Wano masih menyimpan cukup banyak misteri yang masih belum terjawab, terutama misteri Zoro. Di chapter 1024 Kawamatsu dan kakek Hyogoro mengatakan bahwa Zoro mirip seperti Shimotsuki Ushimaru yang merupakan salah satu mantan Daimyo di Wano. Keahlian berpedang yang dimiliki Zoro juga dikatakan mirip seperti Ushimaru, seperti kacang dalam satu kulit.

Selain Zoro, ada satu orang terdekat Zoro yang nampaknya juga memiliki hubungan dengan Wano, yaitu guru Dojo Zoro. Saat Zoro pertama kali bertemu dengan Tenguyama Hitetsu dan memperlihatkan pedang pemberian Kuina, Tengu mengatakan bahwa pedang itu adalah Wado Ichimonji dan merupakan karya dari seorang ahli pembuat pedang bernama Shimotsuki Kozaburo.

Kozaburo merupakan pengelana dari Wano dan suka mengelilingi banyak tempat. Suatu ketika ada kabar yang mengatakan bahwa Kozaburo menyelamatkan sebuah desa di East Blue dari kumpulan bandit. Sebagai tanda balas budi, para penduduk memberikan Kozaburo sebuah rumah dan bisa tinggal di desa tersebut untuk waktu yang sangat lama. Konon kabarnya Kozaburo akhirnya berkeluarga dan memiliki keturunan hingga cucu yang juga ahli pedang.

Berbeda dengan Kozaburo, keturunannya lebih ahli dalam ilmu berpedang dari pada membuatnya. Itulah sebabnya keturunan Kozaburo mendirikan sebuah dojo agar anak-anak kecil dan pemuda di desa itu bisa berlatih menggunakan pedang dengan baik. Mungkin keturunan dari Kozaburo sebenarnya adalah Koushirou guru Dojo Zoro. Keahlian yang dimiliki Koushirou sangat luar biasa, dia terbukti bisa melindungi desanya dari dulu hingga sekarang dari bandit gunung yang terkadang menggagu ketenangan warga.

Ilmu berpedang yang dimiliki Koushirou diturunkan pada mendiang Kuina anaknya sendiri dan merupakan teman masa kecil Zoro, gadis ini tumbuh sebagai calon pendekar pedang yang terampil sejak dini. Namun sayangnya Kuina mati karena terjatuh dari tangga ketika masih kecil, sejak saat itu Zoro berjanji akan menjadi pendekar pedang terhebat di dunia demi memenuhi impian Kuina yang belum terwujud.

Tanda bahwa Koushirou keturunan dari Kozaburo adalah lambang di baju yang dia gunakan. Lambang itu bergambarkan dua pedang yang membentuk silang, bentuk itu adalah lambang dari klan Shimotsuki yang sangat dibanggakan di Wano. Pedang Wado Ichimonji yang sebelumnya dimiliki oleh Kuina, juga membuktikan dia adalah cucu kesayangan Kozaburo si pembuat pedang tersebut. lantas bagaimana menurut kalian, apakah guru Zoro benar-benar memiliki garis keturunan dari Wano?

Avatar
seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.