Selalu ada hal menarik jika kita membahas tentang sosok Monkey D. Dragon. Pemimpin dari Pasukan Revolusi dan juga ayah dari Luffy ini, merupakan sosok yang sangat misterius. Meskipun sudah beberapa kali muncul di dalam cerita, tidak banyak yang diketahui tentang sosok ini. Kita juga tidak tahu bagaimana Dragon memulai Pasukan Revolusi, mengapa dia meninggalkan Luffy, dan sebagainya.

Dan jika berbicara mengenai asal-usul Luffy dan Dragon, selalu ada berbagai teori menarik yang muncul di kalangan fans mengenai hal ini. Salah satunya adalah bagaimana orang tua Dragon kemungkinan berasal dari Wano. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Menurut teorinya, hal ini ada kaitannya dengan kaburnya kaln Shimotsuki dari Wano sekitar 55 tahun yang lalu.

Seperti yang kita ketahui, berdasarkan dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, sekelompok penduduk Wano kabur dari Wano dan pergi menuju East Blue sekitar 55 tahun yang lalu. Salah satu diantaranya adalah Shimotsuki Kozaburo yang merupakan ayah dari Koushiro dan kakek Kuina, yang kemudian menjadi pendiri dari desa Shimotsuki, tempat Roronoa Zoro tumbuh.

Kita tahu bahwa desa Shimotsuki sangat dekat dengan desa Fusha atau kerajaan Goa (di mana Dragon dikonfirmasi lahir di desa tersebut ketika dia bertemu dengan Sabo). Dragon saat itu pergi ke sana untuk mengisi ulang perbekalan dan sekaligus membantu para korban yang selamat di wilayah Terminal Gray, wilayah kumuh yang dibakar oleh para kaum bangsawan.

Monkey D. Dragon sendiri usianya saat ini adalah 55 tahun, artinya dia lahir di tahun yang sama ketika para imgiran atau penduduk Wano yang kabur tiba di East Blue. Ketika Oda Sensei menghadirkan informasi dengan sangat detail, bahkan menghadirkan tahunnya, maka ada kemungkinan besar bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting.

Kemudian, tato yang ada di wajah Dragon sangat mirip dengan simbol yang ada di kimono milik Shimotsuki Ryuma. Yang menarik adalah di motif kimono Ryuma terdapat kanji dari kata “naga.” Timelinenya benar-benar sesuai dengan sebuah cerita di mana seorang wanita dari Wano bertemu Monkey D. Garp dan kemudian memiliki anak 55 tahun lalu.

Anak tersebut kemudian diberi nama Dragon karena sosok naga merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kebudayaan Wano. Hal lainnya seolah mendukung teori tersebut, seperti Wano merupakan satu-satu negara atau wilayah yang tidak terafiliasi dengan Pemerintah Dunia. Tato yang ada di wajahnya pun kemungkinan sebagai bentuk pengormatan terhadap warisan leluhurnya.

Terakhir, teorinya sendiri menyebutkan bahwa berdasarkan informasi yang diberikan oleh Oda Sensei, jika Luffy ada di dunia nyata maka dia berasal dari Brazil. Brazil sendiri merupakan salah satu negara imigran terbesar yang ada di Jepang. Ada kurang lebih sekitar 2 juta orang Brazil yang tinggal di Jepang. Jika kemudian teorinya benar, maka hal tersebut akan menjadi sebuah bentuk referensi yang menarik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.