Dunia One Piece merupakan salah satu tempat yang paling unik, aneh, dan juga menyenangkan. Berbagai elemen menarik muncul di dunia bajak laut ini, seperti Haki atau pun buah iblis. Namun, yang menarik tentunya adalah bagaimana dunia di One Piece tersebut bisa terbentuk. Dalam ceritanya, kita dihadirkan berbagai hal yang cukup serius.

Geeks tentu mengenal tentang abad yang hilang. Abad yang hilang merupakan masa di mana semua orang tidak mengetahui apa pun apa yang terjadi pada masa itu – kecuali mereka yang ada di Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Kita juga tahu bahwa di dunia One Piece, teknologi cukup pesat berkembang. Dengan semua hal tersebut, berbagai pertanyaan pun kemudian muncul.

Apa yang sebenarnya terjadi sebelum era abad yang hilang? Apa yang terjadi ketika abad yang hilang muncul? Apa yang sebenarnya ditutupi oleh Pemerintah Dunia mengenai abad yang hilang? Mengapa kemudian mereka merahasiakan semuanya dari orang-orang? Semua pertanyaan tersebut sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri yang dinantikan jawabannya. Meski pun begitu, para fans sendiri mencoba untuk berteori mengenai hal ini.

Zaman Dahulu Sudah Maju?

Buah iblis menjadi bukti lain dari misteri besar dalam cerita One Piece yang belum terpecahkan. Banyak yang menduga bahwa buah iblis berasal dari pohon yang dimiliki oleh kaum naga langit dan lokasinya dirahasiakan. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa buah iblis berasal dari jiwa-jiwa pelaut yang kemudian masuk ke dalam buah dan menghasilkan kekuatan.

Namun, bagaimana jika sebenarnya buah iblis merupakan produk dari masa lalu, bahkan jauh sebelum abad yang hilang? Bagaimana jika upaya Vegapunk menciptakan buah iblis sebenarnya merupakan upaya untuk menciptakan ulang dari apa yang sudah ditemukan pada zaman dahulu? Dalam llmu pengetahuan di dunia nyata, terdapat sebuah istilah yang disebut Silurian Hypothesis.

One Piece: Enel Adalah Kunci Senjata Kuno Pluton? | GreensceneSilurian Hypothesis sendiri merupakan sebuah hipotesa atau dugaan yang mencoba membangun ulang teknologi dari zaman dahulu. Simpelnya, para peneliti atau ilmuwan pada zaman sekarang mencoba untuk mempraktikan beragam teknologi yang digunakan pada zaman dahulu. Tujuannya adalah untuk mencari tahu, apa kira-kira yang dilakukan oleh orang pada zaman tersebut, apa pekerjaannya, apa fungsinya, dan sebagainya.

Untuk konteks One Piece, kemungkinan Vegapunk yang ditugaskan untuk melakukan hal tersebut dengan proyek pembuatan buah iblis. Bagaimana jika sebenarnya orang-orang zaman sebelum abad yang hilang merupakan orang-orang yang jauh lebih cerdas dan maju dalam hal teknologi? Pluton, Poseidon, dan Uranus adalah contoh lain bagaimana orang-orang zaman dahulu sudah sangat maju dalam hal teknologi.

OnePiece- Articles and Theories : 25 Biggest Mysteries In OnepieceDalam cerita sampul God Enel, kita diperlihatkan bahwa ada penghuni di sana – bahkan bajak laut luar angkasa. Bagaimana kemudian mereka bisa berada di sana? Apakah mereka lahir di sana? Hal ini pun berkaitan dengan para penduduk Shandora, yang diduga berasal dari bulan yang kemudian turun ke bumi dan tinggal di pulau langit. Bisa dilihat ketika kru Topi Jerami berkunjung ke sana, teknologi yang digunakan pun berbeda.

Ketika Gol D. Roger mencapai Laugh Tale, dan dia tertawa membaca poneglyph tentang Joy Boy, Roger kemudian berkata bahwa dia berharap untuk bisa berada di era yang sama dengannya. Bagaimana jika Roger berharap hidup di zaman sebelum abad yang hilang, di mana kemajuan teknologi sangat pesat? Masa tersebut merupakan masa yang paling menyenangkan dibandingkan dengan eranya dahulu.

Mengapa Pemerintah Dunia Menutupi Semuanya?

Jika semua teknologi maju tersebut bisa berguna bagi seluruh orang yang ada di dunia, seharusnya tidak perlu ada yang dirahasiakan mengenai abad tersebut. Tetapi, pada kenyataanya justru sebaliknya. Pemerintah Dunia tidak mau ada orang lain yang kemudian mengetahui tentang kemajuan teknologi zaman dahulu. Mungkin pihak Pemerintah Dunia tidak ingin teknologi tersebut ditirukan oleh orang lain.

Mereka berharap untuk menyimpan semua informasi tersebut sendiri. Dengan berbagai informasi-informasi tersebut, Pemerintah Dunia kemudian meminta Vegapunk untuk melanjutkan atau menirukan teknologi yang mungkin sempat ada pada zaman dahulu. Inilah mungkin alasan Vegapunk menghabiskan banyak waktu dalam hidupnya untuk melakukan berbagai penelitian terutama buah iblis.

Inikah Inspirasi Oda Ciptakan Im Sama di One Piece? | GreensceneDr. Vegapunk bisa dibilang merupakan sosok yang netral. Dia tidak jahat atau pun tidak baik. Dia adalah sosok yang memang fokus pada teknologi. Siapa pun yang bisa memenuhi kebutuhannya dalam hal penelitian, maka dia akan memilih pihak tersebut. Pemerintah Dunia memiliki sumber daya yang sangat banyak dan hampir tidak terbatas. Ini yang bisa jadi alasan mengapa Vegapunk memilih untuk bersama Pemerintah Dunia.

Dengan semua informasi tentang rahasia dunia, Pemerintah Dunia sekarang memiliki jabatan yang paling tinggi. Mereka semua menjadi sosok yang mengatur para manusia di dunia One Piece. Selain tidak ingin orang lain mengetahui tentang teknologi maju pada masa lalu, Pemerintah Dunia juga sepertinya ingin memonopoli semua informasi yang ada.

Joy Boy Berasal Dari Luar Bumi?

Nama Joy Boy sudah sejak lama muncul dalam cerita One Piece. Banyak perdebatan mengenai sosok ini, seperti apakah Joy Boy benar-benar seseorang atau hanya sebuah titel saja. Jika merunut pada penjelasan di atas, ada kemungkinan Joy Boy bukan berasal dari bumi. Bisa saja Joy Boy berasal dari planet lain atau dari masa yang memang memiliki teknologi yang maju, yang mana membuat Roger berharap dia ada pada masa itu.

One Piece: Fakta dan Teori dari Joy Boy Terungkap - EkstensiumBisa jadi juga Joy Boy berasal dari era sebelum abad yang hilang, dengan berbagai teknologinya yang maju dan berbagai hal menarik yang ada pada masa itu. Untuk saat ini, para fans hanya bisa berteori dan berasumsi mengenai mengapa Roger sangat ingin berada di era yang sama dengan Joy Boy. Apakah karena Joy Boy berada pada masa yang menyenangkan dengan berbagai teknologi maju dan modern? Kita nantikan saja jawaban pastinya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.