Thor adalah salah satu superhero terkuat di Marvel Universe, bahkan pada beberapa kesempatan dia membuktikan dirinya sebagai anggota Avengers terkuat. Namun, di balik kekuatan besar yang sang Dewa Petir miliki, Thor sangat bergantung pada palu kesayangannya yang diebut Mjolnir. Karena bukan hanya sebagai katalis dari kekuatan petirnya, Mjolnir juga menjadi lambang kepercayaan diri Thor. Karena ketika dia mengangkatnya dan memakainya untuk melawan musuh, dia sangat percaya diri bahwa dia “layak”. Sebaliknya ketika tanpa Mjolnir, Thor seperti kehilangan jati dirinya.

Seperti yang terlihat di Marvel Cinematic Universe, ketika Hela menghancurkan Mjolnir di film Thor: Ragnarok pada tahun 2017, butuh beberapa waktu untuk Thor sampai akhirnya dia menyadari bahwa semua kekuatan yang dia miliki selama ini bukan berasal dari palu kesayangannya, melainkan dari dalam dirinya sendiri. Kemudian di komik Original Sin karya penulis Jason Aaron dan ilustrator Mike Deodato pada tahun 2014, Thor kembali kehilangan kelayakannya saat Nick Fury mengatakan bahwa Gorr the Butcher, penjahat yang membunuh para dewa, selama ini telah melakukan hal yang benar. Thor yang mulai meragukan para dewa, termasuk dirinya sendiri, kemudian tidak bisa mengangkat Mjolnir.

Ketika kisah Thor di Marvel Comics berlanjut sampai sekarang, dan sebagian besar tidak pernah memperlihatkan dirinya menggunakan Mjolnir, di komik Thor #1 kembali disinggung bahwa King Thor tidak layak menggunakan Mjolnir. Syukurnya, di komik Thor #16 karya penulis Donny Cates dan ilustrator Michele Bandini, yang rilis pada akhir bulan Agustus lalu, King Thor akhirnya mendapatkan pengganti Mjolnir yang tampaknya sama-sama lebih efisien daripada senjata besar seperti Jarbjorn dan Stormbreaker. Senjata pengganti Mjolnir ini adalah “linggis” penjahat Wrecker yang Thor ambil, dan justru dia gunakan untuk memukul Wrecker.

Kisahnya dimulai ketika King Thor yang sudah tidak lagi menggunakan Mjolnir, berjalan-jalan di Bumi bersama Jane Foster, yang saat ini sudah menjadi Valkyrie. Kemudian saat mereka bersinggungan dengan tim penjahat Wrecking Crew, yang dipimpin oleh Wrecker, Thor dan Jane Foster mencoba untuk mengalahkan mereka. Saat Wrecker melemparkan linggisnya ke arah Jane dan dia menghindar, Thor dengan cepat menangkap linggis tersebut dan langsung memukul Wrecker yang Jane tendang ke arahnya. Menariknya, ternyata linggis Wrecker tersebut mengandung setidaknya sedikit sihir Asgardian.

Wreceker adalah penjahat yang mendapatkan kekuatannya setelah Karnilla tidak sengaja menyihirnya, padahal yang dia maksud adalah ingin menyihir Loki. Sejak saat itu Wrecker menjadi cukup sakti untuk menjadi seorang penjahat, karena dia menggunakan senjata linggisnya sejak lama, bukan tidak mungkin sihir yang ada ditubuhnya mengalir ke linggis tersebut. Bukan hanya itu, sementara linggisnya tampak seperti linggis biasa, linggis tersebut bisa dipanggil kembali setelah dilemparkan, sama seperti Mjolnir. kekuatan lain dari linggis tersebut adalah memanipulasi mental siapa pun yang menyentuhnya, kemudian bisa menahan serangan peluru, dan juga dapat digunakan untuk menemukan orang yang ingin penggunanya temukan.

Dengan senjata baru ini, bisa dipastikan Thor akan kembali pada masa-masa kejayaannya, tanpa perlu memikirkan kelayakannya. Walaupun belum diketahui apakah Thor akan terus menggunakan linggis ini atau tidak, tetapi setidaknya akan menarik melihat Thor membawanya dan mencoba menguasainya untuk beberapa saat. Dengan linggis ini, Thor bisa belajar cara bertarung baru dan memaksimalkan potensi dari linggisnya, sebelum nanti dia kembali menguasai Mjolnir. Kita lihat saja kelanjutan hubungan Thor dan linggis barunya ini di komik Thor #17 mendatang, yang dirilis pada akhir September 2021 ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.