Superman dan Shazam adalah dua karakter superhero DC yang kekuatannya tidak diragukan lagi. Sebagai superhero dan juga sesama anggota Justice League, banyak penggemar yang penasaran apa yang akan terjadi jika mereka berdua disatukan, mengingat kekuatan besar mereka bisa dengan mudah menghancurkan sekitarnya. Sementara beberapa kisah di DC Comics memperlihatkan mereka berdua bertarung, ada satu kisah menarik yang justru malah menggabungkan Superman dan Shazam menjadi seorang superhero yang jauh lebih kuat lagi. Dan hasil gabungan mereka sangat mengejutkan!

Berbeda dengan Superman yang pada dasarnya memang kuat, Shazam sebenarnya hanya seorang anak kecil bernama Billy Batson, yang bisa berubah menjadi superhero dewasa jika mengatakan kata sakti “Shazam”. Jika efek pada manusia biasa saja bisa mengubahnya menjadi superhero, apa yang akan terjadi di Superman mengatakan kata “Shazam”? Kisahnya terjadi di Action Comics Vol 1 #768 karya penulis Joe Kelly dan ilustrator Duncan Rouleaupada tahun 2000. Saat sebuah kekacauan terjadi di Metropolis, Superman yang mendengar hal tersebut langsung mencari tahu siapa yang menyebabkan kekacauan, sebelum akhirnya dia kaget ternyata itu semua karena ulah keluarga Shazam.

Dia melihat Mary Batson dalam wujud Mary Marvel dan Freddy Freeman dalam wujud Captain Marvel Jr., sedang mengacau di Kota Metropolis. Merasa ada yang aneh, Superman langsung menyadari bahwa keluarga Shazam telah disihir oleh seseorang sehingga memaksa mereka mengeluarkan seluruh kemampuannya tanpa sebab. Mary Marvel menjadi sangat pemarah, Captain Marvel Jr. berlari terus tanpa berhenti, dan Shazam alias Captain Marvel hanya tersisa mulut dan dagunya saja. Melihat hal itu kemudian mereka terbang ke tempat awal terjadinya masalah, yaitu ke Kota Fawcett, dan menemukan kodok raksasa.

Kodok raksasa itu yang telah menyebabkan keluarga Marvel bertindak aneh, termasuk menyebabkan Shazam hanya tersisa mulut dan dagunya yang tidak berhenti mengucapkan “Superman”. Mereka semua, termasuk Superman, kemudian mencoba mengalahkan kodok raksasa tersebut, tetapi tidak berhasil. Superman yang menyadari bahwa usaha mereka sia-sia, langsung berpikir untuk begabung dengan Shazam.

 

Dia kemudian memegang mulut Shazam dan mengatakan “Shazam”, seketika mereka berdua bersatu dan menjadi superhero yang sangat kuat. Berhasil masuk ke dalam mulut kodok tersebut dan menemukan dewa Mesir Heqt di dalamnya. Super Shazam kemudian menggunakan kebijaksanaan Solomon untuk bernegosiasi dengan dewa Heqt, karena pada dasarnya dewa Heqt hanya marah karena manusia sering melakukan percobaan pada kodok. Setelah dewa Heqt mengerti, akhirnya mereka pun mengakhiri pertarungan dengan damai.

Walaupun gabungan mereka tidak berlangsung lama, tetapi karena kejadian singkat tersebut, Superman menyadari bahwa sahabatnya ini tidak bisa sianggap remeh. Karena ketika dirinya dirasuki Shazam, dia merasakan kekuatan besar mengalir di tubuhnya, ditambah lagi dengan kebijaksanaan Solomon yang ditunjukan oleh Shazam membuat Superman mulai memandang sahabatnya ini dengan cara berbeda. Kita nantikan saja kisah gabungan mereka berikutnya, atau mungkin Shazam bisa bergabung dengan superhero lainnya. Sepertinya akan sangat menarik ya, Geeks!

Avatar
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.