Apa itu One Piece? Bagaimana bentuk dari One Piece? Itulah pertanyaan yang sering kali muncul di benak para fans One Piece. Sejak Gol D. Roger mengatakan jika One Piece itu memang benar-benar ada, banyak orang-orang khususnya para bajak laut yang mencoba untuk mencari keberadaan harta karun milik Gol D. Roger tersebut.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui apa dan bagaimana bentuk dari One Piece. Karena bentuk dari One Piece masih menjadi misteri, tidak jarang para fans berspekulasi tentang bentuknya. Ada yang menyebutkan kalau One Piece adalah sebuah tumpukan emas, sebuah harta karun yang sudah lama terpendam, dan juga ada yang menyebutkan jika One Piece sebenarnya adalah pertemanan yang sangat berharga.

Mengenai hal ini, sebenarnya sekitar tahun 2018 Eiichiro Oda selaku kreator dari serinya sempat memberikan petunjuk mengenai bentuk dari One Piece. Pada saat itu, Oda Sensei sedang mengadakan pertemuan dengan mangaka dari Chibi Maruko-Chan, Momoko Sakura. Momoko sempat bertanya kepada Oda Sensei mengenai hal ini.

Oda Sensei, pada saat itu, mengatakan bahwa dia sudah memutuskan cerita seperti apa yang akan disuguhkan di akhirnya nanti. Oda juga bertanya kepada Momonoko apakah dia mau mengetahui lebih dulu apa itu One Piece. Namun, sang mangaka yang kini sudah tiada tersebut menolaknya dan mengatakan bahwa One Piece pastinya bukan berkaitan dengan “pertemanan” atau “sesuatu yang tumbuh dari hati.”
Oda Sensei menegaskan bahwa Luffy dan seluruh kru Topi Jerami sudah berjuang dengan keras untuk mencapai pulau terakhir, dan berusaha menemukan harta karun paling dicari tersebut. Sehingga mereka pantas untuk menemukan sesuatu yang luar biasa, sebuah “hadiah” dari apa yang sudah dia lakukan. “… Setelah mengalami sebuah petualangan besar, rasanya tidak adil jika tidak memberikan mereka hadiah yang sesungguhnya.
Berdasarkan dari apa yang diungkapkan oleh Oda Sensei ini, kita akhirnya mendapatkan gambaran yang cukup pasti mengenai bentuk dari One Piece yaitu bukanlah sesuatu yang berkaitan dengan pertemanan atau hubungan yang terjalin diantara mereka. Ada sesuatu yang nyata yang bisa mereka lihat dan sentuh dari One Piece tersebut.
Apakah yang dimaksud oleh Oda adalah emas? Bisa jadi. Namun, kembali, semuanya masih menjadi misteri, setidaknya untuk saat ini. Di sisi lain, penjelasan Oda Sensei tersebut memberikan petunjuk bahwa One Piece mungkin akan memiliki wujud seperti emas, tetapi akan ada hal lainnya yang dianggap sebagai harta karun.
Bisa jadi Poneglyph tentang rahasia dunia atau tentang abad yang hilang sebenarnya juga menjadi “harta karun” yang ada di Laugh Tale, bukan hanya sekedar Poneglyph yang mengungkapkan tentang apa yang terjadi pada masa yang lampau. Dengan rencana Oda Sensei yang akan menyelesaikan One Piece dalam 5 tahun, yang artinya tinggal tersisa beberapa tahun lagi, kita nantikan saja ya Geeks seperti apa bentuk asli dari One Piece tersebut.