Infinity Stones adalah faktor terpenting di Infinity Saga yang telah menyebabkan hampir semua masalah dari Fase 1 sampai Fase 3 Marvel Cinematic Universe. Infinity Stones yang terdiri dari Mind Stone, Space Stone, Reality Stone, Power Stone, Time Stone, dan Soul Stone, mempunyai kekuatan kosmik yang tidak masuk akal. Namun, nasib keenam batu tersebut menjadi tidak jelas sejak Thanos menghancurkan Infinity Stones timeline utama di film Avengers: Endgame (2019). Dan sekarang dengan dimulainya Fase 4, kemungkinan tiga dari enam Infinity Stones akan kembali memainkan peran penting di MCU kali ini.

Infinity Saga adalah kisah panjang MCU yang menceritakan bagaimana para superhero berlomba dengan Thanos untuk mengumpulkan Infinity Stones. Walaupun beberapa superhero berhasil mengumpulkan sebagian batu, tetapi pada akhirnya Thanos berhasil mengambilnya dan menggunakannya di Avengers: Infinity War (2018) untuk menghapus setengah kehidupan di universe. Setelah Thanos menghancurkan Infinity Stones, dan pada akhirnya Avengers mengakhiri Infinity Saga dengan kemenangan, batu-batu kosmik tersebut seakan menghilang dan tidak pernah dibahas lagi. Sampai akhirnya serial What If…? mengisyaratkan betapa pentingnya Time, Space, dan Reality Stones di Fase 4 MCU.

Dengan mengangkat tema multiverse yang pertama kali diperlihatkan di ending serial Loki, serial animasi What If…? memberikan gambaran jelas apa yang terjadi di multiverse MCU, dari mulai karakter lain yang mengambil identitas lain, bahkan hingga kemunculan Marvel Zombies yang sangat tidak mungkin terjadi di universe utama. Dengan konsep multiverse yang sangat jelas tersebut, Watcher sebagai narator dan pengawas multiverse mengatakan di setiap awal episode, “Time, Space, Reality. Ini lebih dari sekadar jalur lurus, ini adalah lingkup dengan kemungkinan yang tidak terbatas, di mana satu pilihan bisa menciptakan cabang realitas tidak terbatas, menciptakan dunia alternatif dari yang kalian tahu selama ini.”

Walaupun Infinity Stone mungkin bukan fokus di Fase 4 dan seterusnya, tetapi tema multiverse yang diangkat sangat erat hubungannya dengan Time Stone (waktu), Space Stone (ruang), dan Reality Stone (realitas). Ketiga Infinity Stones tersebut ada kemungkinan bisa menyelesaikan masalah cabang realitas yang tidak terkendali, baik dengan cara menghapusnya seperti yang TVA lakukan atau dengan mengendalikan arus ruang dan waktu realitas yang ingin dikendalikan. Jika ada seseorang yang mengetahui fungsi ketiga batu tersebut, menggabungkannya, dan menguasainya, bukan tidak mungkin orang tersebut bisa melakukan penjelajahan multiverse sesuai kehendaknya.

Sudah diketahui ada beberapa karakter MCU yang tidak perlu kekuatan Infinity Stones untuk menjelajahi multiverse, termasuk Wanda Maximoff yang telah menguasai Chaos Magic, Loki yang sekarang berada di TVA, dan America Chavez yang nanti akan hadir di film Doctor Strange 2. Jika benar, Doctor Strange telah mendapatkan kembali Time Stone seperti yang akhir-akhir ini dirumorkan, entah bagaimana caranya, tinggal dua batu lagi maka Strange bisa melakukan perjalanan antar multiverse dengan kehendaknya sendiri di Doctor Strange 2. Kita nantikan saja bagaimana nasib ketiga Infinity Stones ini kedepannya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.