Zoro adalah salah satu karakter kuat di seri One Piece. Bahkan, Zoro juga karakter terkuat kedua di kelompok Topi Jerami. Walau kuat, Zoro memiliki satu kebiasaan aneh yaitu tidur dalam waktu yang cukup lama ketika tidak bertarung. Kebiasaan itu sering Zoro lakukan bahkan sebelum time skip. Ada banyak sekali karakter yang dibuat jengkel karena kebiasaan Zoro tersebut. Nami misalnya, yang meminta Zoro untuk tidak selalu tertidur mengingat kondisi dilapangan yang berbahaya. 

Nampaknya, tidur adalah “ritual” khusus yang dilakukan Zoro. Bisa jadi, tidurnya dilakukan untuk menyimpan tenaga agar bisa digunakan maksimal saat bertarung. Setelah melakukan pertarungan panjang, Zoro akan lebih sering tertidur. Zoro memang banyak melakukan latihan fisik saat berada di atas kapal, namun porsi tidurnya jauh lebih banyak. Porsi tidur Zoro sangat janggal, mengingat dia tidak pernah begadang setiap malam. Maka dapat diasumsikan bahwa tidurnya dimaksudkan untuk maksud tertentu, yaitu untuk mengisi tenanganya.

Jadi, tidur menjadi bagian penting dari hidup Zoro. “Ritual” tidur juga tampaknya dilakukan oleh ketiga samurai yang sempat menolong Yamato saat masih kecil. Saat itu, mereka bertiga memberikan seporsi makanan kepada Yamato dan mereka memilih untuk tidak makan. Padahal saat itu, mereka bertiga telah dikurung dalam kurun waktu yang sangat lama dan belum memakan apapun. Ketiga samurai tersebut sepertinya menghabiskan lebih banyak waktunya untuk tidur demi menghemat dan mendapatkan tenaga.

Itulah sebabnya saat ketiga samurai itu pergi melawan Kaido, ketiganya masih kuat dan sanggup untuk membelah batu besar sekalipun. Energi yang mereka miliki didapatkan dari tidur panjang yang dilakukan. Salah satu dari ketiga samurai itu adalah Shimotsuki Ushimaru yang konon adalah salah satu leluhur Zoro. Jadi mungkin saja, kebiasaan Zoro untuk tidur diturunkan langsung oleh Ushimaru.

Namun ada efek samping akibat terlalu banyak tidur. Efek sampingnya bisa jadi berhubungan dengan kekurangan Zoro dalam membaca peta dan mengingat jalan. Karena Zoro sering tidur, maka daya ingatnya tidak berfungsi dengan baik. Bahkan kekurangan Zoro untuk mengingat jalan dan membaca peta sangat parah. Itulah sebabnya dia lebih sering tersesat dibanding anggota Topi Jerami yang lain. Lantas bagaimana menurut kalian, apakah kebiasaan tidur Zoro merupakan ritual khusus untuk menjadi lebih kuat?

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.