Dunia One Piece memiliki kemiripan besar dengan dunia nyata. Mereka memiliki sebuah kelompok besar yaitu Pemerintah Dunia, yang mengatur seluruh aturan yang berlaku di seluruh wilayah. Mereka juga punya pasukan angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut. Mereka juga punya sebuah organisasi rahasia yang biasa melakukan tugas khusus.

Pemerintah Dunia memiliki banyak organisasi dan juga sistem yang mendukung tujuan mereka. Contohnya adalah Shichibukai. Tetapi, ada juga organisasi yang sengaja diciptakan untuk tujuan tertentu – namun masih ada kaitannya dengan tujuan dan misi mereka. Geeks tentu tahu tentang Cipher Pol. Organisasi rahasia ini dimunculkan di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby.

Cipher Pol merupakan sebuah organisasi rahasia yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia. Cipher Pol sendiri memiliki nama lengkap Cipher Pol Aigis Zero. Kata, Aigis, sendiri berasal dari kata Aegis, yang dalam mitologi Yunani kuno berarti sebuah perisai atau pelindung. Berdasarkan penjelasan Oda sensei dalam kolom SBS Volume 100 kemarin, Cipher Pol (CP) memiliki berbagai pos.

Cipher Pol's threat - Anime Theories and Updates

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Cipher Pol memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Pos inilah yang diketahui oleh masyarakat luas. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang sengaja dirahasiakan keberadaanya karena tugas dan tanggung jawab mereka. Semakin tinggi, rahasia, dan berbahaya misinya, maka semakin tinggi pula Cipher Pol yang ditugaskan.

Cipher Pol 9 atau CP9 merupakan pos khusus yang diberikan hak istimewa dibandingkan pos lainnya. Mereka merupakan pos yang biasanya ditugaskan untuk menghabisi musuh Pemerintah Dunia atau mereka yang dianggap sebagai ancaman. Anggota mereka diantaranya adalah Kalifa, Kaku, Jabra, dan tentunya Rob Lucci. Selain CP9, CP0 juga merupakan pos yang spesial.

CP0 merupakan unit yang paling kuat diantara semua Cipher Pol. Bahkan, unit ini memiliki kemampuan yang melebihi dari unit yang biasa bertugas untuk melaksanakan pembunuhan yaitu CP9. Menurut Robin, tidak ada kelompok yang bisa lolos dari kejaran kelompok ini. Mereka bekerja langsung di bawah arahan dari kaum naga langit. Rob Lucci sendiri sebenarnya merupakan bagian dari CP0 sebelum dia menjadi pemimpin CP9.

Namun, karena berada di bawah kendali langsung kaum naga langit dan bagaimana esensialnya peran dari CP0, sampai saat ini tidak banyak informasi yang diketahui mengenai Cipher Pol 0. Kita juga masih belum mengetahui apakah anggota CP0 lainnya memiliki kemampuan buah iblis, dan seberapa kuat kemampuan bertarung atau kemampuan fisik mereka.

Perwakilan dari CP0 sendiri saat ini sedang berada di Onigashima. Mereka sepertinya menghadiri jamuan makan malam yang diadakan Kaido, sebelum kemudian pertempuran besar terjadi. Dan ada kemungkinan mereka pun mengetahui tentang peristiwa itu. Masih belum diketahui apa yang akan dilakukan oleh mereka dalam pertempuran ini, mengingat pasukan Kaido perlahan mulai kalah. Apakah mereka akan ikut bertempur? Atau mereka akan pergi dari sana? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!