Shanks si rambut merah merupakan salah satu karakter yang sangat populer dan sangat berpengaruh dalam cerita One Piece, meski pun tidak terlalu sering muncul dalam cerita. Shanks merupakan orang yang menyemangati, memberikan motivasi, dan terus mendukung atas keinginan Luffy menjadi seorang bajak laut. Dialah yang membuat Luffy akhirnya menjadi seorang bajak laut.

Shanks dan Luffy berjanji akan kembali bertemu ketika mereka sudah sama-sama menjadi lebih kuat. Tidak banyak yang bisa diketahui sejauh ini tentang Shanks, karena Eiichiro Oda sendiri masih merahasiakan berbagai kemampuan dan cerita masa lalu dari Shanks, selain dia pernah bergabung dengan Gol D. Roger. Berbicara mengenai janji untuk kembali bertemu di akhir cerita, apakah memang Luffy dan Shanks akan kembali bertemu ketika Luffy sudah mewujudkan janjinya? Apakah Shanks masih hidup ketika janji itu dipenuhi?

Banyak teori yang berkembang di kalangan fans menyebutkan bahwa Shanks akan mati dalam cerita One Piece. Salah satu alasannya adalah kematian dari Shanks akan memotivasi Luffy untuk bisa menyelesaikan semua petualangannya. Menurut teori yang ramai diperbincangkan tersebut, Shanks akan tewas di tangan Blackbeard dalam sebuah pertarungan terakhir.

Kemungkinan pertarungan ini akan terjadi di luar atau sebelum Laugh Tale. Dan kematian Shanks kemudian membuat Luffy untuk bertarung dan membalas dendam kepada Blackbeard, sebelum kemudian dia menghadapi musuh yang lebih besar yaitu Pemerintah Dunia. Kematian dari Shanks ini bisa jadi akan terjadi dalam waktu dekat, jika melihat petunjuk yang diberikan oleh Oda Sensei.

Petunjuk pertama muncul di Colorspread chapter 874. Dalam gambarnya, terlihat Shanks mengenakan celana yang terdapat simbol tengkorak di atasnya. Ini sebenarnya bukan pertama kali terjadi. Petunjuk kematian Ace juga pernah diperlihatkan dalam Colorspread chapter 520, di mana dalam gambarnya terlihat kelompok Topi Jerami sedang bersantai.

Luffy sendiri sedang bermain kartu bersama Robin, di mana di tangan kirinya dia memegang kartu berwajah tengkorak (Brook) dan di tangan kanannya dia memegang kartu as. Luffy pun kalah dalam permainan tersebut. Wajah yang diperlihatkan oleh Luffy ketika kalah, mirip ketika Luffy harus kehilangan Ace oleh Akainu. Sehingga ini bisa menjadi petunjuk pertama kematian Shanks.

Petunjuk kedua adalah dalam halaman sampul di chapter 875. Dalam gambarnya, Bartolomeo diperlihatkan membakar bendera bajak laut kelompok Shanks. Jika Geeks perhatikan, ketika Whitebeard tewas, bendera bajak laut miliknya pun kemudian dibakar di salah satu wilayah kekuasaanya, Foodvalten, oleh bajak laut Brownbeard. Selain menjadi petunjuk kematian Ace, Bartolomeo mungkin sedang menantang Shanks untuk bertempur namun Shanks tidak mau menggubrisnya.

Kematian Shanks tentunya akan mengejutkan banyak fans, dan juga banyak karakter yang ada dalam cerita, mengingat Shanks merupakan salah satu karakter penting di serinya. Dan seperti disebutkan di atas, kematian Shanks juga akan menjadi pukulan berat bagi Luffy di mana Shanks merupakan sosok yang “berjasa” dalam hidupnya. Tentunya menarik apa yang akan terjadi selanjutnya ketika kemudian teorinya terbukti. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.