Gol D. Roger merupakan raja bajak laut dalam cerita One Piece. Dialah bajak laut pertama yang diketahui berhasil mencapai pulau Laugh Tale, menemukan one piece, dan kemudian mendapatkan titel sebagai raja bajak laut. Selain menjadi raja bajak laut, Roger juga merupakan salah satu karakter yang memiliki kekuatan dahsyat di serinya. Sekitar 24 tahun yang lalu sebelun cerita saat ini dimulai, Gol D. Roger dihukum mati oleh angkatan laut dan eksekusinya sendiri dilakukan di Logue Town.

Kita tahu bahwa Roger menderita sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Roger sendiri merasa bahwa dia sudah mendapatkan semua yang dia inginkan setelah berhasil menaklukan seluruh Grand Line termasuk pulau terakhir, Laugh Tale. Kematiannya memulai era baru dari bajak laut. Namun, jika dia masih hidup, Roger mungkin akan memberikan pengaruh besar terhadap dunia. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin akan Roger lakukan jika dia masih hidup.

Sering Bertarung Menghadapi Whitebeard

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Roger merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece. Namun, masih belum diketahui sekuat apa sosok Roger di era keemasannya. Yang pasti, hanya ada sedikit bajak laut lain yang mampu menandingi Roger dalam hal kekuatan. Edward Newgate alias Whitebeard adalah salah satunya. Dalam flashback Kozuki Oden, diperlihatkan keduanya pernah saling bertarung selama tiga hari tiga malam dan tidak ada yang menang.

Meski pun Roger dan Whitebeard sering kali bertarung dan merupakan rival, di balik itu mereka berdua merupakan teman yang baik. Mereka berbagi hubungan pertemanan yang luar biasa. Whitebeard sangat mengormati Roger dan begitu juga sebaliknya. Roger bahkan mau memberi tahu Whitebeard cara pergi ke Laugh Tale. Jika Roger masih hidup, mungkin dia akan senang untuk lebih sering bertarung dan beradu kemampuan yang akan menggetarkan seluruh Grand Line.

Bertempur Menghadapi Pemerintah Dunia

Ketika Roger dan krunya tiba di Laugh Tale, salah satu hal yang mereka temukan di sana adalah sebuah fakta sebenarnya mengenai sejarah dari dunia. Mereka pun mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada era “abad yang hilang” yang terjadi 800 tahun lalu. Setelah abad yang hilang selesai, Pemerintah Dunia pun muncul dan Kerajaan Kuno hancur.

Dalam pertempuran puncak di Marineford, Whitebeard sempat mengatakan sesuatu mengenai hal ini sebelum dia tewas. Menurutnya, One Piece memang benar-benar nyata. Dan jika fakta tersebut diketahui dunia, dipastikan seluruh dunia akan terbalik. Bila Roger masih hidup sampai saat ini, mungkin dia akan ikut berpartisipasi dalam pertempuran akhir menghadapi Pemerintah Dunia. Roger mungkin bisa bergabung dengan Luffy atau bahkan memimpin pasukan lain.

Kembali Berpetualang

Roger merupakan seseorang yang sangat mirip seperti Luffy, yaitu gemar berpetualang dan menyukai kebebasan. Meski pun Roger sudah berlayar mengelilingi seluruh Grand Line, dan juga penjuru lautan lainnya, tentu dia tidak akan menolak jika harus kembali berlayar mengarungi lautan dan berpesta dengan para krunya seperti seorang bajak laut sejati.

Ketika Oden bergabung dengan kru Roger, kita mengetahui bahwa memang Roger hidup untuk berpetualang. Dia tidak peduli apa pun yang terjadi, seperti penyakit mematikan yang menggerogoti tubuhnya – dan tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Jika Roger masih hidup, dia tentu tidak akan keberatan untuk mencari petualangan baru lainnya, atau mencari pulau-pulau baru yang mungkin sama sekali tidak dia ketahui.

Membantu Joy Boy Selanjutnya

Saat mencapai Laugh Tale, Roger menyadari bahwa dia bukanlah sosok yang harus menanggung beban dari para orang-orang dengan tekad D. Dia bukanlah sosok yang dinantikan, bukan sosok dalam ramalan, dan bukanlah sosok Joy Boy selanjutnya. Roger sendiri berharap bahwa anaknya yang akan mampu mewujudkan impian tersebut suatu hari nanti.

Namun, Geeks pun tentunya menyadari bahwa bukan Ace yang akan menjadi sosok Joy Boy selanjutnya melainkan Luffy. Jika Roger masih hidup, dia mungkin akan dengan senang hati membantu Luffy untuk menjadi seorang bajak laut yang hebat. Dia akan memastikan bahwa penerusnya akan mampu melakukan apa yang belum pernah terjadi dalam sejarah.

Menghabiskan Waktu Bersama Ace

Roger merupakan ayah dari Portgas D. Ace dan sebelum dia tewas dieksekusi, Roger mempercayakan Ace kepada rival dan juga temannya, Monkey D. Garp. Ace tumbuh tanpa rasa kasih sayang dan juga cinta dari kedua orang tuanya. Ketika mengetahui bahwa ayahnya adalah kriminal yang dibenci di seluruh dunia yang bahkan tidak memberikan pengaruh apa pun dalam hidupnya, Ace sama sekali tidak peduli terhadap Roger.

Ace bahkan membenci sang ayah dan tidak mau menggunakan nama ayahnya. Namun, kemungkinan hal tersebut karena Ace belum pernah bertemu langsung dengannya. Roger mungkin akan memberikan kasih sayangnya kepada Ace jika dia masih hidup. Dia juga akan membesarkan Ace seperti ayah pada umumnya. Dan mungkin dialah yang akan mendorong Ace untuk menjadi bajak laut hebat.

Roger Menghabiskan Waktu Bersama Istrinya

Roger memang menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan. Roger sangat jarang berada di rumah. Meski pun begitu, dia memiliki seorang istri yang mencintainya dan juga menunggunya yaitu Portgas D. Rogue. Setelah dia membubarkan krunya, Roger menghabiskan sisa waktunya bersama Rogue di Baterilla di wilayah South Blue, sebelum kemudian dia menyerahkan diri kepada pihak angkatan laut. Jika Roger masih hidup, dia mungkin akan memilih untuk tetap bersama istrinya dan membesarkan Ace bersama-sama.