Eye of Agamotto adalah salah satu artefak kuno yang sangat sakti di Marvel Cinematic Universe. Artefak ini dibuat seperti aksesori kalung agar bisa dibawa dan dijaga langsung oleh Sorcerer Supreme, yang kali ini jabatan tersebut diisi oleh Doctor Stephen Strange (Benedict Cumberbatch). Kekuatan utama dari Eye of Agamotto adalah memanipulasi arus waktu sehingga penggunanya bisa menggunakan Eye of Agamotto untuk memajukan atau memundurkan waktu sesuka hati. Hal itu bisa terjadi karena di dalam Eye of Agamotto ada Time Stone yang merupakan salah satu Infinity Stones yang bisa memanipulasi waktu.

Diperkenalkan pertama kali di film Doctor Strange (2016), Eye of Agamotto adalah artefak kuno yang diciptakan oleh Agamotto, Sorcerer Supreme pertama, untuk menjadi wadah time stone. Sejak saat itu artefak tersebut menjadi benda warisan yang diturunkan kepada Sorcerer Supreme berikutnya selama ribuan tahun. Saat berada di tangan Doctor Strange, dia menggunakan Eye of Agamotto untuk bertarung melawan Kaecilius dan Dormammu, serta untuk mengembalikan Sanctum Sanctorum Hong Kong yang sempat runtuh. Eye of Agamotto kemudian terlihat dihancurkan oleh Thanos yang menginginkan Time Stone di film Avengers: Infinity War (2018).

Saat kembali di Avengers: Endgame (2019), Doctor Strange kembali terlihat mengenakan Eye of Agamotto yang ternyata utuh kembali, entah bagaimana caranya, ada kemungkinan yang dihancurkan oleh Thanos adalah ilusi. Namun, tanpa Time Stone di dalamnya, artefak tersebut tidak ada gunanya, mengingat Thanos Sacred Timeline telah menghancurkan semua Infinity Stones setelah berhasil menghapus setengah populasi alam semesta. Baru-baru ini, collectibles Funko Doctor Strange dari film Spider-Man: No Way Home memperlihatkan hal yang mengejutkan, yaitu Eye of Agamotto yang masih digunakan oleh Doctor Strange. Untuk apa dia masih menggunakan jika sudah tidak berfungsi?

Cukup jelas di trailer No Way Home, Strange memang mengenakan Eye of Agamotto, tetapi tidak diperlihatkan bahwa artefak tersebut memiliki Time Stone di dalamnya. Jika benar nanti Eye of Agamotto akan diungkapkan dengan Time Stone di film No Way Home, bisa saja Strange mendapatkan Time Stone dari universe lain, karena sekarang multiverse sudah pecah dan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Loki akan kembali tampil di film Doctor Strange 2 mendatang, ada kemungkinan Strange mendapatkan Time Stone dari Loki yang mengambilnya di TVA.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali Infinity Stones di TVA, bisa saja Loki memberikan Time Stone kepada Strange untuk alasan yang masih misteri, karena batu tersebut akan lebih berguna berada di luar TVA. Penampilan Loki di Doctor Strange 2 bisa saja cameo flashback yang mengungkap mengapa Loki memberikan Time Stone kepada Doctor Strange jauh sebelum kejadian No Way Home, itulah mengapa di No Way Home Strange mempunyai Time Stone di dalam Eye of Agamotto.

Jika benar Eye of Agamotto sudah kembali berfungsi sepenuhnya di No Way Home, berarti Strange bisa memaksimalkan potensinya untuk memanipulasi arus waktu. Di mana itu akan sangat berguna di film Doctor Strange 2 yang mengangkat tema kegilaan multiverse. Untuk menekan kegilaan multiverse, Strange membutuhkan Eye of Agamotto untuk menekan beberapa timeline agar tidak terlalu kacau, apapun yang menanti Strange di filmnya nanti. Kita nantikan saja kelanjutan nasib Eye of Agamotto pada masa depan MCU, yang pertama di film Spider-Man: No Way Home pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.