Setelah sekian lama dinantikan oleh para fans, akhirnya sosok Kang the Conqueror  muncul di Marvel Cinematic Universe. Sosok Kang sendiri dikabarkan akan muncul di film Ant-Man & The Wasp: Quantumania. Meskipun sosok Kang baru akan muncul di film Ant-Man 3, para fans sudah diperkenalkan terlebih dahulu dengan salah satu variant dari Kang yaitu He Who Remained, yang muncul di seri Loki.

Kang the Conqueror – sesuai namanya – adalah seorang petualang lintas waktu. Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1941, sosok Kang sudah mengalami banyak perubahan asal-usul. Satu hal yang menarik dari Kang adalah bagaimana dia memiliki banyak nama, dikarenakan perjalanan waktu yang dia lakukan. He Who Remained merupakan salah satu contoh nyatanya.

Kemudian Rama-Tut menjadi contoh lain. Nama tersebut diberikan ketika dia muncul di era Mesir kuno. Meski pun begitu, nama asli dari Kang sendiri adalah Nathaniel Richards dan merupakan cucu dari Reed Richards. Berbicara mengenai julukan atau nama lain dari Kang, Marvel juga memperkenalkan identitas lainnya yaitu Iron Lad. Dan komik terbarunya, Marvel mengungkapkan bagaimana Kang menciptakan identitas tersebut.

Dalam Kang the Conqueror #2 yang ditulis oleh Jackson Lanzing, diperlihatkan bagaimana Nathaniel Richards pergi dengan armor Kang ke masa yang lain. Namun, ternyata nasib dari Kang di waktu yang lain pun tidak lebih baik dari masa yang dia tinggalkan sebelumnya. Ketika dia terdampar di sebuah gurun pasir di era Mesir Kuno, Nathaniel menyadari bahwa dia berada di era Rama-Tut berkuasa. Seperti disebutkan di atas, Rama-Tut sendiri merupakan salah satu variantnya yang lain.

Pasukan dari Rama-Tut kemudian diperintahkan untuk menyerang Nathaniel, dan meski pun Nathaniel mampu memberikan perlawanan dengan kuat berkat senjata yang dia miliki, tiba-tiba sosok Moon Knight muncul dan menyelamatkannya. Namun, sosok Moon Knight yang muncul bukanlah sosok Moon Knight yang sekarang, Marc Spector, melainkan seseorang lain dari era Mesir Kuno.

Setelah mereka berhasil bersembunyi dan selamat dari serangan tersebut, Moon Knight mengantar Nathaniel pergi ke sebuah kuil tersembunyi yang dibangun untuk memuja sosok Khonsu, sang dewa bulan. Pada saat itulah, tiba-tiba ingatan Nathaniel dipenuhi oleh berbagai ingatan yang pernah dia alami ketika dia menjadi sosok Kang. Nathaniel pun kemudian bersumpah untuk membalas dendam Rama-Tut.

Dengan menggunakan armor neurokinetik yang dia curi dari sosok kang, Nathaniel Richards pun kemudian membentuk identitas baru, yang pada kemudian hari sosok ini akan bergabung dengan Young Avengers, Iron Lad. Nathaniel kemudian menempa armor milik Kang dan membentuknya untuk menjadi sebuah benda yang baru, sebuah armor yang dia gunakan sebagai Iron lad.

Armornya sendiri secara sekilas sangat mirip dengan armor milik Iron Man. Dan dengan menggunakan armor ini, Nathaniel pun menghancurkan pasukan Rama-Tut. Namun, tentunya ini bukan aksi pertama dari anggota Young Avengers tersebut. Iron Lad sendiri pertama kali diperkenalkan dalam komik Young Avengers #1 yang ditulis oleh Allan Heinberg dan Jim Cheung.

Meski pun ada beberapa persamaan antara Iron lad versi terbaru ini dan Iron Lad versi awal, ada juga beberapa perbedaanya. Iron Lad versi awal merupakan Nathaniel Richards yang memang sengaja dilatih untuk Kang the Conqueror dengan harapan dia mampu mewujudkan takdirnya jauh lebih cepat dari seharusnya. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Kenalan Berbagai Varian Kang The Conqueror, Mulai Iron Lad Hingga Immortus Halaman 1 - Kompasiana.comDia melihat masa depan yang sangat mengerikan. Akhirnya Nathaniel pun kembali ke masa lalu dan bertemu dengan Avengers untuk meminta bantuan demi mengalahkan sosoknya yang lain. Sayangnya, saat dia tiba di universe utama Marvel, Avengers sudah tidak lagi aktif. Inilah yang kemudian membuat Iron Lad orisinal kemudian membentuk Young Avengers bersama Hulkling, Patriot, dan Wiccan.

Jika Iron Lad versi orisinal sudah memiliki tujuan akhir yang pasti, sayangnya Iron Lad dari komik Kang the Conqueror justru sebaliknya. Kita masih belum mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan oleh Nathaniel. Meski pun dia masih harus berhadapan dengan pasukan Rama Tut, sepertinya dia masih belum akan pergi ke masa sekarang. Yang juga membedakan adalah bagaimana Iron Lad versi terbaru ini tidak segan untuk menghabisi musuhnya dibandingkan dengan versi orisinal. Dan tentunya menarik ke mana arah cerita Iron Lad selanjutnya ketika dia bergabung dengan Moon Knight.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.