Para fans dari One Piece tentunya sudah tahu bahwa Zoro bukan seorang ahli pedang biasa. Zoro memiliki tekad yang sangat kuat, dan juga kemampuan fisik yang luar biasa. Yang unik dari sosok Zoro adalah dia tidak menggunakan teknik satu atau dua pedang saja, melainkan tiga pedang atau santoryu. Teknik ini membuat Zoro menggunakan dua pedang di kedua lengannya, dan satu pedang lainnya di bagian mulutnya.

Sebagai salah satu karakter terkuat dan ahli pedang terbaik, Zoro tentunya tidak sembarangan memiliki pedang. Koleksi pedangnya memiliki kekuatan atau sejarah yang mendalam. Saat ini Zoro memiliki tiga buah pedang, salah satunya adalah Wado Ichimonji. Pedang ini adalah pedang yang termasuk dalam kategori Meito atau pedang legendaris. Pedang ini diberikan oleh ayah Kuina yang sekaligus adalah gurunya, Shimotsuki Koushiro.

Wado Ichimonji adalah pedang pertama yang dimiliki oleh Zoro sebelum dia memulai petualangannya menjadi seorang ahli pedang terbaik di dunia. Pedang lainnya yang Zoro miliki juga masuk kategori Meito yaitu Sandai Kitetsu, Yubashiri, Shusui, dan Enma. Namun, saat ini Zoro hanya memiliki Sandai Kitetsu, Wado Ichimonji, dan Enma.

Sebelum menerima Enma, Zoro dulu pernah memiliki pedang Black Blade yaitu Shusui. Pedang tersebut diketahui adalah milik dari Ryuma, sosok samurai legendaris Wano. Namun, setelah bertemu dengan Hiyori dan Kawamatsu, serta dijelaskan mengenai seberapa pentingnya pedang Shusui bagi penduduk Wano, akhirnya Zoro mau menukar Shusui dengan pedang Enma seperti diperlihatkan di chapter 955.

Namun, terdapat sebuah detail menarik yang memberikan petunjuk mengenai pedang apa saja yang mungkin akan dimiliki oleh Zoro pasca arc Wano selesai. Menyambut chapter 1000 kemarin, Oda Sensei merilis sebuah gambar sampul spesial. Dalam gambarnya, terlihat sosok Zoro, Nami, dan Luffy mengenakan pakaian khas bajak laut. Jika diperhatikan dengan seksama, Zoro memang akan memiliki tiga buah pedang.

Pedang tersebut adalah Wado Ichimonji, Enma, dan Shusui. Bukankah Shusui sudah diberikan kepada Hiyori dan Shusui menjadi harta karun Wano? Hal ini ada kaitannya dengan sebuah pernyataan menarik dari Kawamatsu dan Hyogoro di chapter sebelumnya. Dengan Zoro yang akan memiliki Shusui sebagai salah satu pedang andalannya menggantikan Sandai Kitetsu, artinya para penduduk Wano sudah menganggap Zoro sebagai penerus Ryuma atau Ryuma kedua.

Kita juga tahu bahwa serigala yang menjadi rekan Shimotsuki Ushimaru, Gyukimaruv tidak senang bahwa pedangnya berada di tangan orang lain. Dia juga mengatakan bahwa tidak mungkin Shusui akan kembali ke tangannya. Tetapi, di chapter 1023 Kawamatsu dan Hyogoro seolah mengonfirmasi bahwa memang ada kemiripan antara Zoro dan juga klan Shimotsuki – khususnya Ryuma dan Ushimaru.

Mengingat bagaimana Oda Sensei sering kali menghadirkan petunjuk dalam cerita, semua hal itu tentunya bukanlah sebuah kebetulan belaka. Dengan adanya “konfirmasi” bahwa Zoro merupakan keturunan atau kemiripan dengan klan Shimotsuki, mungkin pada akhirnya Gyukimaru dan juga para penduduk Wano setuju untuk memberikan pedangnya kepada Zoro.

Lagipula, Zoro pun merupakan pahlawan bagi Wano karena sudah membebaskan wilayah tersebut dari cengkraman Orochi dan Kaido. Bila hal ini memang terjadi, Zoro tinggal mengerahkan kekuatannya untuk membuat dua pedang lainnya – Wado Ichimonji dan Enma – untuk juga berubah menjadi black blade, sehingga ketiga pedang Zoro akan berubah menjadi black blade di akhir serinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.