Meski pun belum ada konfirmasi resmi dari Eiichiro Oda, namun dari berbagai petunjuk yang dihadirkan di ceritanya membuat para fans semakin yakin bahwa Roronoa Zoro memang memiliki koneksi dengan Wano. Seperti yang Geeks ketahui, sejak awal arc Wano dimulai banyak fans yang berpendapat bahwa Wano mungkin memiliki koneksi dengan masa lalu Roronoa Zoro.

Para fans menduga bahwa Zoro mungkin berasal dari Wano, sebelum kemudian dia pindah ke East Blue. Dugaan fans semakin kuat dengan adanya koneksi antara Zoro dan klan Shimotsuki. Dalam sebuah kolom SBS, Oda tidak secara langsung mengonfirmasi bahwa Zoro mungkin memang memiliki koneksi dengan klan tersebut. Tetapi, dari penjabarannya, Oda seolah menyiratkan hal tersebut.

Dugaan kemudian kembali diperkuat dengan apa yang diungkapkan oleh Kawamatsu dan Hyogoro di chapter sebelumnya. Kawamatsu mengatakan bahwa dia tidak merasa keberatan ketika Hiyori memberikan pedang Enma kepada Zoro. Dan Kawamatsu pun menyatakan bahwa seperti sudah menjadi sebuah takdir bagi Zoro untuk kemudian bisa datang ke Wano.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Namun, yang paling memberikan petunjuk besar mengenai koneksi Zoro dan klan Shimotsuki adalah Hyogoro. Dia menyebutkan bahwa sosok Zoro sangat mirip dengan sosok Ryuma. Yang paling mencolok dari persamaan keduanya adalah bagaimana Zoro dan Ryuma sama-sama merupakan samurai yang bermata satu.

Seperti halnya Zoro, masih belum diketahui apa dan siapa yang menyebabkan luka tersebut kepada Zoro dan Ryuma. Namun, untuk Zoro sendiri sebenarnya banyak teori yang menyebutkan bahwa itu merupakan hasil latihannya bersama Mihawk. Jika melihat hal tersebut, bisa jadi Ushimaru pun mendapatkan luka di matanya akibat latihan atau terkena serangan musuh.

Hal ini kemudian memunculkan sebuah pertanyaan, apakah artinya Ryuma juga memiliki kemampuan mata iblis seperti Zoro? Para fans sendiri meyakini bahwa ada kemungkinan bahwa luka di bagian mata kiri tersebut adalah sebuah “segel” dan juga kunci. Luka tersebut adalah segel bagi kekuatan besar, dan juga teknik baru Zoro.

Zoro pernah mempraktikan kemampuan mata iblis ini. Pertama, ketika Zoro bertarung melawan Monet. Monet merasa bahwa tubuhnya benar-benar hancur dan terbelah. Kemudian di arc Wano, ketika Zoro pergi ke sebuah tempat perjudian dan kemudian dicurangi, Zoro mengaktifkan mata iblisnya yang membuat semua orang akhirnya ketakutan tanpa perlu bertarung.

One Piece: Zoro dan Warisan Tekad Klan Shimotsuki! | Greenscene

Melihat statusnya sebagai seorang samurai terhebat di Wano, rasanya tidak heran jika kemudian Ryuma pun memiliki kemampuan mata iblis. Bisa jadi, Ryuma sengaja menutup mata kirinya tersebut, karena dia tidak ingin mata iblisnya diketahui oleh orang lain. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa kemudian Ryuma banyak dikagumi dan ditakuti musuhnya.

Kemudian di chapter 1025 kemarin kita akhirnya melihat secara langsung sosok Shimotsuki Ushimaru. Ini pertama kalinya sosok Ushimaru diperlihatkan secara langsung, setelah sebelumnya hanya muncul dalam bentuk siluet. Dan secara penampilan, Ushimaru memang memiliki kemiripan dengan Zoro. Ushimaru memiliki perban di bagian mata kirinya yang melingkar ke kepala. Diduga bahwa di balik perban tersebut ada bekas sayatan juga, yang membuatnya kemudian menjadi samurai bermata satu.

Apakah artinya Ushimaru pun memiliki mata iblis? Dengan asumsi bahwa Ryuma memiliki mata iblis dan kemudian diwariskan kepada Zoro, maka artinya Ushimaru pun kemungkinan besar memiliki kemampuan mata iblis di balik perban tersebut. Bisa jadi juga, sebenarnya Ushimaru tidak terluka. Dia memang sengaja menutup perban mata kirinya, untuk melindungi orang-orang dari mata iblis miliknya. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa kemudian Ushimaru – dan juga Zoro serta Ryuma – banyak dikagumi dan ditakuti musuhnya.