Dari sekian banyak superhero DC, mungkin Batman satu-satunya yang rajin membuat kostum baru untuk memudahkannya dalam melawan kejahatan. Hal itu dia lakukan agar setiap kelemahan yang dia miliki dapat diminimalisir, dan potensi kekuatan yang dia miliki dimaksimalkan, termasuk dengan menambahkan bagian-bagian di kostumnya yang berfungsi untuk mengeksploitasi semua kelemahan musuhnya. Batman sudah cukup sering memamerkan kostum barunya, dari mulai kostum eksoskeleton sampai kostum superheavy, tetapi dari semua itu, tidak ada kostum yang lebih kuat dari kostum Hellbat!

Origins Hellbat

Kostum Hellbat armor pertama kali diperlihatkan di komik Batman and Robin Vol. 2 # 33 karya penulis Peter J. Tomasi dan ilustrator Patrick Gleason pada tahun 2014. Sebagai bagian dari kisah New 52, semuanya bermula pada saat Damian Wayne tewas dan jasadnya dibawa oleh pasukan Darkseid ke Apokolips. Bruce yang tidak terima anaknya terbunuh, langsung mengenakan kostum Hellbat dan melakukan perjalanan ke Apokolips untuk mengambil kembali jasad putranya.

Kostum Hellbat ini ditempa di matahari oleh Superman, diberi kekuatan power ring oleh Green Lantern, dibawa dengan kecepatan cahaya oleh Flash, dirakit secara teliti oleh Cyborg, didinginkan di dasar lautan oleh Aquaman, dan dipanaskan di lava gunung berapi oleh Wonder Woman. Kostum ini sengaja dibuat untuk Batman, yang dimaksudkan untuk dipakai pada saat menghadapi ancaman dan pertarungan tingkat ekstrem berskala kosmik.

Kekuatan Hellbat

Selain proses pembuatannya yang sangat epik, kostum Hellbat ini memberi penggunanya kekuatan yang sangat luar biasa. Hellbat terbuat dari logam nanoteknologi yang membuatnya bisa kembali seperti semula jika mengalami kerusakan. Ditambah lagi jika Batman ingin menghilang, dia tinggal mengucapkan perintah pada A.I. di kostumnya dan kemudian Hellbat akan menjadi tembus pandang. Selain dilengkapi sayap seperti kebanyakan kostum Batman lainnya, nanoteknologi kostum ini juga memungkinakan Batman untuk mengubah bentuk komponen Hellbat menjadi perisai, pemotong, pemukul, dan sebagainya.

Dan yang tidak kalah menariknya, Batman bisa mengumpulkan semua energi dari kostum Hellbat ke lambang di dadanya, dan kemudian menembakannya sebagai energi yang sangat kuat. Kekuatan energi tersebut bahkan bisa merobohkan Darkseid yang terkenal tidak pernah kalah dari lawan, sekuat apapun lawannya. Selain kekuatan epik yang disebutkan di atas, kostum Hellbat ini juga memberikan peningkatan kekuatan fisik pada Batman, membuatnya menjadi lebih kuat, lebih cepat, dan lebih tahan banting.

Kelemahan Hellbat  

Sementara kostum Hellbat ini sudah tidak diragukan lagi kehebatannya, ternyata kostum terkuat Batman ini mempunyai satu kelemahan yang tidak bisa dianggap remeh. Kelemahannya adalah kostum Hellbat ini menyedot metabolisme tubuh Bruce Wayne saat digunakan, sehingga dapat membunuhnya jika terlalu lama digunakan. Syukurnya kelemahan ini menjadi tidak terlalu berbahaya berkat kecerdasan Bruce Wayne dalam mengatur waktu pemakaiannya, dan ditambah lagi karena fisiknya yang lebih kuat dari manusia biasa, Bruce bisa menggunakannya relatif lebih lama. Terbukti dengan Batman yang sempat melawan Parademons, Godfrey, Kalibak, dan bahkan Darkseid, sebelum akhirnya dia melarikan diri dari Apokolips agar kostum Hellbat tidak membunuhnya.