Hampir di masing-masing arc dalam seri manga One Piece memiliki variasi dan sangat berbeda dari segi setting, estetika, dan juga tone ceritanya. Bagaimana kemudian Oda Sensei mau untuk merubah hal atau menghadirkan sesuatu yang berbeda di hampir setiap arcnya, menjadi salah satu alasan mengapa kemudian One Piece masih bertahan sampai sekarang dan memiliki banyak peminat.

Mulai dari Thriller Bark, sebuah pulau mengapung yang dipenuhi monster, zombie, dan hantu, sampai pulau Amazon Lilly yang semuanya wanita bahkan Wano, wilayah yang paling terisolir dan sangat tradisional, semuanya ada di seri One Piece. Namun, dengan ceritanya yang masih berlangsung sampai saat ini, tentunya tidak menutup kemungkinan akan hadirnya tema atau estetika lainnya. Dan berikut adalah tema atau estetika selanjutnya yang bisa muncul di seri One Piece.

Wild West

Salah satu tema yang cukup banyak dinantikan adalah arc yang memiliki tema Wild West atau barat kuno. Dalam arcnya nanti kita mungkin akan melihat kelompok Topi Jerami di sebuah wilayah antah berantah dengan berbagai tema barat, seperti munculnya para koboi, atau Luffy mungkin terlibat dalam momen pencurian kereta api. Meski pun settingnya belum pernah muncul, tetapi tema ini sempat diperlihatkan di luar seri One Piece.

Pada 1992, ketika Oda Sensei masih SMA, dia sempat mengirimkan one-shot miliknya untuk penghargaan 44th Tezuka Award. Ini menjadi jalan Oda untuk memulai debutnya sebagai penulis manga. Tema dari manganya sendiri merupakan wild west dan berjudul Wanted! yang berfokus pada sosok penjahat yang baik bernama Gill Bastar. Gill sendiri berusaha kabur dari para pemburu bayaran yang mengincar nyawanya.

One-shot ini kemudian dipublikasikan dalam sebuah koleksi tankobon dari one-shot yang pernah dibuat oleh Oda sebelumnya. Koleksi ini kemudian diberi nama sesuai manga pertama yang Oda buat tersebut. Yang juga menarik adalah Oda Sensei merupakan penggemar tema Barat. Salah satu film favoritnya adalah Young Guns, film biografi tentang Billy the Kid.

Eropa Abad Pertengahan

Dunia dalam cerita One Piece diisi oleh berbagai kerajaan, monarki, dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan kerajaan. Namun, sampai saat ini kita masih belum melihat kerajaan yang bersifat “tradisional.” Para kru bajak laut Topi Jerami pergi ke sebuah pulau yang di dalamnya terdapat sebuah kerajaan, ksatria berbaju zirah, dan petualangan yang epik dan unik.

Ini bisa menjadi alasan bagi Oda Sensei untuk menggambar lebih banyak naga seperti di Punk Hazard atau di arc Wano sekarang. Para fans akan melihat bagaimana Luffy dan kru Topi Jerami berpetualang seperti ksatria zaman dahulu, dan hal ini tentunya akan membuat mereka senang. Usopp akan menjadi seorang pemanah yang ulung, dan menarik melihat bagaimana Zoro menggunakan tekniknya dengan menggunakan baju zirah.

Kerajaan Bawah Tanah

Kelompok Topi Jerami sudah pernah pergi ke berbagai lautan, pergi ke pulau langit, atau pergi ke wilayah terdalam lautan yang ada di pulau manusia ikan. Salah satu tempat yang menarik yang bisa menjadi tema arc selanjutnya adalah pergi ke bawah tanah alias pergi ke kerajaan bawah tanah. Luffy dan yang lain secara tidak sengaja akan pergi ke sebuah kerajaan yang ternyata ada di bawah permukaan tanah.

Tema tentang dunia di bawah permukaan tanah merupakan salah satu tema unik yang menarik untuk dieksplor lebih lanjut. Hal ini juga bisa menjadi jalan bagi para fans untuk bertemu dengan sebuah peradaban maju yang hilang, seperti film Disney, Atlantis: The Lost Empire. Kita bisa mengharapkan adanya berabagai keunikan, seperti hewan penggali tanah yang epik. Mungkin di kerajaan bawah tanah ini juga kita bisa menemukan sebuah Poneglyph yang bisa dibaca oleh Robin.

Steampunk

Arc atau cerita yang bertema Steampunk juga tidak akan akan kalah menarik dengan tema tentang dunia bawah tanah. Ini akan menjadi sebuah perubahan yang sangat radikal dalam seri One Piece. Di sisi lain, tema tentang Steampunk akan menjadi kesempatan bagi anggota kru Topi Jerami yang sangat sangat teknikal – seperti Franky dan Usopp – untuk mendapatkan fokus lebih.

Franky mungkin akan mendapatkan desain baru untuk form Franky General miliknya, atau mungkin kita juga bisa melihat Usopp dengan berbagai penemuan atau alat-alat barunya. Dan dengan tema Steampunk ini, mungkin kita akan melihat cerita seperti di film Mad Max, atau berbagai hal menarik dan unik lainnya.

Neon Skyscrapper

Mungkin ini adalah salah satu tema yang cukup gila dari tema yang ada di daftar ini. Dengan populernya dan masifnya tema tetang cahaya neon pada malam hari, berkat game Cyberpunk 2077 dan berbagai referensi lainnya, tentunya akan sangat menarik jika tema tersebut pun diadaptasi dalam cerita One Piece. Luffy dan kelompok Topi Jerami akan berada di klub malam, bertarung dengan sekelompok geng atau sindikat kriminal, dan sebagainya.

Meski pun terdengar menyenangkan, satu hal yang menjadi halangan adalah setting cerita One Piece bukanlah pada masa depan atau pada masa modern. Namun, bukan berarti Oda sensei tidak bisa berkreasi atau beradaptasi dengan setting cerita One Piece saat ini. Oda Sensei bisa menyesuaikan bagi dari segi latar cerita atau menghadirkan elemen-elemen dari Neon Skyscrapper ini.