Sharingan adalah teknik Dojutsu yang sangat langka di era Naruto dan Boruto. Sharingan identik dengan klan Uchiha. Pasalnya, mayoritas klan Uchiha adalah pemilik Sharingan. Kekuatan Sharingan sangat luar biasa, sampai-sampai banyak orang yang memburu klan Uchiha hanya untuk mendapat Sharingan.

Saat era Boruto berlangsung, hanya Sarada dan Sasuke saja yang memiliki Sharingan murni. Sarada dan Sasuke adalah keturunan Uchiha terakhir, sehingga mereka bisa membangkitkan kekuatan Sharingan hingga batas maksimal. Meskipun dahsyat, kekuatan Sharingan memiliki efek samping. Pasalnya, Sharingan mengandalkan kekuatan emosional, yang berarti akan semakin kuat jika penggunanya sangat marah.

Jika pengguna Sharingan menjadi sangat marah karena kehilangan orang yang dia sayang, maka evolusi Sharingan akan lahir, yaitu Mangekyo Sharingan. Kejadian tersebut pernah terjadi pada Sasuke, Itachi, Obito dan semua anggota Uchiha. Lantas apakah Sarada juga harus mengalami hal yang sama untuk mendapatkan Mangekyou Sharingan?

Bisa jadi Sarada akan mendapatkan Mangekyou Sharingan saat Sasuke tewas di masa depan. Ketika Kawaki dan Boruto bertarung di tengah-tengah desa Konoha yang hampir hancur, Kawaki mengisyaratkan bahwa saat itu Naruto telah tewas. Jika pada saat itu Naruto telah mati, maka bisa jadi Sasuke juga  tewas bersama Naruto. Mungkin skenario tersebut benar-benar akan terjadi dibuat agar Sarada bisa menjadi lebih kuat daripada Sasuke. Sebab Sarada juga mewarisi kekuatan fisik Sakura yang sangat luar biasa, jadi ketika Mangekyo Sharingan Sarada bangkit maka akan menjadi gabungan kekuatan yang menarik.

Kekuatan Sarada harus bangkit di masa depan demi membantu Boruto membereskan kekacauan yang dilakukan klan Otsutsuki dan Kawaki. Jika Sarada tidak berkembang menjadi kuat, maka dia akan terus bergantung kepada Sasuke dan orang lain yang lebih kuat darinya. Mangekyou Sharingan adalah kekuatan yang luar biasa, dan mungkin saja Sarada mendapat mata pengganti dari Sasuke sehingga dia bisa menggunakan Eternal Mangekyou Sharingan. Kejadian tersebut pernah terjadi pada Sasuke. Sasuke pernah memutuskan untuk mengambil mata Itachi. Jika itu tidak dilakukan, maka kekuatan Mangekyou Sharingan akan semakin redup dan mengakibatkan kebutaan permanen.

Itachi sendiri pernah menjelaskan kelemahan Mangekyou Sharingan saat dia bertarung melawan Sasuke untuk terakhir kalinya. Klan Uchiha memang ditakdirkan menjadi klan dengan kisah yang sangat kelam. Mereka harus kehilangan orang yang paling dicintai hanya untuk mendapatkan kekuatan baru. Bisa jadi nasib buruk klan Uchiha akan berakhir saat era shinobi berakhir, karena saat itu, sudah tidak ada lagi perang yang memerlukan kekuatan mata Sharingan. Lantas bagaimana menurut kalian? Apakah Sasuke benar-benar akan mati demi Mangekyou Sharingan milik Sarada?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.