Shang-Chi merupakan superhero Marvel yang akhir-akhir ini namanya sedang naik daun. Sementara banyak penggemar yang baru menyukainya setelah menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe, sebenarnya Shang-Chi mempunyai sejarah yang cukup panjang di Marvel Comics, dari mulai pertama kali muncul dengan ikat kepala dan bertelanjang kaki, sampai sekarang dia terkenal sebagai pahlawan Asia dengan kostum terkeren. Banyak yang mengira bahwa Shang-Chi hanya mempunyai kemampuan seni bela diri, padahal di komik, Shang-Chi bahkan pernah memiliki kekuatan paling aneh di Marvel Universe!

Shang-Chi muda dibesarkan secara tidak biasa oleh ayahnya yang bernama Fu Machu, dia dilatih sejak kecil untuk dijadikan senjata pembunuh yang akan menuruti semua perintah Fu Manchu. Namun, saat Shang-Chi mulai dewasa, dia menyadari tindakan jahat ayahnya dan melarikan diri. Sejak saat itu dia sering melawan organisasi kriminal ayahnya di seluruh dunia. Shang-Chi beberapa kali dibantu juga oleh superhero lain seperti Iron Fist dan White Tiger, serta bergabung dengan agen mata-mata Inggris MI-6. Dari situ Shang-Chi mulai mengenal dunia superhero dan mengasah semua kemampuan bertarungnya, termasuk seni bela diri dan menggunakan senjata.

Ternyata, selain kemampuan dasar yang dia miliki, Shang-Chi pernah mendapatkan kekuatan aneh sekaligus luar biasa yang disebut Origin Bomb. Kekuatan ini pertama kali diperlihatkan di komik Avengers Vol 5 #1 karya penulis Jonathan Hickman dan ilustrator Stefano Caselli, di mana penjahat Ex Nihilo yang merupakan seorang Gardener menggunakan Origin Bomb untuk memaksakan evolusi pada manusia. Diceritakan bahwa efek dari Origin Bomb kepada makhluk di suatu planet dapat membuatnya berevolusi miliaran tahun lebih cepat. Sampai akhirnya Shang-Chi mengunjungi salah satu tempat di mana Origin Bomb berada, dan dia mendapatkan kekuatan untuk menduplikasi diri.

Di komik Avengers #38, Shang-Chi mendatangi lokasi Origin Bomb di Kobe, Jepang. Dia kemudian mecoba untuk berkomunikasi dengan Origin Bomb di sana dan berhasil berevolusi dengan menduplikasi dirinya. Puluhan Shang-Chi bermunculan di lokasi Origin Bomb di Jepang, dengan pikiran dan kemampuan Shang-Chi. Tidak dijelaskan apakah duplikat Shang-Chi keluar dalam jumlah terbatas atau Shang-Chi bisa terus memperbanyak dirinya sendiri berapa pun jumlah yang dia mau. Bagaimana pun itu, bisa dibayangkan dengan jumlah sebanyak itu, Shang-Chi bisa mempunyai pasukannya sendiri.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Sayangnya sejak saat itu, Shang-Chi tidak pernah terlihat menggunakan kemampuan tersebut, dan bahkan tidak ada kisah Marvel Comics lain setelahnya yang menyinggung kekuatan aneh Shang-Chi tersebut. Mungkin Marvel berpikir bahwa kekuatan tersebut terlalu sakti untuk Shang-Chi, dan bahkan membuat superhero lain menjadi kerdil dibandingkan Shang-Chi dengan kemampuan duplikasinya. Walaupun pada akhirnya kemampuan ini tidak diperlihatkan lagi, tetapi cukup jelas bahwa kemampuan aneh sekaligus luar biasa ini pernah Shang-Chi miliki di Marvel Universe.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.