Era Shinobi yang dibentuk oleh Rikudo Sennin mengakibatkan perang berkepanjangan. Hingga pada akhirnya, Hashirama Senju berusaha menghentikan era tersebut dengan mendirikan Konohagakure bersama dengan Madara Uchiha. Seiring berkembangnya waktu, beberapa desa baru yang mirip Konoha juga terbentuk.

Namun ternyata, usaha Hashirama tidak berjalan baik. Masing-masing desa malah menyimpan kepentingannya tersendiri dan saling bertarung demi menjadi yang terbaik. Mereka baru bisa bersatu di Perang Dunia Ninja Keempat demi mengalahkan Kabuto dan Obito yang ingin membuat dunia impian melalui Mugen Tsukuyomi.

Sekarang di era Boruto, kelima desa yang awalnya sering berkonflik mulai bekerja sama. Namun nampaknya, masalah masih belum akan usai mengingat era Shinobi masih terus ada.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Jika era Shinobi tidak ada, banyak yang percaya bahwa dunia akan lebih baik. Tidak akan ada orang-orang yang menindas karena memiliki kekuatan yang melebihi orang lain. Itulah yang mungkin membuat Kawaki muak dan ingin menghapus dunia Shinobi. Bahkan di adegan saat Kawaki bertarung melawan Boruto, Kawaki mengatakan bahwa era Shinobi telah berakhir. Saat itu, dia mengatakan bahwa kehancuran era Shinobi akan membuat semua lebih baik.

Melihat apa yang terjadi, apakah era Shinobi masih ada setelah cerita Boruto selesai? Jika setelah cerita Boruto selesai masih banyak ancaman besar yang datang, maka era Shinobi nampaknya harus tetap ada. Namun bisa jadi akan ada sistem baru yang dibuat agar para Shinobi menjadi lebih baik. Sehingga nantinya para shinobi tidak akan mengganggu masyarakat biasa. 

Para Shinobi kedepannya mungkin akan berfokus menjaga bumi dari segala macam ancaman baru. Bisa jadi di masa depan, klan Otsutsuki masih terus ada. Otsutsuki mungkin masih memiliki satu karakter rahasia yang memiliki kekuatan paling besar. Jadi, Shinobi kemungkinan masih diperlukan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun apabila di cerita Boruto ancaman benar-benar dihentikan, bisa jadi era Shinobi juga turut berhenti. Seperti yang disebutkan di atas, era Shinobi sepertinya adalah pemicu konflik antara Kawaki dan Boruto. Akan ada masalah yang ditimbulkan jika era Shinobi tidak dihentikan. Jadi jika ancaman benar-benar selesai di masa depan, maka Boruto juga akan mempertimbangkan menyudahi era Shinobi. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah kalian setuju untuk mengakhiri era shinobi setelah era Boruto berakhir?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.