Dalam seri manga Boruto: Naruto Next Generation, para fans sudah sering kali mencoba untuk menebak dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan situasi pada masa yang akan datang di Konoha. Seperti yang Geeks ketahui, di awal serinya diperlihatkan bagaimana Kawaki dan Boruto dewasa saling bertarung satu sama lain. Konoha sendiri diperlihatkan sudah rata dengan tanah.

Dalam momen tersebut, para fans sendiri banyak yang berasumsi bahwa Kawaki adalah orang yang sudah menghancurkan Konoha dan juga sosok yang sudah membunuh Naruto. Melihat bagaimana Kawaki sebelumnya, saat dia berada di bawah kendali Isshiki dan Kara, kejadian pada masa yang akan datang tersebut mungkin dirasa masuk akal.

Tetapi, pada kenyataanya sekarang Kawaki sudah berubah. Kawaki bukan hanya berhasil berubah menjadi lebih baik, namun juga dia sekarang sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh Naruto. Kawaki pun bahkan menganggap Naruto sebagai figur ayah yang selama ini tidak pernah ada dalam hidupnya. Di sisi lain, hubungannya dengan Boruto pun seperti layaknya seorang saudara.

Inilah yang kemudian membuat banyak memunculkan pertanyaan di kalangan fans, apa yang sebenarnya membuat Kawaki kembali menjadi jahat, mengingat bagaimana motivasinya yang begitu tinggi untuk melindungi Naruto. Adanya “koneksi” Otsutsuki diantara mereka berdua mungkin yang menjadi penyebab mengapa Kawaki kembali berubah menjadi penjahat.

Hal ini diperlihatkan ketika Kawaki berusaha kabur dari rumah Naruto dan ninja pengawas, setelah berhasil menghilangkan chakra identitas (chakra signature) miliknya. Masih belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh Kawaki atau ke mana dia pergi. Hanya bayangan miliknya yang kemudian ditinggalkan di rumah, untuk menutupi jejak kepergiannya.

Meski pun begitu, pada kenyataanya Boruto menjadi satu-satunya orang yang bisa merasakan chakra atau keberadaan dari Kawaki. Boruto masih bisa merasakan chakra Kawaki menjauh dari rumah. Koneksi intrinsik ini sebenarnya bisa menjadi jalan masuk bagi Momoshiki yang ada di dalam tubuh Boruto untuk kemudian pindah ke sosok Kawaki, yang diketahui jauh lebih sempurna sebagai wadah.

Jika Boruto mampu membuka pikiran dari Kawaki dan Momoshiki mampu mengambil alih tubuh Boruto, maka ada kemungkinan atau kesempatan bagi Momoshiki untuk pindah ke tubuh Kawaki. Dengan prosesnya yang sudah 80% Momoshiki bisa dengan leluasa memanipulasi segel karma Isshiki di dalam tubuh Kawaki, dan kemudian menimpanya dengan DNA miliknya.

Jika kemudian skenarionya seperti itu, maka sosok Otsutsuki yang ada di dalam tubuh Kawaki pada masa yang akan datang adalah Momoshiki Otsutsuki – dan Boruto tidak tahu tentang hal ini. Seri manga Boruto sendiri sepertinya masih belum memiliki aturan pasti mengenai Karma, untuk saat ini. Artinya bukan tidak mungkin akan ada perkembangan atau perubahan baru yang muncul di tengah jalan.

Meski pun Momoshiki kemudian tidak bisa sepenuhnya menguasai Kawaki, mungkin Kawaki bisa mencari cara bagaimana caranya menyerap atau memanfaatkan kekuatan Momoshiki dan kemudian dia pun berubah menjadi jahat – seperti yang terjadi kepada Sasuke dahulu. Hal ini akan membuat rivalitas Boruto dan Kawaki menjadi sempurna (full circle) karena bukannya bertujuan untuk mencari kekuatan dan jahat seperti sasuke, perubahan Kawaki ini diakibatkan justru karena keinginannya untuk melindungi Konoha dan para penduduknya.

Boruto: Naruto Next Generations Chapter 61 English - Mangafast

Dengan Momoshiki yang mengetahui bagaimana pergerakan dari Kawaki dan dia ada di dalam pikirannya – ditambah lagi Momoshiki bisa mengendalikan tubuh Boruto – ini seolah mendukung asumsi para fans sebelumnya bahwa Kawaki mungkin yang menjadi sosok villain di balik peristiwa mengerikan itu. Madara menggunakan Obito untuk memuliskan rencananya, namun Kaguya Otsutsuki yang mengatur semuanya.

Momoshiki mungkin bisa menghadirkan peran yang sama di seri ini, sebagai dalang dari kerjadian mengerikan yang terjadi di Konoha. Satu hal lainnya yang mendukung teori tersebut, jika kemudian Momoshiki berusaha untuk mengendalikan Kawaki, Momoshiki masih bisa mengorbankan Boruto untuk menjadi tumbal pohon suci dan menikmati buah Chakra.