Ancient Kingdom merupakan kerajaan yang cukup terkenal selama Void Century hingga sekarang. Banyak rumor mengatakan bahwa Ancient Kingdom telah dihancurkan oleh sebuah kelompok untuk menyelamatkan dunia. Kelompok tersebut sekarang memiliki nama Pemerintahan Dunia. Ancient Kingdom terkenal cukup jahat di masa lalu karena stigma buruk dari Pemerintah Dunia.

Namun kurangnya informasi sejarah, membuat banyak informasi Ancient Kingdom tidaklah lengkap seperti letak geografis, penghuninya, dan kejahatan apa yang telah dilakukan oleh mereka. Bagi Pemerintah Dunia, mempelajari sejarah asli mengenai Void Century merupakan sebuah tindakan kriminal, jadi banyak orang yang takut untuk mencari tahu kebenarannya.

Baru-baru ini muncul sebuah teori baru yang mengatakan bahwa bisa jadi Ancient Kingdom terletak di salah satu pulau yang pernah didatangi Luffy sebelum timeskip. Pulau itu bernama Jaya dan sebagian wilayahnya telah terangkat ke langit akibat fenomena alam bernama Knock Up Stream. Secara keseluruhan bentuk pulau ini mirip seperti tengkorak, hanya bagian giginya yang saat ini tersisa dari pulau Jaya, sedangkan sisanya berada di atas langit dan memiliki nama baru pulau Skypiea.

Jika kedua pulau ini digabungkan dalam peta akan menunjukan bentuk tengkorak cukup aneh. Hanya mata sebelah kanan saja yang tersisa sedangkan mata sebelah kiri nampak lenyap, dan ada lubang aneh. Sebuah teori menyebutkan bahwa mungkin lubang itu dulunya berisi lokasi dari Ancient Kingdom berasal. Lantas apa bukti yang menunjukan bahwa di lubang itu dulu berisi Ancient Kingdom?

Bukti pertama adalah judul serial ini yaitu One Piece yang secara harfiah memiliki makna satu potongan. Bisa jadi maksud dari kata One Piece mengarah pada satu bagian hilang dari pulau Jaya yaitu bagian mata kiri tengkoraknya. Secara keseluruhan bentuk tengkorakĀ  pulau Jaya cukup sempurna, namun hadirnya lubang di mata sebelah kiri membuat bentuk pulau jaya tidak sempurna.

Lantas bagaimana potongan itu bisa hilang? Mungkin sebelum sebagian besar pulau Jaya terangkat ke langit, wilayah mata kiri itu telah terkena Knock Up Stream terlebih dahulu. Namun bagian mata kiri itu tidak terangkat ke langit melainkan terlempar ke sebuah wilayah yang berbeda dan cukup tersembunyi. Wilayah itulah letak berdirinya Ancient Kingdom, dan nampaknya wilayah itu juga memiliki hubungan cukup dekat dengan One Piece.

Oda sempat memberikan clue mengenai “mata kiri” di cover volume 27 dan 24. Di cover 27 Oda menggambarkan mata kiri Luffy yang sedang tertutup, dan di cover 24 Oda menggambar mata kiri Robin yang juga tertutup. Nampaknya clue ini mengartikan bahwa mata kiri yang hilang dari tengkorak pulau Jaya adalah tujuan kelompok bajak laut Topi Jerami yaitu One Piece.

Kesimpulannya wilayah Ancient Kingdom itu mungkin saja adalah Laugh Tale sebab semua informasi yang valid mengenai Void Century hanya ada di wilayah Ancient Kingdom. Terbukti Roger selaku orang pertama yang sampai di One Piece, bisa memiliki pengetahuan baru mengenai semua misteri yang terjadi di masa lalu seperti Joy Boy, Void Century, Will of D, dan lain-lain.

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.