Usopp merupakan salah satu karakter pendukung dalam cerita One Piece. Awalnya, ia sangat penakut, namun setelah timeskip, Usopp berkembang menjadi karakter yang cukup kuat. Usopp juga berkontribusi besar di perang Wano. Di sana, Usopp berhasil meladeni beberapa karakter kuat seperti Ulti, Page One, dan lain-lain bersama dengan Nami.

Sepertinya, Usopp akan menjadi salah satu karakter yang nilai bountynya naik setelah perang Wano berakhir. Di Wano, Usopp telah melakukan berbagai hal luar biasa, salah satunya membohongi semua anak buah Kaido bahwa dirinya telah mengalahkan Page One dan Ulti sendirian. Padahal sebenarnya, dua Tobbi Roppo tersebut tumbang akibat Haki Big Mom.

Saat Page One dan Ulti tumbang, kabut dan debu menyelimuti hampir seluruh ruangan. Padangan menjadi terbatas, dan tidak ada yang melihat saat Page One dan Ulti tumbang. Karena Usopp mendadak keluar dari kabut tersebut, maka banyak yang percaya bahwa Usopp adalah sosok yang mengalahkan Page One dan Ulti. Oleh sebab itu, beberapa anak buah Kaido dan Big Mom mulai takut saat berhadapan dengan Usopp.

Walau itu hanya “kebohongan” Usopp, tetapi gara-gara hal tersebut, nilai bounty Usopp sangat mungkin naik. Apalagi dengan banyaknya anak buah Kaido dan Big Mom yang termakan kebohongannya. Bisa jadi, anak buah Kaido dan Big Mom nantinya akan menyebarluaskan berita kemenangan Usopp ke seluruh dunia, dan itulah momen saat nilai bounty Usopp naik signifikan.

Ussop memang terkenal dengan kepandaiannya dalam berbohong. Dia bisa membuat yakin lawan bicaranya dan mudah mengelabui lawan. Bahkan sebelum time skip, Usopp sering berbohong hanya untuk melarikan diri dari lawan. Usopp bahkan pernah mengelabui Angkatan Laut dengan menyamar menjadi salah satu perwira. Kebohongan yang selalu dia lakukan membuatnya sulit dipercaya orang lain. Bahkan beberapa orang di Topi Jerami juga mewaspadai Usopp seperti Nami, Sanji, dan beberapa karakter yang lain.

Meski pembohong dan penakut, Ussop tidak akan pernah meninggalkan teman-temannya dalam bahaya. Dibalik sikap penakutnya, dia rela mengorbankan apapun asalkan bisa menyelamatkan teman-temannya. Sejak awal, Usopp memang memiliki banyak kekurangan. Bahkan karena kekurangan itu Ussop sempat tergabung dalam trio penakutĀ  yang terdiri dari Usopp, Nami dan Chopper. Namun trio tersebut akhirnya bubar karena mereka berubah menjadi lebih kuat.