Sudah lebih dari tiga tahun arc Wano berjalan di seri One Piece. Ini bahkan jauh lebih panjang dan lebih lama dari arc Dressrosa, yang sebelumnya disebut sebagai arc paling panjang di serinya. Meski pun begitu, sampai saat ini masih belum diketahui apakah cerita di arc Wano ini akan segera berakhir atau masih ada kelanjutan lainnya.

Seperti yang kita ketahui, apa yang terjadi di Wano benar-benar mengguncang dunia. Namun, apa hal yang kemudian akan mengguncang kelompok Topi Jerami nantinya? Kelompok Topi Jerami mungkin akan meninggalkan Wano sebagai kelompok bajak laut yang terkuat, karena mereka dianggap mampu mengalahkan aliansi dari dua Yonko.

Tetapi, yang menjadi masalahanya adalah saat ini bukan waktunya bagi Luffy dan kelompok Topi Jerami untuk menjadi bintang utama dari serinya. Hal ini dikarenakan era bajak laut sekarang akan menjadi milik orang lain, setelah sebelumnya era bajak laut dipegang oleh “generasi tua” seperti Whitebeard atau Kaido dan Big Mom. Lalu, kira-kira siapa yang akan menjadi penguasa era selanjutnya?

Ada kemungkinan bahwa setelah Kaido dan Big Mom, eranya akan bergeser menjadi Mihawk dan Shanks. Kedua sosok tersebut memiliki koneksi terhadap Zoro dan juga Luffy. Mereka kemungkinan akan mengambil alih era selanjutnya, setelah kedua mantan kru Rocks berhasil dikalahkan di Wano. Dan terkait hal ini, Oda sendiri sudah memberikan petunjuk yang bisa menjadi acuan.

Oda mengatakan bahwa Shanks akan mulai bergerak dan Mihawk akan menghadapi 10 kapal perang. Lalu, bagaimana kemudian Shanks akan mengambil alih era baru ini dari kelompok Topi Jerami? Yang pasti bukan karena menghabisi Kaido dan Big Mom. Hal tersebut dipastikan akan dilakukan oleh Luffy, Law, dan Kidd, sehingga popularitas mereka kian menanjak.

Di sisi lain, hal itu akan mempermudah Shanks mengambil alih era tersebut. ada kemungkinan bahwa kelompok bajak laut Shanks akan menghancurkan kelompok Blackbeard. Kemenangan tersebut nantinya akan membuat reputasi Shanks semakin terpatri dengan jelas sebagai kelompok bajak laut yang memiliki kekuatan seimbang, tanpa ada perbedaan jauh.

Pertarungan antara Blackbeard dan Shanks dipastikan akan menjadi sorotan utama selanjutnya, setelah arc Wano. Sejarah pertemuan keduanya sebenarnya sudah terjadi sejak lama, sejak mereka masih menjadi kru di kelompok Roger dan juga Whitebeard. Sejak pertama kali mereka bertemu dalam pertempuran Whitebeard dan Roger, Shanks seolah “terkoneksi” dengan sosok Blackbeard.

Shanks sendiri paham seberapa kuat Blackbeard, karena itulah dia rela sampai datang menemui Whitebeard untuk memperingatkannya agar menarik Ace. Shanks tahu bahwa Ace masih belum siap untuk menghadapi Blackbeard. Dia terlalu tangguh untuk Ace. Sayangnya, Whitebeard memutuskan untuk mengabaikan hal tersebut, dan akhirnya kita pun tahu apa yang terjadi selanjutnya.

Hampir setiap kali Shanks muncul dalam cerita, sosoknya selalu menghadirkan kekhawatiran tentang sosok Blackbeard dan apa yang akan dia lakukan. Seperti banyak diasumsikan para fans, sosok bajak laut yang dimaksud saat Shanks menemui Gorosei pun diduga adalah Marshall D. Teach. Geeks mungkin penasaran mengapa Shanks sampai rela menemui Gorosei hanya untuk berbicara mengenai Blackbeard?

Seperti yang dilakukan Shanks ketika menemui Whitebeard, dia tahu bahwa Blackbeard sangat berbahaya. Shanks juga tahu bahwa Blackbeard saat ini sedang membangun kru bajak laut yang kuat dan perlu ada usaha ekstra yang harus dia lakukan untuk bisa mengalahkannya. Dan salah satu usaha tersebut adalah berbicara dengan Gorosei untuk “meminta izin” atas tindakan yang akan dia lakukan nanti.

Blackbeard sendiri kemungkinan besar pada akhirnya akan mengincar para Gorosei, dan sebelum semuanya terlambat para Gorosei tentunya akan lebih baik membantu Shanks menghadapi Blackbeard. Masih belum diketahui apakah kemudian para Gorosei akan mau membantu Shanks, namun ada kemungkinan Shanks mendapatkan bantuan sehingga dia bisa menang mudah dari Blackbeard.

Berbicara mengenai Blackbeard, terakhir kali sosoknya muncul di chapter 956 dan diperlihatkan dia sedang bersiap untuk pergi mencari sesuatu. Masih belum diketahui apa yang dicari oleh Blackbeard, tetapi banyak teori yang menyebutkan bahwa dia sedang mencari senjata kuno. Namun, hal itu mungkin masih terlalu dini bagi Blackbeard. Lalu, apa kira-kira yang diincar oleh Blackbeard?

Yang paling masuk akal adalah bisa jadi Blackbeard sebenarnya mengincar para mantan Shichibukai yang kini kembali menjadi buronan angkatan laut, setelah dalam Reverie diputuskan bahwa sistem ini dibubarkan. Dan dengan mereka saat ini kembali menjadi buronan, para mantan Shichibukai itu pun menjadi incaran angkatan laut. Blackbeard akan merekrut mereka untuk memperkuat kelompok bajak laut miliknya.

Bagaimana jika Blackbeard mengincar Mihawk untuk bergabung, namun kemudian dia menolaknya dan memilih untuk bergabung dengan shanks untuk menghancurkan Blackbeard? Dengan cara tersebut, mereka bisa membuat seluruh dunia tahu bahwa sekarang adalah era mereka. Mihawk mungkin memang hanya satu orang saja, namun dia memiliki kemampuan untuk membuat kelompok Shanks menang dengan kemampuannya.

Tetapi, di balik semua itu, Blackbeard pada akhirnya akan kembali dan membalas dendam kekalahannya. Bagaimana kemudian Blackbeard bisa kembali setelah dikalahkan oleh Shanks dan Mihawk? Semuanya berkat Gecko Moria dan juga Shiryu. Blackbeard dan krunya mungkin akan dikurung di Impel Down, dan mereka akan berhasil kabur dari sana.

Dan dari sana, kita kemudian akan melihat paralel atau sebuah kesamaan seperti yang terjadi di pertempuran puncak Marineford. Dalam momen inilah mungkin akhirnya kita akan melihat Blackbeard kemudian berhasil menghabisi Shanks, seperti halnya ketika Blackbeard menghabisi Whitebeard. Ini akan menjadi perang puncak di mana Luffy dan Topi Jerami mungkin akan bergabung menghadapi Blackbeard dan Pemerintah Dunia.

Blackbeard dan Shanks sepertinya memang ditakdirkan untuk berbeda, untuk menjadi musuh abadi. Pertarungan diantara keduanya sepertinya memang tidak terhindarkan, mengingat banyak fans One Piece pun banyak memprediksi bahwa keduanya akan saling bertarung pada masa yang akan datang. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!