Bagi seorang bajak laut dalam cerita One Piece, nilai buruan adalah sesuatu yang menentukan apakah dia adalah seorang bajak laut yang kuat, apakah dia berbahaya, dan apakah dia mampu membawa ancaman besar bagi dunia. Semakin kecil nilainya, maka artinya bajak laut tersebut kurang mendapatkan perhatian Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Atau bisa juga karena aksi yang dia buat tidak begitu memancing kegaduhan dan dianggap bukan ancaman besar.

Namun, sebaliknya, semakin tinggi nilainya artinya Pemerintah Dunia dan angkatan laut semakin waspada dan juga semakin memperhatikan setiap apapun yang dilakukan oleh para buronan tersebut. Sejauh ini, Gol D. Roger masih memegang rekor sebagai bajak laut yang memiliki nilai buruan paling tinggi yaitu 5,564 milliar Belly. Nilai ini satu tingkat di atas Whitebeard yang memiliki nilai buruan 5.046 milliar Belly.

Sedangkan para Yonko lain menghiasi deretan selanjutnya, dengan rata-rata nilai buruannya adalah 4 milliar Belly. Tetapi, dibandingkan Yonko yang lain Blackbeard memiliki nilai buruan paling rendah. Setelah tewasnya Whitebeard di Marineford, Kaido saat ini menjadi sosok dengan nilai buruan paling tinggi di angka 4,611 milliar Belly, dan disusul oleh Big Mom dengan 4,388 milliar Belly.

Finally all yonko bounties revealed | One piece comic, Lecture en ligne, Lecture

Berbicara tentang nilai buruan, saat ini nilai buruan Luffy masih berada di angka 1,5 milliar Belly. Namun, dengan kekuatan yang dia miliki bukan tidak mungkin jika Luffy kemudian pada akhirnya akan memiliki nilai yang sama dengan yang dimiliki oleh Roger atau bahkan mungkin melampauinya. Luffy diprediksi akan menjadi bajak laut dengan nilai buruan paling besar sepanjang sejarah.

Eiichiro Oda, jika diperhatikan, sepertinya senang dengan angka 5 dan 6, karena dalam bahasa Jepang kedua angka tersebut jika digabungkan bisa kemudian membentuk kata “Gomu”. Jadi, Oda mungkin akan membuat nilai buruan akhir Luffy di angka 5.600.000.000 Belly. Angka 5 dan 6 selalu muncul dalam cerita. Contohnya adalah angka yang digunakan Luffy pada saat di koloseum dalam arc Dresrossa adalah 0556.

Jumlah keseluruhan dari kru bajak laut yang bergabung atau beraliansi dengan Monkey D. Luffy pun kurang lebih berjumlah 5600 orang (sekarang berjumlah 5640 dan bisa jadi berakhir di angka 5656). Masih ada beberapa petunjuk lainnya yang memperlihatkan jika Oda senang dengan angka tersebut.

Kemungkinan peningkatan angka buruan ini masih mungkin akan terjadi, mengingat saat ini Luffy sendiri sedang berada di Onigashima bertarung melawan dua Yonko sekaligus yaitu Kaido dan Big Mom. Meski pun ada teori yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan Luffy dan aliansinya akan kalah dalam pertarungan ini, namun pada akhirnya mereka akan memenangkan pertempuran epik itu.

Pasca kemenangan tersebut, bisa dipastikan bahwa nilai buruan Luffy (dan semua kru Topi Jerami) akan meningkat drastis. Kemungkinan ada di angka 2-3 Milliar Belly. Tetapi, bisa juga nilai buruan Luffy langsung melompat tinggi mengingat dia mampu mengalahkan sosok paling kuat di dunia saat ini seperti yang dibahas di artikel lainnya. Lagipula, pada dasarnya Luffy adalah karakter protagonis utama dalam seri ini jadi kemungkinan besar bahwa nilai buruan Luffy akan sangat besar. Kita nantikan saja ya Geeks berapa angka pasti buruan Luffy di akhir cerita nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.