Karakter Batman sering ditampilkan dalam banyak versi, dan hampir semuanya disukai oleh para penggemar, dari mulai Batman yang membela Kota Gotham hingga Batman yang benar-benar jahat. Sebagai manusia biasa, dia membuktikan eksistensinya sebagai salah satu anggota terbaik di Justice League. Selain Batman, ada satu anggota Justice League lain yang juga tidak kalah hebatnya, dia adalah Martian Manhunter, Justice League yang bisa berubah bentuk dan telepati. Namun, bagaimana jadinya jika Batman dan Martian Manhunter bersatu, ada karakter yang mewakili hal tersebut, dia adalah Mindhunter!

Mindhunter pada dasarnya adalah gabungan Batman dan Martian Manhunter di Dark Multiverse, alam semesta kegelapan yang menyerupai Bumi. Melakukan debutnya di komik Dark Nights: Death Metal Trinity Crisis #1 karya penulis Scott Snyder dan ilustrator Francis Manapul pada tahun 2020, nama Mindhunter mengambil referensi dari Martian Manhunter dan kemampuan telepatinya, sedangkan penampilannya mirip seperti Batman dengan topeng dan kostumnya yang berwarna hitam. Dari penampilannya saja semua orang bisa menebak bahwa Mindhunter adalah gabungan dari dua anggota Justice League terbaik.

Mindhunter yang merupakan gabungan Batman dan Martian Manhunter ini ternyata bukan sekadar tebakan saja, karena pada dasarnya dia memang Batman jahat di Dark Multiverse yang memasukan DNA Martian Manhunter ke dalam tubuhnya. Hal tersebut membuatnya lebih sakti lagi, selain sudah terkenal sebagai orang dengan kemampuan super-jenius dan kekayaan yang berlimpah, sekarang dia bisa terbang dan mempunyai kekuatan yang setara dengan Superman. Setelah mendapatkan semua kekuatan tersebut, dia menjadi anggota Dark Knight yang dipimpin oleh Batman Who Laughs untuk menyerang Earth-0.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Di Earth-0, Mindhunter bahkan mencoba melawan Batman, Superman, Wonder Woman, Hawkgirl, dan Martian Manhunter di waktu yang berbeda. Alasan dia berani melakukan hal tersebut adalah karena dia cukup yakin dengan kekuatannya yang meliputi kemampuan dari DNA Martian Manhunter, termasuk terbang, berubah bentuk menjadi orang lain, telepati untuk mencari tahu keberadaan musuhnya serta memanipulasi pikiran, kekuatan super yang hampir setara Superman, stamina super, daya tahan tubuh super, dan ilusi yang bisa menggandakan tubuhnya dalam bentuk ilusi.

Tampil sebagai Batman dengan kekuatan baru, Mindhunter mendapatkan tempat khusus di hati penggemar sebagai salah satu versi Batman terbaik. Karena untuk pertama kalinya Batman diperlihatkan bisa terbang dengan kemampuan dasar Batman pada umumnya, yang cerdas dan kaya. Dengan semua kemampuan yang dimilikinya, Mindhunter menjadi salah satu Dark Knight terkuat sekaligus penjahat terkuat di DC Universe. Kehadiran Mindhunter cukup jelas membawa kengerian di DC Universe, di mana hal itu dia dapatkan dari dua karakter misterius yang bergabung, yaitu Batman dan Martian Manhunter.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.