Rasanya mungkin Geeks sudah tahu bahwa One Piece merupakan seri manga karya Eiichiro Oda yang berfokus pada tema tentang bajak laut. Ada banyak karakter yang diperkenalkan di serinya, dan hampir sebagian besar memiliki maksud dan tujuan yang sama. Tidak lain adalah mencari keberadaan harta karun yang dijanjikan oleh Roger, menemukan One Piece, dan menjadi raja bajak laut.

Meski pun ada banyak karakter yang sangat menggambarkan sosok bajak laut, namun pada kenyataanya ada juga karakter yang justru jauh dari gambaran bajak laut yang kita ketahui. Entah karena mereka terlalu baik atau justru karena sifat dan perilaku mereka. Satu hal dari para karakter tersebut yang membuat mereka mirip dengan bajak laut adalah mereka sama-sama diburu angkatan laut. Lalu, siapa saja mereka?

Bellamy

Bellamy merupakan karakter yang pertama kali diperkenalkan di arc Jaya. Bellamy the Hyena adalah mantan kapten dari kelompok bajak laut Bellamy. Sama seperti sang kapten, kelompok bajak laut Bellamy berusaha untuk menjadi sosok yang “berbeda” dari para bajak laut di era New Age ini, di mana dia meyakni bahwa para bajak laut tidak perlu lagi bermimpi mencari keberadaan One Piece dan justru lebih baik fokus mencari harta di sekitar mereka.

Kurangnya ambisi dari sosok Bellamy ini kemudian diperlihatkan lagi di arc Dressrosa, di mana dia justru lebih tertarik bergabung dengan kelompok bajak laut Doflamingo dibandingkan mencari harta karun. Rasanya sulit dipercaya ada bajak laut yang tidak tertarik terhadap harta karun atau emas, dan bagaimana dia lebih senang menghancurkan mimpi orang lain pun sukar dipercaya.

Buggy

Buggy si badut merupakan kapten dari kelompok bajak laut Buggy. Sebelum menjadi kapten kelompok bajak laut, dia dulunya adalah kru biasa di kapal Roger bersama Shanks. Tetapi, setelah kru Roger dibubarkan Buggy mulai membangun namanya sendiri membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Buggy sendiri sangat tergila-gila dengan bajak laut dan harta, serta kekuasaan juga kepopuleran.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan motif dan juga ambisi dari Buggy. Yang mungkin berbeda dan aneh adalah bagaimana penampilannya. Sesuai namanya, Buggy justru memiliki penampilan yang aneh dan lucu, yang bahkan Whitebeard sendiri menyebutnya dengan “sosok lucu berhidung merah.” Sering kali Buggy melampaui berbagai hal akibat keberuntungannya.

Kuro

Kelompok bajak laut Kucing Hitam adalah kelompok bajak laut dari East Blue yang dipimpin oleh Kuro. Kuro adalah sosok kapten yang selalu berpikir bahwa krunya tidak lain adalah sebuah boneka yang bisa dia atur seenaknya. Kelompok ini benar-benar kejam dan serakah, dua hal yang mungkin menggambarkan kelompok bajak laut ini.

Namun, yang membuat Kuro tidak seperti seorang bajak laut adalah bagaimana dia mewujudkan mimpinya. Dia justru menyamar menjadi pelayan pribadi Kaya di desa Syrupp, sehingga dia bisa memanipulasi dan mendapatkan keuntungan dari keluarga tersebut. Seorang bajak laut biasanya langsung menyerang targetnya secara terbuka tanpa harus melakukan penyamaran.

Foxy

Rasanya sosok Foxy memang merupakan salah satu bajak laut yang tidak biasa yang ada di seri One Piece. dibandingkan menjadi dan berburu harta karun, bertempur dengan pihak Pemerintah Dunia, atau menyerang desa-desa, yang menjadi minatnya justru menantang kelompok bajak laut lainnya dalam sebuah permainan dan kemudian mencuri anggota kru mereka.

Tidak ada alasan pasti dan tidak juga diketahui apa sebenarnya maksud dari Foxy mengadakan permainan tersebut, selain untuk memenuhi ego miliknya. Yang juga aneh adalah bagaimana Foxy memiliki tubuh yang sangat kurus, dan mentalnya pun sangat rapuh. Dia akan “hancur” ketika ada orang yang mengejek penampilannya. Hal ini yang kemudian dimanfaatkan kelompok Topi Jerami untuk mengalahkannya.

Fisher Tiger

Fisher Tiger merupakan sosok penting dalam cerita One Piece yang sayangnya kurang mendapatkan perhatian. Dia merupakan seorang manusia ikan yang memiliki keinginan untuk bisa berpetualang ke dunia luar dan belajar tentang kebudayaan dan apa yang sedang terjadi di dunia manusia. Namun, kenyataan buruk harus dihadapi oleh Fisher Tiger.

Dia harus ditangkap dan disiksa lalu kemudian dijual untuk dijadikan budak oleh para kaum naga langit. Mulai saat itulah dia kemudian bertekad untuk membebaskan diri dan membebaskan para budak lainnya yang ada di Mary Geoise. Dia kemudian membentuk kru bajak lautnya sendiri untuk menciptakan kebebasan bagi para budak kaum naga langit. Mungkin Fisher Tiger lebih cocok disebut sebagai gabungan antara bajak laut dan pasukan revolusi.

Dracule Mihawk

Mihawk merupakan mantan salah satu dari 7 raja lautan atau Shichibukai yang bekerja untuk angkatan laut. Mihawk bukanlah pemakan buah iblis. Kekuatannya berasal dari hasil kerja kerasnya sejak dulu. Kekuatan Mihawk sendiri ada pada kemampuan berpedangnya dan pedangnya sendiri, Yoru. Pedang Yoru merupakan salah satu dari 12 pedang terkuat yang pernah ada.

Terlepas dari reputasi tinggi yang dia miliki, cukup mengherankan juga mengapa Mihawk bisa disebut sebagai bajak laut. Pertama, dia lebih memilih untuk tinggal sendirian. Kedua, dia tidak memiliki armada atau kru. Ketiga, Mihawk pun sangat jarang berurusan dengan angkatan laut atau Pemerintah Dunia – kecuali saat ini di mana dia kembali diburu oleh angkatan laut.

Franky

Sebelum bertemu dengan kru Topi Jerami, Franky merupakan pemimpin dari kelompok Franky Family. Mereka adalah kelompok penjahat yang beraksi di Water Seven. Meski pun pada akhirnya dia bergabung dengan Luffy, sebenarnya Franky membenci bajak laut sedari kecil. Bahkan, ketika Franky bertemu dengan Oden, dia memilih untuk pergi karena dia membenci bajak laut.

Setelah sempat ragu-ragu untuk bergabung dengan Luffy, pada akhirnya dia pun mau ikut berpetualang bersama mereka. Melihat sikapnya Franky yang baik hati, sebenarnya Franky tidak terlalu cocok untuk menjadi bajak laut. Sebagai ahli kayu, Franky mungkin lebih cocok bekerja sama dengan Iceburg.

Yorki

Kelompok bajak laut Rumbar merupakan kelompok bajak laut yang berasal dari West Blue, yang seluruh awak kapalnya sudah lama tewas. Kelompok bajak laut Rumbar juga merupakan kru bajak laut milik Brook, sebelum kemudian dia bergabung dengan Topi Jerami. Kelompok bajak laut ini memiliki seorang kapten bernama Yorki. Yorki merupakan kapten pertama dari kelompok Rumbar.

Selain tidak memiliki bendera bajak laut, sejauh ini tidak ada hal yang membuat mereka bisa dianggap sebagai sebuah kru bajak laut. Bahkan, tidak diketahui apa saja kejahatan yang sudah mereka lakukan. Kelompok Rumbar justru berisi para musisi yang lebih senang berpesta dan tidak tertarik untuk bertempur dengan Pemerintah dan tidak tertarik dengan kekayaan. Misi mereka sendiri adalah menyebarkan kebahagiaan dan membawa senyuman kepada setiap anak.

Luffy

Rasanya sudah tidak terhitung berapa kali Luffy mengatakan tentang mimpinya untuk menjadi raja bajak laut. Namun, dibandingkan menjadi seorang bajak laut, Luffy sebenarnya lebih pantas disebut sebagai petualang. Kelompok Topi Jerami tidak pernah mencuri harta karun dari mereka yang tidak bersalah. Bahkan, mereka pun menolak hadiah yang diberikan kepada mereka.

Satu-satunya hal yang mungkin membuat Luffy dianggap sebagai bajak laut adalah bagaimana dia menyatakan perang terhadap angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Dia pun memiliki koneksi dengan Monkey D. Dragon, sang pemimpin Pasukan Revolusi. Luffy merupakan anak dari Dragon. Luffy juga sering kali menantang bajak laut lainnya, contohnya saat ini di mana dia bertarung menghadapi Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.