Shanks merupakan salah satu dari beberapa karakter yang populer namun sampai saat ini masih dirahasiakan oleh Oda Sensei mengenai kekuatannya. Oda beberapa kali memperlihatkan sosok Shanks menggunakan kekuatannya dalam cerita, tetapi kita belum pernah melihat kemampuan Shanks secara penuh. Ada beberapa contoh kejadian atau momen yang memperlihatkan kekuatan dari Shanks.

Pertama adalah ketika Shanks menyelamatkan Luffy dari serangan Sea King. Dia mengalahkan monster laut raksasa tersebut hanya dengan kekuatan Haki yang dia miliki. Untuk pertama kalinya, Oda Sensei memperkenalkan konsep Haki kepada para fans dan Haki Penguasa adalah Haki yang digunakan oleh Shanks untuk menaklukan Sea King.

10 tahun kemudian dengan hanya memiliki satu tangan tersisa, dia dikunjungi oleh Mihawk di sebuah pulau untuk bertarung. Kita semua tahu kalau Mihawk adalah ahli pedang terbaik di seluruh dunia One Piece. Kita juga tahu bahwa Mihawk dan Shanks sudah sering bertarung satu sama lainnya sejak lama. Artinya adalah kekuatan Shanks pastinya sangat luar biasa untuk bisa menyamai kekuatan Mihawk, dan perlu diingat Shanks menandingi kekuatan Mihawk hanya dengan satu tangan.

Selanjutnya kita pernah diperlihatkan lagi bagaimana kekuatan Haki dari Shanks, ketika dia mengunjungi Whitebeard di kapal Moby Dick. Kekuatan Haki Shanks benar-benar sangat luar biasa, selain bisa membuat sebagian besar krunya pingsan dia juga berhasil membuat kayu-kayu kapal Moby Dick bergetar. Yang paling luar biasa adalah ketika dia menahan serangan Whitebeard, Yonko paling kuat di dunia.

Bukti lainnya adalah ketika perang Marineford terjadi. Sebelum perang tersebut meletus, Shanks diketahui sedang bertempur dengan Kaido yang kita semua tahu bahwa Kaido adalah makhluk paling kuat di dunia. Entah bagaimana caranya, Shanks bisa tiba tepat waktu di akhir perang dan menghentikan serangan Akainu – yang membunuh Ace – hanya dengan pedangnya saja.

Yang menarik adalah bukan hanya Shanks yang memiliki kekuatan, tetapi krunya juga memiliki kekuatan. Contohnya adalah Benn Beckman, yang menurut Databook kekuatannya hampir setara seperti Shanks. Dalam data tersebut disebutkan bahwa Benn memiliki kemampuan yang dahsyat dalam hal pertempuran fisik.

Tidak hanya Benn, kru lainnya seperti Yasopp dan Lucky Roo juga memiliki kemampuan yang dahsyat. Lucky Roo memiliki kemampuan untuk bisa bergerak dengan cepat, bahkan sebelum musuh menyadari kehadirannya. Intinya, kelompok Shanks memiliki keseimbangan di seluruh krunya. Jadi, apa yang menjadi kekuatan terbesar Shanks?

Selain kemampuan berpedang yang dia miliki, karisma yang luar biasa, serta jiwa pemimpin yang tinggi, yang menjadi kekuatan terbesar Shanks adalah kemampuan Hakinya. Shanks diduga sudah sangat menguasai teknik tingkat tinggi dari Haki Penguasa. Karena itulah dia mampu merusak kapal Moby Dick atau menahan serangan Sakazuki.

Dalam pertarungan antara Luffy dan Kaido di Onigashima, kita sempat mendapatkan fakta baru bahwa selama ini rahasia yang membuat Kaido bisa tahan terhadap berbagai serangan bukanlah Armament Haki. Justru Haki Penguasa yang membuat dia tahan terhadap serangan dan juga membuat serangannya jauh berkali-kali lipat lebih mengerikan.

Melihat bagaimana Kaido mampu membuat Haki Penguasa miliknya menjadi sesuatu yang dahsyat, seperti menjadi armor dan juga pelapis senjatanya, tentunya kita pun penasaran bagaimana dan sejauh mana Shanks memanfaatkan Haki Penguasa miliknya. Kita nantikan saja ya Geeks berbagai aksi epik lainnya dari Shanks, dan mudah-mudahan Oda Sensei bisa menghadirkan penjelasan mengenai kekuatan dari Shanks.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.