Geeks pasti masih ingat dengan pertempuran besar di Marineford? Arc Marineford ini sempat menjadi arc story yang fenomenal dengan menghadirkan sebuah pertarungan besar berbagai pihak mulai dari Whitebeard dengan pasukannya, Luffy, Crocodile, pasukan revolusi, dan angkatan laut. Dalam arc tersebut sejarah baru dimulai, dengan ditandai oleh tewasnya Whitebeard juga Ace.

Di akhir pertempuran, muncul sosok yang tidak diduga yang sengaja datang ke Marineford untuk menghentikan pertempuran yang sudah mengakibatkan banyak korban luka. Dia adalah Shanks si rambut merah. Tetapi, kemunculan Shanks di Marineford menjadi sebuah pertanyaan besar bagi para fans. Ketika Shanks datang, para pasukan angkatan laut pun benar-benar sangat kaget.

Pasalnya menurut penuturan mereka, Shanks beberapa hari sebelumnya diketahui sedang bertarung melawan Yonko lainnya yaitu Kaido. Dan tidak butuh waktu lama untuk Shanks tiba di Marineford dan menghentikan pertempuran tersebut. Inilah yang membuat para fans penasaran mengenai pertarungan tersebut dan masih menjadi misteri sampai saat ini. Beruntung Oda mungkin sudah memberikan petunjuk lebih lanjut mengenai hal itu.

Dalam Vivre Card terbaru disebutkan bahwa King bersama Kaido pada saat dia mencoba untuk pergi ke Marineford. Sekilas informasinya mungkin terdengar biasanya saja, namun sebenarnya ada detail penting yang rasanya tidak banyak disadari. Informasi di Vivre Card menyebutkan bahwa Kaido hanya membawa King, atau bisa jadi King yang memutuskan untuk ikut bersama Kaido. Hal ini dikarenakan Kaido tidak membutuhkan kru yang banyak untuk pergi ke Marineford.

Mengapa? Kemungkinan karena kondisi geografis Wano yang terisolasi, di mana seperti yang kita ketahui, bahwa wilayah Wano menjadi wilayah yang sulit untuk mendapatkan informasi dari dunia luar. Mungkin Kaido terlambat untuk menerima informasi mengenai perang besar di Wano, dan karena hal ini juga Kaido tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan pasukan dan armada miliknya.

Kaido harus segera pergi ke Marineford karena itu merupakan kesempatan terakhir baginya untuk menghabisi Whitebeard, menghancurkan para admiral, Sengoku, dan seluruh markas angkatan laut. Mengingat waktu yang terbatas, Kaido mungkin akan memilih terbang dalam form naga miliknya. Dan King merupakan satu-satunya komandan kelompok Beast yang memiliki kemampuan terbang. Sehingga rasanya memang masuk akal jika hanya King yang kemudian ikut ke Marineford.

Dalam Vivre Card juga sempat disebutkan bahwa Kaido belum lagi bertarung menghadapi lawan yang seimbang sejak Kozuki Oden. Kemudian kita juga tahu bahwa Shanks baru secara resmi menjadi Yonko sekitar 6-7 tahun yang lalu. Ini artinya keduanya belum pernah bertarung sebelumnya. Pertarungan singkat diantara keduanya menjadi pertarungan pertama dari Shanks dan Kaido. Tetapi, meski pun pertarungannya singkat, Kaido mengakui bahwa Shanks adalah lawan yang seimbang.

Kaido mengakui Shanks merupakan salah satu dari lima orang yang dia anggap hebat. Di tengah-tengah pertarungan, Shanks, yang tahu tentang rahasia dunia, memutuskan bahwa dia tidak akan melanjutkan pertarungan tersebut. Kaido yang juga menyadari bahwa dia tidak dalam persiapan penuhsetuju untuk menghentikan pertarungan. Shanks kemudian mengungkapkan fakta tentang abad yang hilang kepada Kaido, serta mengatakan bahwa akan ada pertarungan besar yang terjadi di Wano dalam beberapa tahun kedepan dan hal itu akan melibatkan sosoknya.

Kaido mungkin kemudian berpikir bahwa dia akan melewatkan semua hal itu jika dia mati, sehingga dia pun memilih untuk mundur. Kaido pun kemungkinan mengancam Shanks akan menghabisinya jika kemudian pertempuran besar itu tidak tejadi. Hal ini mungkin yang bisa menjelaskan mengapa Shanks dan krunya bisa tiba lebih cepat di Marineford.

Pihak angkatan laut sendiri menduga bahwa akan ada pertarungan besar lainnya yang terjadi di bagian laut lain ketika Shanks dan Kaido bertarung, dan akan menimbulkan banyak korban jiwa juga. Namun, pada kenyataanya prediksi mereka salah. Pertarungannya hanya sebentar. Kaido pun kembali ke Onigashima dengan informasi mengenai abad yang hilang dan pertempuran yang dijanjikan akan terjadi.

Dan di arc Wano ini ucapan Shanks terbukti. Pertempuran besar akhirnya meletus di Onigashima, yang melibatkan Luffy dan aliansinya. Mungkin inilah alasan mengapa Kaido berkata bahwa Luffy bukanlah sosok Joy Boy yang diramalkan akan muncul. Tentunya akan sangat menarik melihat apa yang sebenarnya terjadi pada saat Shanks dan Kaido bertarung. Kita nantikan saja ya Geeks mudah-mudahan Oda Sensei bisa memunculkan adegannya, meski pun mungkin sebentar dan hanya dalam momen flashback.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.