Film superhero merupakan salah satu genre tayangan yang paling diminati oleh penonton pada abad 21 ini. Selama dua puluh tahun terakhir banyak sekali film superhero bermunculan, khususnya setelah Marvel Cinematic Universe dan DC Extended Universe lahir. Banyak aktor yang namanya makin besar setelah terlibat dalam film superhero, tetapi ada juga aktor yang baru terkenal setelah beberapa kali berganti peran superhero. Hampir jarang sekali ada aktor yang menolak peran superhero, kecuali sepuluh aktor yang ada di daftar ini. Berikut 10 aktor yang menolak film superhero!

Emily Blunt X Black Widow

Semua penggemar Marvel pasti mengenal aktris Scarlett Johansson sebagai karakter Black Widow di MCU. Namun, ternyata sebelum Johansson terpilih sebagai Black Widow, sutradara Jon Favreau pernah menawari peran tersebut kepada aktris Emily Blunt. Blunt ditawari peran sebagai Black Widow di film Iron Man 2 (2010), tetapi dia menolaknya karena bayarannya terlalu rendah. Sementara kejadian tersebut terjadi pada awal-awal Marvel Studios sedang membangun MCU, bukan tidak mungkin jika sekarang Emily Blunt ditawari peran superhero lain yang lebih menarik, mengingat banyak penggemar yang mengharapkan Blunt berperan sebagai Invisible Woman di film Fantastic Four mendatang.

Jason Momoa X Drax the Destroyer

Sejak pertama kali tampil di Guardian of the Galaxy (2014), banyak penggemar yang menyukai peran Dave Bautista sebagai Drax the Destroyer. Menariknya, ternyata aktor Jason Momoa pernah juga ditawari peran sebagai Drax oleh sutradara James Gunn, tetapi dia menolaknya. Momoa mengatakan bahwa “tidak mendapatkan banyak dialog, diwarnai tubuhnya, dan tidak memakai baju” adalah kondisi yang terlalu berlebihan baginya. Sementara dia melepaskan kesempatan untuk terlibat dengan Marvel, pada tahun 2017 Momoa mengambil peran di DC sebagai Aquaman dan terkenal sampai sekarang. Bahkan sekarang dia dipastikan akan kembali sebagai Aquaman di film Aquaman 2 mendatang.

Jessica Castain X Wasp

Wasp adalah peran yang cukup ikonik di MCU, khususnya setelah berperan banyak di film Ant-Man and the Wasp (2018). Dan tampaknya hampir semua penggemar setuju dengan peran Evangeline Lilly sebagai Hope Van Dyne alias Wasp. Namun, ternyata sebelumnya hampir saja aktris Jessica Chastain memerankan karakter Hope, sebelum akhirnya tahun 2013 Chastain menolak peran tersebut. Sejak saat itu Chastain belum pernah terlibat dengan film superhero, tetapi dia cukup sukses berperan di film sci-fi seperti Interstellar (2014) dan The Martian (2015).

Joaquin Phoenix X Doctor Strange

Joaquin Phoenix adalah aktor yang baru-baru ini makin terkenal di kalangan penggemar DC setelah berperan sebagai Joker di film Joker (2019). Namun, ternyata sebelum sukses memerankan sang Pangeran Kejahatan, dia pernah ditawari peran sebagai sang Sorcerer Supreme di MCU sebelum film Doctor Strange (2016) dirilis. Namun, untuk alasan tertentu seperti Marvel dan Phoenix tidak menemukan jalan tengah untuk kesepakatan mereka. Sampai akhirnya Benedict Cumberbatch mengambil peran tersebut, dan penggemar menganalinya sebagai orant yang paling tepat memerankan Doctor Strange di MCU.

Josh Hartnett X Superman, Batman, & Spider-Man

Josh Hartnett mungkin mempunyai alasan pribadi mengapa dia selalu menolak terlibat dalam film superhero. Tidak tanggung-tanggung, Hartnett pernah menolak tiga peran superhero paling terkenal di dunia, yaitu karakter Batman di film karya Christoper Nolan, Superman di film karya Bryan Singer, dan Spider-Man di film karya Sam Raimi. Sementara pada akhirnya ketiga peran tersebut diisi oleh aktor terkenal lainnya, Hartnett sekarang aktif berperan dalam banyak tayangan serial, seperti Die Hart (2020) dan Exterminate All the Brutes (2021).

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.