Daredevil yang mengetahui bahwa sekarang sahabatnya buta seperti dia, langsung mengajarinya beberapa saran.

Merasa sarannya tidak terlalu berhasil pada Spider-Man, Daredevil kemudian punya ide lain untuk membawa Spider-Man untuk memeriksakan matanya pada Dr. Orlock. Saat Dr. Orlock memeriksa mata Spider-Man, dia tidak yakin bisa menyembuhkan kebutaannya. Sebagai sahabat Spider-Man, Daredevil sekali lagi menyemangatinya dan mengajaknya mencari Masked Marauder untuk mencari jawaban. Berkat Spider-sense dan pelacak yang sempat ditempelkan pada Masked Marauder, akhirnya mereka menemukannya dan mengalahkannya. Bukan hanya itu, pengelihatan Spider-Man pun berangsur-angsur pulih kembali.

Di kisah terbaik Spider-Man dan Daredevil ini kita bisa melihat bahwa dengan kerja sama mereka berdua hampir semua masalah bisa mereka atasi. Pada dasarnya mereka berdua mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing, dan dengan bekerja sama mereka saling melengkapi satu sama lain. Spider-Man dengan Spider-Sensenya dan Daredevil dengan radar saktinya. Semoga saja kita bisa melihat kerja sama mereka lagi pada masa depan, khususnya di film Marvel Cinematic Universe mendatang yaitu Spider-Man: No Way Home yang rilis pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.