Menuju pulau Laugh Tale dan menemukan One Piece serta menjadi raja bajak laut, adalah impian terbesar yang dimiliki Luffy beserta kru Topi Jerami. Dan itu juga yang kemudian menjadi cerita dari One Piece. Namun, tidak mudah untuk pergi menuju Laugh Tale yang lokasinya – kabarnya – ada di ujung Grand Line.

Hanya ada satu cara untuk bisa pergi menuju Laugh Tale, yaitu menemukan Road Poneglyph. Geeks mungkin sudah mengenal dengan sebuah artrefak kuno yang disebut Poneglyph. Diantara sekian banyak Poneglyph, terdapat beberapa Poneglyph yang dianggap spesial, yang kemudian disebut Road Poneglyph. Road Poneglyph ini berjumlah empat buah dan keberadaanya sangat tersembunyi.

Sejauh ini, Luffy diketahui sudah menemukan tiga Road Poneglyph – satu di Zou, satu di Whole Cake Island, dan satu di Wano. Keberadaan Poneglyph yang terakhir masih menjadi misteri sampai saat ini. Namun, ada beberapa dugaan mengenai keberadaan Poneglyph terakhir ini. Salah satunnya adalah ada seseorang yang kemudian memiliki atau menyimpannya. Siapa saja mereka?

Yang pertama adalah kelompok bajak laut Whitebeard. Whitebeard adalah salah satu rival dari Gol D. Roger, di mana level kekuatan keduanya hampir setara. Hal ini terbukti di salah satu chapter dalam flashback Kozuki Oden, Roger dan Whitebeard pernah saling bertarung selama tiga hari dan tidak ada yang menang.

Sama halnya seperti Garp, Whitebeard sudah sangat dipercaya oleh sosok Roger. Karena itulah Roger memercayakan bagian terakhir dari Road Poneglyph kepada Whitebeard. Dan sisa-sisa dari kelompoknya pun mengetahui di mana lokasi Road Poneglyph keempat tersebut – terutama Marco. Sempat ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Marco atau Whitebeard menyembunyikannya di pulau Sphinx, mengingat lokasinya yang tersembunyi.

Bisa jadi hal ini pun ada kaitannya dengan Marco dan Izo yang ikut bergabung dengan aliansi Luffy di pertempuran Onigashima. Kedua, Blackbeard. Seperti yang kita ketahui, setelah kematian Whitebeard dan juga Payback War, Teach pergi ke berbagai wilayah yang dahulunya menjadi wilayah kekuasaan Whitebeard untuk mengambil alih wilayah tersebut.

Bisa jadi ketika Blackbeard sedang melakukan hal tersebut, dia tidak sengaja menemukan lokasi tempat Whitebeard menyembunyikan Road Poneglyph terakhir. Kemudian kita juga tahu bahwa Blackbeard sempat berada di kapal yang sama dengan Whitebeard, yang mana mungkin dia pun memiliki informasi penting di mana keberadaan Road Poneglyph tersebut. Dan ketika time-skip terjadi, dia mencurinya.

Ketiga, kelompok bajak laut Shanks. Mengingat banyak sekali teori tentang Shanks – terutama tentang bagaimana Shanks adalah seorang penjaga perdamaian – rasanya cukup masuk akal juga jika kemudian Shanks menjadi sosok yang melindungi Road Poneglyph terakhir di sebuah tempat tersembunyi. Shanks akan melindunginya dan kemudian memberikannya kepada Luffy ketika waktunya tepat.

Seperti yang banyak orang prediksi, Shanks sebenarnya bisa saja pergi ke Laugh Tale mengingat banyaknya informasi yang dia ketahui. Namun, dia lebih memilih untuk menantikan sosok yang lebih pantas, dan Shanks pun lebih tertarik dengan keseimbangan dunia. Sosok terakhir yang mungkin memiliki Road Poneglyph keempat adalah Scopper Gaban, sosok yang juga banyak muncul dalam teori para fans.

Ada banyak teori yang berkembang di kalangan para fans yang terkait dengan sosok Scopper Gaban. Contohnya adalah teori tentang bagaimana dia akan menjadi mentor bagi Luffy dan kelompok Topi Jerami, seperti yang dilakukan Rayleigh. Namun, bisa jadi Scopper Gaban juga akan menjadi sosok penting untuk memberikan petunjuk ke mana Luffy harus pergi selanjutnya. Caranya adalah dengan memberikan Road Poneglyph keempat kepada mereka. Dengan begitu, mungkin tugas terakhir dari Scopper Gaban pun selesai.